Cara Mudah Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Tiba-tiba Hilang

Kamu pernah mengalami kontak yang tiba-tiba hilang di aplikasi WhatsApp? Hal itu tentu membuatmu kebingungan, terutama jika yang hilang adalah kontak orang penting yang hendak ingin dihubungi. Jika hal ini sudah terjadi, kamu pasti panik dong dan mencari bagaimana cara mengembalikan ini semua?

Tenang dulu sobat, kamu gak perlu khawatir dengan masalah ini. Karena disini saya akan memberikan cara-cara cepat dan mudah untuk mengembalikan kontak WhatsApp  yang hilang tersebut.

Read More

Dari pada bingung kelamaan, Yuk langsung saja kita simak bersama cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang di bawah ini!

Bersihkan Cache Aplikasi WhatsApp di Menu Pengaturan

Langkah yang pertama ini banyak yang bilang dapat mengembalikan jika kontak di WhatsApp tiba-tiba hilang.

Untuk Caranya,  Silahkan masuk ke Pengaturan -> Application -> Pilih WhatsApp. Setelah muncul tampilan Apps Info, langsung pilih menu Clear Cache.

Sekarang coba restart smartphone-mu dan lihat kembali ke aplikasi WhatsApp. Jika beberapa kontak yang hilang muncul kembali lagi ke WhatsApp-mu berarti cara ini berhasil.

Aktifkan Perizinan Aplikasi WhatsApp

Jika suatu saat nomor kontak di WhatsApp-mu tiba-tiba hilang semua, maka kemungkinan masalahnya pada menu perizinan aplikasimu belum aktif.

Jika menu tersebut belum diaktifkan, maka bisa jadi penyebab kontak di smartphone dan WhatsApp gak terkoneksi dan hilang, saat kamu gak sengaja me-restart smartphone-mu.

Nah, agar hal ini tidak lagi terjadi maka kamu wajib mengaktifkan perizinan di smartphonemu. Caranya, silahkan masuk pada bagian Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu perizinan aplikasi.

Silahkan aktifkan menu perizinan di WhatsApp-mu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan nomor kontak yang tiba-tiba hilang.

Coba Perbaharui Aplikasi WhatsApp

Ini sih cara paling akhir jika sudah mentok dengan semua cara diatas, Silahkan kamu masuk ke PlayStore lalu kebagian aplikasi saya dan perbaharui aplikasi WhatsApp.

Penyebab kontak WhatsApp tiba-tiba hilang

Beberapa penyebab kontak WhatsApp yang sudah tersimpan menjadi hilang seperti sudah disebutkan diatas, dan ada satu lagi yang bisa saja membuat kontak WhatsApp tiba-tiba hilang yaitu dimana kita menyimpan nomor kontak. Umumnya kita temukan pada smartphone Android ada 3 pilihan tempat kita untuk menyimpan nomor kontak yaitu:

  • Memori HP itu sendiri
  • Pada SIM Card
  • Pada Account yang terhubung seperti Samsung, Google atau lainnya yang kompatibel

Secara tidak sadar atau memang kita tidak pernah tahu dimana kita menyimpan nomor kontak yang pada akhirnya kontak yang sudah tersimpan tersebut menjadi hilang, sebenarnya kontak tersebut tidak hilang namun yang jadi masalahnya adalah tempat dimana kita menyimpannya sudah tdak terhubung lagi dengan smartphone yang digunakan misalnya SIM Card dicopot, Account dihapus dari HP atau bisa saja singkronasinya terputus, atau bisa juga salah pengaturan pada kontak yang ditampikan.

Bila Anda mengalami hilangnya kontak pada aplikasi WhatsApp jangan panik dulu silahkan coba cari dulu masalahnya atau bisa coba cara-cara diatas, namun bila masalahnya ada pada SIM Card yang dicopot silahkan masukan terlebih dahulu SIM Card yang semula, dan bila diakibatkan Account dihapus atau Logout silahkan singkronasikan kembali Account tersebut. Setelah SIM Card atau Account tersingkronasi coba buka kontak WhatsApp apa sudah kembali? bila kontak sudah kembali silahkan pindahkan kontak terlebih dahulu sebelum pada akhirnya memutuskan mencopot SIM Card atau Account yang lama dimana menyimpan nomor kontak.

Nah itu dia cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang tiba-tiba dan penyebabnya. Semoga dengan cara ini, nomor kontak yang hilang di smartphone-mu bisa balik lagi. Jadi, kamu bisa menghubungi orang-orang penting dikehidupan kamu lagi termasuk si dia. Hehe

Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *