Cara pemasangan printer bluetooth untuk cetak struk BRILink Mobile

  • Whatsapp

Beberapa Agen baru yang bertanya bagaimana cara cetak struk BRILink mobile?

Bila Agen ingin mencetak struk transaksi dari aplikasi BRILink Mobile tentunya harus disiapkan dahulu alat cetaknya yaitu printer bluetooth yang sudah terkoneksi dengan aplikasi BRILink Mobile.

Read More

cetak struk BRILink Mobile

Dalam melayani transaksi Pelangan atau Nasabah sudah barang tentu menjadi hal yang wajib pada setiap transaksi yang berhasil dilakukan oleh Agen BRILink Mobile harus ada struk sebagai bukti transaksi sudah berhasil dilaksanakan. Berbeda dengan Agen BRILink yang menggunakan mesin EDC dalam bertransaksinya langsung bisa mencetak struk karena pada mesin EDC sudah disematkan perangkat printer thermal untuk mencetak struk.

Bagaimana cara cetak struk?

Agen BRILink Mobile tidak bisa langsung mencetak struk karena memang alat yang digunakan untuk mendukung transaksi adalah sebuah smartphone yang dipakai sehari-hari oleh Agen ataupun bukan Agen sama seperti pada umumnya, dan memang alat transaksi / smartphone adalah disediakan oleh Calon Agen BRILink itu sediri bukan dipinjamkan / milik Bank seperti mesin EDC. Pada smartphone tersebut sudah diinstal satu aplikasi pendukung yang disebut aplikasi BRILink Mobile yang disediakan oleh Bank BRI yang bisa diunduh dan diinstal secara gratis dari play store Google.

Setelah aplikasi berhasil diinstal pada smartphone maka disini dibutuhkan user id dan password Agen BRILink untuk masuk dan mengakses menu-menu / layanan yang ada dalam aplikasi BRILink Mobile. User id akan diberikan setelah melakukan pendaftaran dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, dan disetujui oleh pihak Bank. Untuk pendaftaran bisa dibaca pada artikel saya dengan judul Cara daftar Agen BRILink.

Smartphone sudah siap, aplikasi sudah terinstal, user id sudah ada dan setujui, apakah bisa langsung bertransaksi? tentu saja Agen sudah bisa bertransaksi namun untuk melayani Nasabah atau Pelanggan direkomendasikan membeli alat cetak struk terlebih dahulu yaitu printer bluetooth yang kompasibel dengan aplikais dan smartphone yang digunakan oleh Agen.

Cara koneksi printer ke handphone.

Cara pemasangan Printer Bluetooth ke smartphone bisa dibilang sangat mudah, karena memang untuk koneksi bluetooth pada setiap smartphone sudah tersedia tingal kita pasangkan saja berikut adalah cara pemasangan printer buetooth ke smartphone (printer yang saya gunaan adalah merk taffware) :

  1. Nyalakan printer bluetooth
  2. Buka pengaturan pada smartphone
  3. Pilih koneksi
  4. Pilih bluetooth
  5. Pilih pindai, biasanya ada pada pojok kanan atas
  6. Plih bluetooth printer (nama default printer)
  7. Setelahnya akan diminta masukan PIN, masukan PIN yang sesuai pada petunjuk kalau printer yang saya gunakan PIN defaultnya adalah 1234 atau 0000 bisa dicoba saja
  8. Bila PIN sudah dimasukan dengan benar, pemasanganpun selesai dan selanjutnya tinggal mencoba test print pada aplikasi BRILink mobile. Sebelumnya pastikan dulu kertas struk sudah terpasang dengan benar pada printer.

Lakukan ini bila gagal cetak struk.

Pemasangan printer bluetooth untuk cetak struk aplikasi BRILink Mobile tidak perlu kita mengatur pada aplikasi, aplikasi akan otomatis mendeteksi printer yang aktif dan tersambung dengan smartphone. Namun bila aplikasi gagal tersambung dengan printer silahkan baca cara mengatasinya pada artikel dengan judul Mengatasi aplikasi BRILink Mobile tidak bisa cetak struk ke printer bluetooth.

Sekian, dan terimakasih atas kunjungan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments