Cara pemasangan Universal LED/LCD TV Controller Board (mainboard multi)

  • Whatsapp

Halo Sobat  yang mungkin hari ini mengalami TV kesayangannya mati secara tiba-tiba dengan ditandai lampu power menyala kedip-kedip tetapi layarnya mati, seperti kasus yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Masalah ini disebabkan oleh IC Mainboard bermasalah bisa diperbaiki dengan cara menggantinya tetapi terkadang untuk beberapa tipe TV LCD/LED produsen tidak memproduksi lagi untuk part-nya. Oleh karena hal ini maka beberapa bengkel menyarankan untuk melakukan penggantian mainboard dengan mainboad multi Universal LED/LCD TV Controller Board yang sudah banyak beredar dipasaran.

Read More

Dengan mainboard multi ini bisa mengganti semua jenis atau merk mainboard TV LCD ukuran sampai dengan 47″, dan soal harga jauh lebih murah dari mainboard originalnya kalaupun ada.

Seperti yang saya lakukan pada TV LCD  Sharp dirumah yang terpaksa saya ganti dengan mainboard multi karena memang part aslinya sudah tidak didapatkan lagi.

Awalnya disarankan oleh bengkelnya untuk membeli mainboard multi bila yang asli tidak ada, dan memang sudah saya coba cari tidak mendapatkannya. Pada akhirnya saya memutuskan untuk membeli mainboard multi ini.

Beberapa toko online saya tanya-tanya untuk tipe TV yang saya miliki tidak ada, dan akhirnya menemukan disalah satu toko online, tanya-tanya dan ternyata ada dan cocok.

Perhatiakn sebelum membeli

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan didalam membeli mainboard universal ini, diantaranya adalah kita harus mengirimkan gambar soket kabel LVDS, tipe layar dan yang lainnya bila diperlukan nanti juga akan ditanyakan oleh penjualnya.

Cara pemasangannya bisa dibilang mudah berikut saya gambarkan pemasangannya dan saya sarankan dengan bantuan teknisi bila ingin mencoba setting karena memang tidak saya jelaskan secara rinci.

Gambar ini yang harus diberikan kepada Penjual

Silahkan Anda pelajari dulu gambar skema pemasangan yang diberikan oleh penjual bila ada, biasanya penjual akan memberikan gambar skema untuk jalur-jalur kabelnya, mana yang ke LVDS panel soket tcon / ke layar, kabel ke power supply, dan kabel ke speker.

Gambar skema pemasangan mainboard multi

Gambar skema yang diberikan oleh penjual

Cara pemasangan mainboard multi

Untuk cara pemasangan secara singkat adalah;

  • Copot mainboard lamanya
  • Copot kabel-kabelnya nantinya akan mengunakan kabel mainboard universal
  • Setelah mainboard lama sudah dilepas, pasangkan kabe LVDS mainboard universal ke panel soket tcon layar TV
  • Sambungkan / seting kabel power sesuai urutannya di gambar skema seperti, VCC 12 V, Blonoff, Adj pwm, dan Gnd jangan sampai tertukar
  • Sambungkan / seting kabel speker
  • Setting kabel AV
  • Periksa lagi semua kabel-kabel jangan sampai salah
  • Bila sudah dirasa benar dalam pemasangannya coba nyalakan TV
Mainboard universal sudah terpasang rapi
  • Colokan AV ke renciver parabola
  • Bila tampilan layar seperti gambar dibawah’ silahkan ambil remot tekan menu
  • Pada tampilan menu tekan 1147 (LCD TV main board model SKR.03(RDA 8501) NEW VERSION)
  • Pilih PANEL SETTING
  • Pilih LVDS MAP
  • Tekan kiri atau kanan pada remot, lihat perubahannya

Bila TV berhasil menyala normal itu tandanya Anda sudah berhasil memasang mainboard multi universal board LED/LCD TV Anda, selanjutnya Anda tinggal rapikan.

Untuk setting pencahayaan dan lainnya bisa via menu diakses dari remot dan juga bisa menggunakan menu dengan menekan 1147 pada posisi menu diremot.

Untuk kualitas gambar tentunya akan sesuai dengan harga mainboard universal itu sendiri seperti bisa dilihat pada gambar dibawah pada TV LCD merk Sharp Aquos 42 in yang saya miliki.

TV Aquos Sharp 42″ kembali normal dengan mainboard universal

Untuk pemasangan ini dilakukan oleh tukang servis, bila Anda ragu untuk melakukannya sendiri lebih baik jangan dilakukan sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. untuk pin BL ON dan ADJ konek nya kemana kalau masih menggunakan PSU yg langsung ada inverter backlightnya