Cara pencairan Bansos / Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Agen BRILink

Halo Sobat Agen BRILink gimana kabarnya semoga dalam keadaan baik, sehat jasmani dan rohani” salam gesek dan salam OTP.

Pada kesempatan kali ini kita coba mengulas yang namanya Bantuan Pangan Non Tunai yang diberikan oleh Pemerintah kepada Masyarakat kurang mampu.

Read More

Dengan non tunai atau tidak diberikan secara pisik langsung bantuan bisa diterima oleh pemegang kartu BPNT melalui Chanel-Chanel resmi yang sudah bekerjasama dalam hal ini dengan Pemerintah salah satunya adalah Bank BRI melalui Agen BRILink.

Tentunya dalam pencairan dana Bantuan Non Tunai ini berbeda dengan cara Agen BRILink menarik tunai dari ATM Nasabah pada umumnya atau menarik/mencairkan dana bantuan PKH.

Cara penarikannya ada menu khusus yang disediakan oleh Bank BRI pada mesin EDC BRILink sesuai peraturan yang sudah diatur oleh Pemerintah. Penarikan bisa dilakukan sesuai kuota yang tersedia makanya sebelum melakukan pencairan sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu kuotanya.

Apa itu BPNT?

Bantuan Pangan Non Tunai ini adalah bantuan dalam bentuk Pangan seperti beras dan lainnya yang dikelola oleh pengelola/pedagang bahan pangan yang sudah bekerjasama dengan Bank dalam penyaluran BPNT ini, dan Bank pun yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah dalam hal penyaluaran Bantuan Pangan non Tunai (BPNT)” karena tidak semua Bank bekerjasama dengan Pemerintah dalam penyaluran BPNT ini.

Dengan cara ini penerima Bantuan Sosial (Bansos) lebih leluasa untuk menentukan kualitas pangan, dan pangan apa yang akan dibeli sesuai kebutuhannya dan tentunya disesuaikan dengan kuota yang ada.

Bantuan Pangan Non Tunai ini sebetulnya bisa saja diberikan kepada penerima dalam bentuk uang cash oleh pedagang yang sudah bekerjasama namun tentunya ini tidak boleh dilakukan karena keluar dari aturan yang berlaku yang sudah diaturkan oleh Pemerintah.

BPNT pada prinsipnya saya kira sama saja dengan bantuan PKH, dana atau yang disebut kuota dalam istilah BPNT tentunya nantinya tetap berupa nominal Rupiah yang masuk kerekening Si Pedagang pada saat Sipenerima BPNT melakukan penarikan atau disini disebutnya pembelian dengan uang elektronik atau e-voucher, dan saldo dalam e-voucher atau uang elektronik ini diisi atau di Top Up oleh Pemerintah, yaitu dengan sebutan dana Bantuan Pangan non Tunai inilah.

Kartu BPNT ini mirip-miriplah seperti kartu BRIZZI sama-sama uang elektronik yang bisa dibelanjakan pada chanel yang sudah bekerjasama, yang membedakan mungkin kalau kartu BRIZZI diisi atau di Top Up oleh pemiliknya kalau kartu BPNT di Top Up oleh Pemerintah, seperti itu kira-kira.

Cara pencairan BPNT

Bagaimana cara mencairkan kartu BPNT ini? ada menu khusus yang sudah disediakan kita contoh disini adalah melalui EDC BRILink karena kita adalah Agen BRILink. Menu untuk melakukan pencairan kartu BPNT ini adalah menu PROGRAM PEMERINTAH, simak caranya berikut ini:

Sebelum melakukan pembelian (istilah dalam BPNT) kita baiknya cek kuota dulu dengan cara:

  1. Buka menu PROG.PEMERINTAH
  2. Buka INFO KUOTA
  3. Gesek Kartu
  4. Masukan PIN dan ENTER
  5. Lihat kuota dan catat kode BPNT-nya yang akan digunakan pada saat nanti dimenu PEMBELIAN

Selanjutnya keluar dari menu CEK KUOTA

  1. Selesai cek kuota dan catat kode BPNT lanjut masuk ke menu PEMBELIAN masih di menu PROG.PEMERINTAH
  2. Gesek kartu kembali
  3. Masukan kode Bansos / BPNT yang tadi sudah dicatat tekan ENTER
  4. Masukan jumlah penarikan sesuai kuota yang tersedia tadi pada saat cek kuota lalu ENTER
  5. Masukan PIN
  6. Verifikasi data dan ENTER
  7. Transaksi selesai cetak struk
  8. Berikan Pangan oleh Agen ke Sipenerima BPNT sesuai kuota
  9. Selesai.

Setelah transaksi selesai maka otomatis KUOTA BPNT terdebet dan nominal dana akan masuk kerekening Si Pedagang.

Vidio terkait post ini

Lebih jelas bisa dilihat pada vidio berikut :

Untuk Agen BRILink Mobile sayangnya pencairan PKH ataupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) belum bisa dilakukan sekalipun sudah ada menu BANTUAN PEMERINTAH pada BRILink Web itu belum bisa digunakan mungkin masih dalam pengembangan.

Untuk bisa melakukan pencairan PKH atau BPNT Agen BRILink sebaiknya bisa berkoodinasi terlebih dahulu dengan pendamping dari Kementrian Sosial setempat.

Sekian terkait ulasan Cara pencairan Bansos / Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Agen BRILink semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada salah-salah.

Terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *