Cara Print Bolak Balik File PDF Menggunakan Adobe Acrobat XI

Berikut adalah tutorial mencetak bolak-balik PDF menggunakan printer Epson L1455 dan L1800.

Bagi yang bekerja dipercetakan tentunya selalu ada hal baru yang harus dipelajari oleh operatornya itu sendiri, tidak terkecuali dalam hal cetak atau print dokumen baik itu dalam bentuk file Word, Excel, PDF dan lain-lain, pencetakan tentunya akan disesuaikan dengan permintaan Pelanggan itu sendiri, bagaimana atau mau dibuat seperti apa dokumen tersebut.

Read More

Bagi yang belum pernah mengerjakan, satu contoh misalkan Pelanggan memiliki file dokumen dalam bentuk PDF dan menginginkan dokumen PDF tersebut di print atau dicetak bolak balik diatas kertas semisal ukuran A4, tujuannya menghemat biaya juga dokumen hasil cetak tidak terlalu tebal nantinya akan lebih simpel untuk dibawa.

Pertama kali mengerjakan tentu hal pertama terpikirkan oleh operator percetakan yang baru pertama mengerjakan print out PDF bolak balik adalah bagaimana cara mengerjakannya, apa yang pertama harus dikerjakan lebih dahulu? Untuk kalian yang baru pertama kali mengerjakan prin atau cetak bolak balik file dokumen PDF disini saya akan share caranya secara detil yang semoga bisa membantu.

Persiapan

  • Adoftware Adobe Acrobat

Pertama yang harus dipersiapkan adalah tentunya pada PC yang digunakan sudah terinstal software Adobe Acrobat yang terbaru kalau bisa, dan pada tutorial kali ini yang digunakan adalah Adobe Acrobat XI, untuk selain menggunakan Adobe Acrobat belum pernah coba.

  • Mesin Printer yang support

Mesin printer adalah tentunya wajib ada sebagai alat mencetak, untuk spesifikasi sendiri tidak harus spek tinggi yang penting sudah support untuk cetak bolak balik model buku book fold, dan pada tutorial kali ini printer yang digunakan adalah L1455 dan L1800 dari Epson. Dari kedua printer ini memiliki cara prin bolak bolak balik yang berbeda, akan dijelaskan dibawah.

  • Kertas HVS

Kertas sebagai media cetak, jenis kertas bisa gunakan jenis HVS yang terpenting sesuai dengan jenis printer atau tinta yang digunakan, pada tutorial ini kertas yang digunakan adalah jenis kertas HVS ukuran A4 75gsm. Tip-nya untuk cetak bolak balik tidak disarankan dengan kertas terlalu tipis apalagi bila printer sering eror menarik kertas dobel dobel, disarankan gunakan 70gsm keatas.

Cara mencetak bolak balik file PDF dengan Adobe Acrobat

Karena disebutkan diatas pada tutorial kali ini menggunakan 2 printer yang berbeda tipe maka tutorial dibagi dua.

Mencetak dengan Epson L1455

Cara mencetak atau prin bolak balik dengan printer tipe L1455 sedikit berbeda pada saat mencetak bagian belakang, disebabkan tipe ini posisi tempat kertas ada dibawah otomatis kertas narik keatas, juga posisi kertas yang akan tercetak itu adalah halaman bawah pada kaset kertas, berbeda dengan yang narik kertasnya dari atas yang tercetak adalah halaman atas seperti posisi saat menaruh kertas pada tempatnya.

  • Siapkan kertas HVS, untuk kertas A4 75gsm 1 rim bisa bagi 3 atau sesuai batas yang dianjurkan diberi tanda pada kaset kertas, terpenting jangan terlalu penuh.
  • Setting pada printer untuk ukuran kertas A4 sesuai kaset yang digunakan.
  • Setelah setting pada printer selesai lanjut ke PC, setting pada dokumen PDF yang dibuka menggunakan Adobe Acrobat. Silahkan buka pengaturan untuk prin atau cetak seperti pengaturan pada gambar dibawah.
    • Klik File > Klik Print
    • Pilih printer yang akan digunakan
    • Buka Properties
    • Pilih Paper Source
    • Pilih Document Size
    • Orientation biarkan saja nanti pada saat pengaturan page akan otomatis menyesuaikan
    • Paper Type biar default
    • Quality standar sudah cukup
    • Color sesuaikan permintaan
    • Klik Ok
  • Masih pada pengaturan print, pada pengaturan Page to Print pilih All atau bisa disesuaikan halaman mana yang akan dicetak namun tentunya berurutan.
    • Klik More Options > Odd or Even Pages > Odd page only untuk mencetah halaman ganjil terlebih dahulu, atau halaman depan terlebih dahulu dicetak.
    • Pada Page Sizing & Handling > atur hanya pada Custome Scale bila ingin memeperkecil hasil cetak dengan hitungan presentase, yang lain biarkan saja.
  • Cek kembali hasil setting bila sudah benar lanjut prin dengan mengklik tombol Print dibawah, tunggu mencetak semua halaman ganjil sampai selesai.
  • Bila halaman ganjil sudah selesai tercetak maka selanjutnya mencetak bagian belakang atau halaman genap, caranya:
    • Untuk printer L1455 silahkan tukar posisi halaman ganjil yang sudah tercetak tadi, urutan halamannya menjadi terkecil ke terbesar, kenapa? Karena untuk printer L1455 mencetaknya adalah halaman terakhir pada dokumen lebih dahulu.
    • Bila sudah tersusun dengan rapi masukan kembali kertas kedalam kaset yang sesuai dengan saat mencetak halaman ganjil tadi, ingat posisinya halaman kosong adalah dibawah.

Printer sudah siap mencetak, kembali pada PC dengan dokumen tadi atur seperti setting dokumen PDF diatas kecuali pada Klik More Options > Odd or Even Pages pilih Even pages only untuk mencetak halaman genap saja, atau halaman belakang dari dukumen.

Bila pengaturan sudah sesuai klik Print dan tunggu mesin printer mencetak halaman genap sampai selesai, untuk menghindari kesalahan silahkan cek pada hasil lembaran pertama apa sudah sesuai nomor halamannya bila ada, bila tidak ada nomor halaman cek dokumennya.

Setelah semua tercetak susun kembali halaman sesuai urutannya.

Mencetak dengan Epson L1800

Untuk mencetak bolak-balik dengan printer Epson L1800 atau tipe lainnya yang posisi kertas ada diatas, tahapan-tahapan pengerjaannya sama dengan L1455 yang berbeda pada memposisikan kertas saat mencetak halaman belakang, posisi halaman kosongnya ada diatas dan yang pertama dicetak urutannya adalah halaman pertama pada dokumen, tidak seperti L1455 halaman terakhir terlebih dahulu.

Itulah cara mencetak bolak-balik dokumen PDF dengan mudah menggunakan printer Epson L1455 dan L1800, semoga bermanfaat.

Tips sebelum mencetak

Sebelum melakukan pencetakan cobalah memahami terlebih dahulu jenis printer yang digunakan, juga kondisi printer terutama karet penarik kertas jangan sampai sedang bermasalah atau sering narik kertas dobel-dobel.

Lakukan percobaan pencetakan skala kecil terlebih dahulu, setelah sesuai baru dilanjut secara keseluruhan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *