Cara Reset Lupa Password Gmail Google Tanpa Nomor HP

  • Whatsapp

Pernah ngalami lupa password atau sandi email atau akun Google, parahnya lagi akun belum terdaftar nomor HP. Bagaimana cara resetnya, sedangkan untuk reset harus gunakan nomor terdaftar?

Jangan khawatir ada cara lain untuk reset password akun email gmail dari Google walaupun belum terdaftar nomor HP, dibawah akan saya share cara untuk resetnya.

Read More

Tetapi sebelumnya, supaya tutorial reset password akun email atau akun Google tanpa nomor HP berhasil, kenali dulu permasalahannya seperti apa.

Permasalahan

Sedari beli HP smartphone Android dari konternya tidak pernah tahu tuh yang namanya email atau pun passwordnya, tahunya beres saja HP bisa digunakan, bisa download aplikasi dari Google Play, nonton Youtube dan yang lainnya yang memerlukan email atau akun Google untuk menggunakannya.

Sampai disatu hari dimana pada saat buka salah satu aplikasi memerlukan login dengan email, nah disitulah email dan passwordnya dibutuhkan, untuk email tentunya bisa dilihat dipengaturan untuk password sendiri tentunya tidak akan bisa ditemukan.

Untuk bisa menggunakan kembali email yang sudah dibuat namun lupa password, atau seperti kejadian diatas pengguna tahunya pake smartphone, didaftarkan akun Googlenya oleh konter tanpa diberitahu passwordnya, salah satu caranya adalah dengan cara meresetnya, untuk meresetnya sendiri dibutuhkan nomor HP yang sudah didaftarkan dan diverifikasi sebelumnya.

Masalahnya pada saat pendaftaran akun Google si konter sendiri selalu ngambil jalan yang paling mudah, daftarkan akun Google tanpa nomor HP, atau kata singkatnya tidak mau ribet nanyain nomor HP ke Pelanggannya, yang penting HP bisa digunakan, password akunnya sendiri jarang diberitahukan ke pelanggan kalau tidak diminta, lalu apakah bisa bila tidak ada nomor HP terdaftar mereset password akun? Jawabannya tentunya bisa dengan cara yang saya share dibawah, tapi sebelumnya tentunya selain permasalahan diatas, juga berikut adalah hal-hal lain sebagai pendukung keberhasilan reset password dengan cara saya ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum reset password

  • Pastikan bahwa posisi akun Google yang lupa password dn mau direset tidak logout dari perangkat smartphone yang digunakan
  • Pastikan saat melakukan cara mereset ini internet tersambung
  • Disarankan reset passwordnya di perangkat lain atau dikomputer, nanti untuk memasukan kode keamanannya lebih mudah, kode keamanan akan ditampilkan di smartphone dengan akun yang akan direset. Berikut caranya.

Cara reset password akun gmail atau akun Google tanpa nomor HP

  • Silahkan masuk pada Pengaturan smartphone, pada tutorial ini dipraktekan pada HP Samsung Galaxy A2 Core.
  • Klik pada Google – Layanan & preferensi, seperti gambar diatas
  • Klik Kelola Akun Google Anda, seperti gambar diatas
  • Klik Mulai seperti gambar diatas

Pada Tab klik Keamanan lalu klik Amankan Akun, lihat gambar diatas

Klik Kode keamanan, setelah mengklik kode kemanan akan muncul 10 digit angka kode keamanan yang hanya bisa digunakan sekali pakai saja.

Pada smartphone Android terbaru contoh Galaxy A30s pada gambar dibawah

Kode kemanan diberikan sebanyak 2 kode masing-masing 10 digit yang berbeda-beda, nah setelah kode muncul dilayar seperti diatas lanjut buka Google login seperti gambar dibawah.

Masukan email yang akan direset, email bisa dilihat pada pengaturan akun di smartphone > Berikutnya > Lupa sandi > Coba cara lain > Berikutnya, kurang lebih seperti gambar diatas

Pastikan menemukan halaman seperti gambar diatas, setelahnya seperti sudah kita lakukan sesuai petunjuk, silahkan masukan 10 digit kode kemanan pada langkah sebelumnya diatas, pilih salah satu lalu klik Berikutnya.

Masuk kehalaman buat password baru, buat password baru yang susah ditebak Orang lain namun mudah diingat oleh kita. Jangan lupa juga untuk mempermudah kedepannya, silahkan verifikasi nomor HP untuk kemanan akun.

Selesai, reset password email akun Google tanpa nomor HP berhasil dilakukan. Namun tetap disarankan pada saat pertama kali buat akun silahkan verifikasi dengan nomor HP ataupun masukan email lain yang kita miliki, untuk email pemulihan bisa menggunakan email selain Gmail, supaya suatu saat lupa password akan mudah untuk meresetnya.

Sekian kiranya cara reset password akun email dari google semoga bisa bermanfaat, bagi yang tidak berhasil mungkin disebabkan sesuatu hal yang juga sudah disebutkan diatas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments