Cara Servis Fuelpump Beat Memakai Carb Clean Ala Jangeby

  • Whatsapp
Servis Fuelpump Honda Beat Pake Carb Clean

Servis Fuelpump Honda Beat Pake Carb Clean – Kali ini kita akan melakukan service fuel pump pada sepeda Honda BEAT. Cara melakukan servis fuel pump pada semua sepeda motor honda adalah sama ya, teman-teman.

Pada Matic Honda letak fuel pump-nya ada di atas tangki. Sekarang kita buka tangkinya, bukanya cukup dengan menggunakan kunci T10. Pada sepeda motor di video, kita bisa melihat bahwa cantolannya sudah hilang. Cantolan ini memang sering patah, jadi teman-teman harus hati-hati. Sekarang tinggal buka soketnya, bukanya tinggal ditekan, lalu ditarik. Terus untuk membuka bagian yang ini, sebenernya lebih msudahh jika masih ada kunciannya yaitu tinggal ditekan lalu dicabut. Sepertiknya yang ini harus di congkel karna kunciannya sudah tidak ada. Sekarang coba kita congkel dulu, nah kita congkel seperti begini lalu ditarik, ini karna kunciannya tidak ada, tapi kalau kuncinya ada tinggal ditekan begini akan ngedorong dan bisa langsung ditarik. Terus saja congkel, hingga terbuka, lalu cabut.

Read More

A picture containing person, cake, table, chocolateDescription automatically generated

Ini sudah tercabut semua, ini ada soket, ini ada selang ke injector sudah tercabut. Tinggal cabut ini, cabut seperti begini. Untuk servis fuel pump ini biasa dilakukan jika ada kendala, misalkan motornya berebet, atau kode errornya nunjukin 12 kedipan. Nah, kita bisa mencurigai fuelpump ini. Karena Kode 12 kedipan sebenarnya untuk injector, cuma untuk rangkaian injector ini bisa berarti banyak. Bukan di injector ssaja, kerusakan bisa ssaja terjadi di sekring injector, injector fuelpump, terus bisa dari fuelpumpnya. Terus, saya juga pernah menemukan kabel fuelpumpnya, kabel yang ini copot, itu kode 12 kedipan juga.

Baca juga: Starter Mio M3 Mati, Cara Menghidupkan Paling Mudah

Ini membukanya tinggal melakukan hal seperti tadi, tinggal ditekan begini terus saringannya tinggal ditekan ini saja. Ternyata, pada sepeda motor contoh kita dapat menemukan banyak sekali kotoran. Ini kotor banget karena keseringan pakai premium. Setelah terbuka, sekarang kita bersihkan.

Untuk membukanya ini simple ya teman teman, ini kan ada cantolan nih,  cantolanya tinggal kita buka saja. Tapi, teman-teman perlu diperhatikan ada seal O-ring di bagian tersebut. Seal itu jangan sampai hilang, kalau hilang sama juga bohong, nanti kotoranya bisa masuk. Jadi ini tuh tugasnya untuk nyaring dari kotoran-kotoran yang ada di bahan bakar sebelum masuk ke rotax dan disemburkan ke injector lalu ke ruang bakar. Itu disaring dulu lewat ini. Nah, jika sudah kotor seperti begini nanti bensinya susah masuknya karena akan terhambat kotoran, tekanannya akan kurang walaupun tekanan rotaxnya bagus, sama juga bohong. Rotaxnya kita simpan dulu.

A person on the machineDescription automatically generated

Ini tinggal kita semprot begini. Perhatikan betapa kotornya fuel pump ini, ini baru disemprot dari luar. Kalau kita bersihkan pakai bensin, kita tidak bisa membersihkan dalamnya paling cuma bisa di kocok-kocok saja. Kalau pakai karbon cleaner, bisa kita masukkan begini lalu kita semprot begini sehingga kotoran dapat keluar dengan lancar. Lakukan ini berulang-ulang hingga bersih.

Teman-teman, fuel pump-nya sudah terlihat agak bersih ya. Padahal tadi fuel pump ini sangat kotor. Tapi sekarang bisa kita lihat misalkan yang keluar ini sudah bersih ya, tidak seperti tadi. Ketika tetesan sudah terlihat bening, itu tandanya fuel pump sudah bersih.

Misalkan lebih bagus lagi diganti. Kalau diganti pakai yang genuine ya, hindari menggunakan komponen KW karena kalau pakai KW sering ada complain. Baru diganti sudah bermasalah lagi, jadi ganti dengan yang original.

A picture containing table, sitting, small, plateDescription automatically generated

Nah, kalau sudah dianggap bersih, sekarang tinggal kita pasang lagi. O-ringnya jangan sampai lupa, O-ringnya masukkan lagi. Ini pasang nya posisikan seperti begini ya, terus kita putar jadi sejsajar dengan pelampung.

Sekarang kita pasang ke tangki, nah untuk pasangnya suka banyak sekali ada keluhan, kadang kadang tidak pas, kadang kandang bensinnya bocor. Nah, biasanya O-ringnya ini yang di tangki sudah melar, jadi pas dimasukin nya susah, nah kalau sudah melar sebaiknya ganti baru, ganti baru pun kadang ada yang langsung pas ada yang kebesaran, yang bagus agak mahal, sekitar 15 ribu. Solusinya pakai O-ring tutup klep Yamaha MIO. Itu ukuranya sama dan harganya Cuma 2500 rupiah

A hand holding a cupDescription automatically generated

Ini saya pakai O-ring tutup klep mio, sekarang kita pasang O-ringnya ke ROTAX, tekan melingkar sampai terpasang sempurna, kalau sudah seperti begini gak bakalan bocor, sekarang tinggal kita Pasang ke Tangki bensin gak bakalan susah. Kalau paka O-ring bawaan, apalagi ssudahah melar maka akan susah masukinya, dan rawan bocor. Masukkan fuelpump kedalam tangki seperti semula, dimullai dari pelampung, dan seterusnya samapai pada posisi semula lubang baut, soket dan selang injector. Kalau sudah beres tinggal kita hidupkan mesinnya. Sudah beres kan,

Sekian dulu video dan artikel dari saya, semoga bermanfaat, saya jangeby chanel undur diri, sampai jumpa di video saya selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *