Cara Setting Cloudflare Pada Blogspot Custom Domain Lengkap Gambar

  • Whatsapp

Bagaimana cara setting atau konfigurasi DNS Cloudflare untuk Blogger Blogspot? Tentu caranya mudah saja untuk dilakukan, dibawah ini adalah tutorialnya.

Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu Cloudflare dan apa manfaatnya bagi blog, baik itu blog Blogspot maupun WordPress.

Read More

Dengan tahu dahulu apa itu Cloudflare dan manfaatnya maka tentunya kita tahu apa tujuan kita menggunakan Cloudflare.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah jaringan pengiriman konten sebagai penghubung antara blog atau situs online dengan pengunjung. Cloudflare, dengan banyaknya server dibeberapa Negara maka blog atau situs online yang dikunjungi loadingnya akan lebih cepat diakses karena konten blog atau situs dicache pada server Cloudflare yang terdekat dari lokasi atau Negara pengunjung atau visitor.

Manfaat menggunakan layanan Cloudflare

Selain sebagai penghubung antara server situs dengan pengunjung, situs yang menggunakan Cloudflare bisa terhindar dari berbagai macam serangan seperti Attackers, serangan DDoS yang membahayakan situs. Cloudflare juga bisa digunakan sebagai analytics untuk memantau pengunjung atau visitor.

Berikut lengkapnya manfaat dari penggunaan Cloudflare:

  • Kinerja situs seperti disebutkan diatas menjadi lebih cepat diakses tentunya sangat bermanfaat sekali untuk SEO
  • Memiliki tool rocket loader dan autominify mejadikan situs atau blog memiliki kinerja baik disemua perangkat yang digunakan Pengunjung terlebih pada perangkat mobile
  • Memberikan perlindungan dari ancaman robot perayap jahat
  • Melindungi dari spamer komentar
  • Peringatan atau notifikasi apabila situs terkena serangan virus
  • Selain Cloudflare bisa buat untuk memantau visitor dan meminimalisir ancaman seperti dijelaskan diatas, Cloudflare juga bisa membuat situs tetap bisa diakses apabila server sedang down, dikarenakan Cloudflare menyimpan halaman yang dicache pada server Cloudflare.
  • Satu lagi yang saya rasa manfaat dari penggunaan Cloudflare yaitu mengurangi beban resourse server yang kita gunakan berlaku untuk yang menggunakan hosting berbayar yang dibatasi.

Lanjut ke cara setting atau konfigurasi Cloudflare, dan pada kali ini saya menggunakan Cloudflare untuk situs blog saya di Blogspot Blogger.com yang sudah menggunakan custom domain.

Cara setting Cloudflare di blogspot custum domain

  • Pertama sudah pastikan bahwa blog di blogspot yang sudah di custom domainnya sudah aktif dengan pengaturan yang benar
  • Selanjutnya buka situs Cloudflare dan login atau bila belum punya akun silahkan daftar terlebih dahulu
  • Klik add site pojok kanan atas atau add site yang ada dibawahnya
  • Select a plan pilih saja yang free lalu klik confirm plan
  • Langkah selanjutnya pada pengaturan DNS biarkan langsung saja klik continue.

Pada pengaturan DNS Cloudflare ini ada satu artikel Kompi Ajaib pernah saya baca bahwa direkomendasikan Proxy Status seperti diberi kolom merah pada gambar diatas diset pada posisi DNS Only tidak berwarna orange dengan alasan ketika Proxy status di set Proxied maka CDN Cloudflare akan menambah cookie dan Blogger tidak membutuhkannya karena Blogger sudah memilikinya.

  • Setelah setting pada Cloudflare selesai maka selanjutnya kita harus merubah name server. Silahkan buka situs penyedia domain yang kita gunakan, login ke halaman client are, buka manajemen DNS atau Name server seperti dicontohkan pada gambar
  • Setting atau konfigurasi Cloudflare untuk blogspot blogger.com sudah selesai tinggal menunggu domain aktif pada Cloudflare. Setelah domain aktif pada Cloudflare akan ada pemberitahuan melalui email seperti contoh gambar dibawah.

Seperti itulah cara setting Cloudflare pada blogspot custom domain, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

    1. Saya sendiri untuk blogger dilepas kembali CFnya kalu wordpress lebih baik menggunakan apabila hostingnya tdk meiliki proteksi yg kuat dan lengkap seperti DDoS protection