Cara tarik tunai di EDC BPRKS

Berikut ini adalah tata cara tarik tunai di Agen/Mitra Akses+ BPRKS menggunakan EDC BPRKS merk ingenico.Caranya tentu akan berbeda dengan semisal di mesin EDC yang digunakan oleh Agen BRILink, perbedaanya adalah terletak pada menu yang digunakan. Bila di mesin EDC Agen BRILink ada yang namanya menu khusus tarik tunai (khusus untuk kartu ATM BRI) pada fitur mini ATM, dan pada mesin EDC BPRKS tidak ada menu khusus untuk tarik tunai sekalipun khusus ATM BPRKS, lalu bagaimana cara tarik tunai di EDC BPRKS bila tidak ada menu tarik tunai? bila pertanyaaannya seperti ini tentunya menurut saya harus tahu dulu fitur-fitur pada mesin EDC BPRKS-nya terlebih dahulu supaya lebih paham.

Pada mesin EDC BPRKS tidak ada menu khusus tarik tunai tetapi pada mesin EDC BPRKS ada yang namanya menu pada fitur ATM Bersama dan juga ALTO yang bisa menggantikan fitur tarik tunai dengan menggunakan sistem transfer antar Bank, dengan begitu pelanggan tetap bisa melakukan transaksi tarik tunai dari ATM miliknya di mitra BPRKS dengan fitur ATM Bersama ini.

Read More

Fitur ATM Bersama dikhususkan untuk transaksi menggunakan ATM berlogo ATM Bersama dan fitur ALTO adalah untuk melakukan transaksi menggunakan ATM berlogo ALTO. Selain itu fitur ALTO digunakan juga untuk transfer ke nomor rekening yang tidak bisa menggunakan fitur ATM bersama bisa dicoba dengan fitur ALTO ini sebagai contoh adalah ke nomor rekening BCA.

Jadi pada intinya tarik tunai dari kartu ATM di mesin EDC mitra BPRKS adalah mengunakan fitur ATM Bersama dengan cara transfer antar Bank dan rekening tujuan adalah rekening mitra itu sendiri. Setelah dana yang ditransfer dari rekening pelanggan masuk kerekening mitra maka mitra akan memberikan sejumlah uang yang ditransfer oleh pelanggan kerekening mitra dikurangi biaya yang dibebankan oleh mitra (sesuai kebijakan mitra masing-masing).

Berikut adalah tata cara transaksi tarik tunai di agen/mitra BPRKS menggunakan mesin EDC:

1.Masuk ke menu utama cari fitur ATM Bersama

2.Pilih Transfer

3.Pilih Tabungan

4.Gesek kartu ATM milik pelanggan

5.Setelah kartu ATM terbaca klik Ok/enter (tombol hijau EDC merk ingenico) lalu masukan kode bank rekening agen/mitra semisal BRI 002 lalu klik Ok/enter

6.Masukan nomor tujuan klik Ok/enter

7.Masukan nominal (amount) yang akan ditarik oleh pelanggan lalu Ok/enter

8.Ref. number bisa dikosongkan saja dengan langsung Ok/enter > verifikasi nomor rekening dan nama pemilik rekening mitra, bila sudah benar tekan F4-Yes sampai muncul halaman selanjutnya

9.Masukan PIN oleh pelanggan dan Ok/enter > tunggu sampai muncul layar verifikasi data seperti gambar diatas bila sudah benar klik F4-Yes > masukan PIN kembali oleh pelanggan lalu klik Ok/enter > tunggu sampai berhasil, bila sudah berhasil cetak struk dengan menekan Ok/enter.

10.Berikan sejumlah uang kepada pelanggan dikurangi biaya Admin.

Transaksi selesai, dana dari rekening pelanggan sudah berpindah kerekening agen/mitra dan pelanggan pun sudah menerima uang tunai dari agen/mitra.

Seperti itulah tata cara tarik tunai ATM di mitra BPRKS menggunakan mesin EDC semoga bermanfaat.