Cara Update Konten Dengan Bantuan Question Hub

Cara update konten dengan bantuan question hub, cara ini adalah cara paling praktis dan efisien dalam menentukan ide dan menyusun tulisan. Blog atau web merupakan wujud rumah dalam dunia virtual alias dunia maya. Seringkali, para pemilik blog dan para pekerja teks komersial dibuat bingung karena kehabisan ide tulisan. Karena kualitas, panjang tulisan, dan kata kunci yang digunakan dalam setiap artikel akan sangat berpengaruh pada penilaian Google terhadap blog atau website yang sedang dibangun.

Cara update konten dengan bantuan question hub Google

Tulisan yang baik dan banyak dibutuhkan oleh pengguna dianggap sebagai tulisan yang baik bagi Google. Mesin pencari virtual berskala raksasa ini bahkan memberikan apresiasi rangking dan dapat merekomendasikan tulisan-tulisan yang banyak dicari oleh pengguna. Page rangking di Google akan semakin naik jika pencarian kata kunci serupa semakin banyak, secara otomatis predikat page one dalam daftar pencarian dengan kata kunci tertentu menjadi primadona para pekerja teks. Dalam dunia bisnis online, predikat page one mendatangkan peluang hadirnya pundi-pundi uang.

Read More

Question hub merupakan fitur terbaru yang dimiliki oleh Google. Cara update konten dengan bantuan question hub terbilang mudah dan bisa diakses langsung pada laman informasi Google. Para blogger tentu familiar dengan fitur ini, karena pada awal kemunculannya, notifikasi saran penggunaan question hub selalu muncul di halaman utama blogger. Artikel ini juga ditulis untuk mempermudah para pengguna dalam menjawab berbagai pertanyaan, dengan bantuan question hub, dua pihak sekaligus dapat diuntungkan.

Pengguna internet menganggap bahwa Google adalah gudang data di seluruh dunia. Hampir tidak ada hal yang tidak bisa dicari. Orang mengira tidak ada informasi yang tidak tersedia di Google, semua pertanyaan dapat terjawab sempurna, tergantung bagaimana kata kunci yang diperintahkan. Namun ternyata, selama ini masih ada saja pertanyaan pengguna yang tidak bisa langsung dijawab oleh Google. Akhirnya Google hanya bisa menyajikan data yang relevan. Namun demikian, Google terus berinovasi untuk dapat lebih bermanfaat bagi para pengguna setianya.

Manfaat question hub

Cara update konten dengan bantuan question hub banyak dicari oleh para penyedia konten. Untuk pengguna atau pencari informasi, fitur ini mungkin kurang bermanfaat. Google sendiri mengklaim bahwa pertanyaan yang disajikan dalam question hub merupakan kumpulan pertanyaan dari para pencari informasi di seluruh dunia, berdasarkan semua bahasa yang sudah terdaftar dalam database Google. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh diantaranya adalah:

  • Menjelajahi topik sesuai minat penulis konten,
  • kemudian menyajikan pertanyaan yang relevan dari para pengguna untuk membuat konten yang lebih mendalam dan komprehensif dan menyajkan jawaban pertanyaan dari pengguna,
  • bisa juga untuk melacak dampak konten yang sudah dibuat dan dipublikasikan.
  • Sangat lengkap dan multitasking, sehingga tidak heran jika kehadirannya sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Lalu bagaimana memanfaatkan kemudahan dalam fitur cara update konten dengan bantuan question hub ini? Bagi para penyedia konten atau content creator, hanya perlu modal akun Google yang saat ini dimiliki hampir semua orang. Para blogger dan pemilik website tentu bisa memanfaatkan domain yang dimilikinya sekaligus untuk optimasi. Mudah bukan? Untuk lebih detilnya, kita simak beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi fitur question hub:

Cara Update Konten Dengan Bantuan Question Hub

Sebelum menggunakan fitur gratis ini, perlu disiapkan akun Google yang aktif, karena pendaftaran akun dibutuhkan saat menggunakan bantuan question hub untuk menemukan artikel yang sedang banyak dicari oleh para pengguna. Setelah memiliki akun Google aktif, dapat langsung masuk ke laman Google dan melakukan pencarian menggunakan kata kunci daftar question hub atau langsung saja klik disini.

Beberapa detik kemudian akan tersaji banyak informasi yang bisa diklik untuk langkah selanjutnya. Satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam cara update konten dengan bantuan question hub adalah sebaiknya gunakan PC/laptop untuk menggunakan fitur ini. Karena Google belum mengoptimalkan fitur ini untuk versi tablet atau layar handphone.

Dari banyak link yang tersedia, cukup klik salah satu yang paling atas, atau yang menghubungkan langsung dengan laman Google question hub. Cara update konten dengan bantuan fitur ini dimulai dari sini. Anda hanya perlu mendaftarkan akun Google dalam fitur ini. Ikuti saja langkah yang tersedia. Beberapa ahli SEO menyarankan untuk mendaftarkan website atau blog yang akan diisi konten di Google console, namun hal ini bisa juga dilakukan nanti. Selanjutnya, halaman pencarian pertanyaan sudah tersedia. Langkah berikutnya yang harus diambil adalah:

Menemukan topik yang relevan

Pada langkah pertama ini, cara update konten dengan bantuan question hub kita perlu memiliki tema blog atau kata kunci yang perlu pengembangan isi konten. Misalnya untuk blog yang membahas tentang otomotif, di laman question hub bisa dicari kata kunci yang lebih spesifik, misalnya: otomotif motor, mesin motor ramah lingkungan dan sebagainya. Begitu juga dengan tema lain, misalnya tentang ekonomi, bisa menggunakan kata kunci: kondisi ekonomi terkini, kebijakan ekonomi di tengah pandemik, peran pemerintah dalam ekonomi, dan sebagainya.

Laman akan menyajikan data berbagai pertanyaan pengguna yang belum terjawab atau baru sedikit memperoleh jawaban dari artikel yang relevan. Termasuk pertanyaan yang belum terjawab sama sekali. Daftar pertanyaan inilah yang akan bermanfaat bagi para content creator demi menciptakan konten baru yang menjawab pertanyaan pengguna. Apakah pengguna langsung tahu ketika pertanyaannya terjawab? Tentu saja tidak. Para pencari informasi hanya akan merasakan manfaat setelah artikel yang menjawab pertanyaannya dipublikasikan dan terindeks Google.

Cara update konten dengan bantuan question hub untuk menemukan topik yang relevan disesuaikan dengan minat penulis atau tema blog dan website yang dimiliki. Hal ini akan sangat menentukan hasil pencarian. Artikel yang disusun untuk menjawab pertanyaan di hasil pencarian nantinya harus didaftarkan kembali di laman ini sebagai jawaban. Agar nanti mesin penelusuran menyajikan link tersebut untuk dikunjungi oleh pengguna. Maka perlu dipastikan jawaban yang disajikan adalah benar dan sesuai dengan pertanyaan sebelumnya.

Gunakan pertanyaan yang muncul

Nah, dari sekian pertanyaan yang sudah muncul tersebut, para content creator dapat menyusun tulisan yang sesuai dan menjawab pertanyaan tersebut dengan bahasa yang tersusun rapi dan berdasarkan data yang valid. Kevalidan data ini penting sekali, karena selain mengurangi banyaknya informasi hoax yang berseliweran di jagat internet, juga agar informasi yang disajikan kepada para pengguna nantinya bermanfaat dan tidak membuat orang lain celaka.

Cara update konten dengan bantuan question hub jika artikel yang disajikan bukan untuk menjawab pertanyaan namun malah menyesatkan, tentu saja berbahaya. Inilah mengapa blogger, penyaji konten, dan para content creator perlu menyajikan tulisan yang baik dan konten yang benar agar para pengguna mendapat manfaat, bukan sebaliknya. Selain berbahaya bagi pengguna, konten yang salah dan tidak menjawab pertanyaan pengguna akan terindikasi sebagai konten yang buruk.

Hasil pencarian mungkin menyajikan banyak pertanyaan yang belum terjawab. Biasanya setiap halaman menyajikan 10 pertanyaan terkait kata kunci yang sudah dimasukkan. Kita tidak perlu mengambil semuanya. Pertanyaan yang memiliki jumlah penanya paling banyak dan jawaban tersedia paling sedikit perlu diambil sebagai tema tulisan atau konten berikutnya yang akan ditulis.

Cara update konten dengan bantuan question hub saat harus memasukkan kata kunci akan sangat berpengaruh terhadap hasilnya. Anda dapat mencoba beberapa kali dengan kata kunci berbeda untuk mendapat daftar pertanyaan yang paling mudah dijawab dengan lengkap dan komprehensif. Sehingga nanti konten yang dihasilkan bisa tepat guna.

Lakukan tracking dampak konten

Setelah konten jadi dan dipublikasikan di website, penyedia konten dan para content creator dapat masuk kembali ke laman Google question hub untuk mendaftarkan linknya sebagai jawaban pertanyaan yang diambil sebelumnya. Dengan demikian Google akan menilai bahwa pertanyaan tersebut telah terjawab. Para pencari informasi akan diarahkan ke laman tersebut ketka memasukkan kata kunci sesuai pertanyaan sebelumnya

Dengan melakukan hal di atas, kita sekaligus dapat memantau seberapa luas dampak konten atau tulisan yang sudah kita publikasikan. Ini penting sebagai bekal untuk menyusun konten berikutnya. Pertanyaan yang muncul di question hub merupakan usulan konten yang kita dapat saat mencari cara update konten dengan bantuan question hub. Praktis, bukan? Kemudahan teknologi saat ini memudahkan kita untuk merealisasikan segala bentuk rencana, tinggal sepandai apa kita berusaha memanfaatkannya saja.

Rangkaian langkah yang telah disampaikan di atas harus dilakukan secara berututan. Tidak dibenarkan untuk melompat dari langkah persiapan menuju langkah ketiga, atau langsung menuju langkah pertama tanpa persiapan. Karena panduan disusun untuk diikuti, bukan untuk dilanggar seperti halnya banyak terjadi pada peraturan yang sudah dibuat di tengah masyarakat. Maka untuk para blogger dan content creator, cara update konten dengan bantuan question hub harus dikuasai tanpa kata tapi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal baik konten maupun dampaknya, gunakan kata kunci yang tepat sesuai tema yang ingin ditulis. Lebih spesifik lebih baik. Meskipun kadang jika terlalu spesifik, pertanyaan yang diharapkan malah tidak muncul. Gunakan kata kunci yang mungkin dicari oleh orang kebanyakan saat mencari informasi sesuai tema yang akan kita tulis. Ini akan sangat membantu menemukan ide tulisan yang menarik dan mendapat peringkat yang baik di mata Google.

Pertanyaan yang dihasilkan dalam pencarian question hub sangat bermanfaat bagi para blogger, penyedia konten dan pekerja teks komersial. Karena yang dimunculkan dalam mesin pencari adalah 10 pertanyaan terbanyak yang belum berhasil dijawab oleh database Google. Ini berarti peluang yang baik dalam menyajikan informasi terbaru dan berguna, sekaligus jalan pintas menuju page one dalam mesin pencari Google. Itulah mengapa blogger dan para content creator harus memahami cara update konten dengan bantuan question hub. Jika pertanyaan yang dijadikan sebagai ide tulisan sudah terjawab dalam artikel sebelumnya, penulis tetap bisa mendaftarkan artikel yang sudah dipublikasi di blog atau websitenya sebagai jawaban dari pertanyaan yang sama. Cara update konten dengan bantuan question hub ini akan membuat pengguna memiliki pilihan atas jawaban dari pertanyaan yang diajukannya kepada Google. Artikel yang sesuai dengan minat penanya akan membuat penanya bertahan lebih lama di blog atau website tersebut, dan akan berdampak baik terhadap rangkingnya. Selamat mencoba.