Cara Update PHP Version Pada cPanel (Indoworx)

  • Whatsapp

Apakah Anda mengalami melihat pemberitahuan pada dasboard WordPress seperti berikut;

PHP Update required
WordPress has detected that your site is running on insecure version of PHP

Read More

Itu satu hal yang lumrah WordPress akan mendeksi bila versi PHP yang sedang di gunakan sudah saatnya di update ke versi lebih tinggi diatasnya semisal versi PHP 5.6 dinaikan menjadi versi 7.0, 7.1, 7.2, atau bahkan 7.3.

Apa itu PHP?

Hypertext Preprocessor (PHP) adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS., PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). PHP di kembangkan di tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP di http://www.php.net.

Wikipedia menyebutkan pada februari 2014, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti WordPress.

CMS WordPress terus dikembangkan dan PHP pun versinya terus ditingkatkan, untuk WordPress pengguna akan mudah untuk meng update versi WordPress itu sendiri dari Dasboard WordPress, lain halnya dengan versi PHP yang harus kita update secara manual dari cPanel.

PHP Update required;

Namun sebelum kita update PHP akan ada pemberitahuan / notifikasi pada Dasboard WordPress untuk update / tingkatkan versi PHP itu sendiri PHP Update required bila sudah mendapatkan notifikasi seperti ini silahkan Anda update versi PHP di cPanel. Bila untuk pemula yang belum begitu paham seperti saya lebih baik kita tanyakan ke penyedia hosting yang kita gunakan.

Cara update versi PHP pada cPanel;

Untuk update versi PHP pastinya pertama kali yang harus dilakukan adalah login / masuk ke cPanel pad ahosting yang digunakan namadomain.com/cpanel atau ada beberapa penyedia hosting yang memberikan akses cPanel dari halaman Client area itu sendiri seperti contoh hosting yang saya gunakan adalah miliknya Indoworx.

Selanjutnya apabila sudah berhasil masuk halaman cPanel cari Select PHP version untuk mempercepat bisa ketikan saja pada kolom pencarian berada diatas menu pada cPanel.

Setelah ketemu buka dan atur PHP ke versi yang lebih tinggi bila yang digunakan saat ini adalah 5.6 bisa naikan ke versi tertinggi semisal dalam pilihan adalah versi 7.3. Setelah versi 7.3 dipilih silahkan save bila tidak ada tombol save klik set as current. Update PHP sudah berhasil.

pilih versi php yang tersedia

Sebelum menutup halaman cPanel silahkan lakukan cek situs terlebih dahulu. Bila situs tidak bisa dibuka terjadi eror setelah update versi PHP cPanel dimungkinkan versi PHP tidak sesuai silahkan update kembali PHP pada cPanel ke versi yang lebih rendah satu tingkat dibawahnya dan coba cek lagi situsnya.

Ini adalah tampilan situs tidak bisa diakses setelah update php versi terakhir

Cek situs apakah sudah normal kembali, bila sudah normal cek dasboard pada WordPress apakah notifikasi PHP Update required masih ada ataukah sudah hilang?

Sampai disini sudah berhasil update versi PHP yang digunakan untuk menjalankan CMS WordPress.

Seperti itulah cara update versi PHP melalui cPanel semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments