Catatan keuangan Agen BRILink

  • Whatsapp

DOWNLOAD FORMAT MS. EXCEL CATATAN KEUANGAN AGEN BRILink

Setiap Agen BRILink pasti melakukan banyak transaksi keuangan setiap harinya. Transaksi yang dilakukan Agen BRILink bermacam-macam, mulai dari tarik dan setor tunai hingga pembayaran seperti PLN, TELKOM, Cicilan Kendaraan, dan lain-lain.

Transaksi keuangan yang dilakukan Agen BRILink sebagian besar menggunakan Mesin EDC (Electronic Data Capture). Dan jika Seorang Agen sudah menjalankan BRILinknya sekitar beberapa minggu atau beberapa bulan, pasti akan mulai mengalami kendala-kendala atau gangguan-gangguan yang kadang-kadang (atau bahkan sering) terjadi pada mesin EDC.

Bacaan Lainnya

Silahkan Download

Keterangan kode error EDC BRILink

Ketika mesin EDC sedang gangguan (karena jaringan sedang tidak stabil atau offline) kadang terjadi gagal transaksi tetapi saldo kita terdebet. (Biasanya sering terjadi pada hari Senin dan Jumat) seperti yang pernah saya alami beberapa kali. Transfer antar Bank, transaksi gagal, saldo saya terdebet tetapi uang tidak sampai ke rekening tujuan.

Jika kita mengalami hal ini, apalagi kalau kejadian ini adalah yang pertama kalinya, tidak usah panik, langsung saja ajukan keluhan ke call center 14017. Setelah diproses beberapa hari, uang akan kembali ke rekening kita. Dengan catatan jangan lupa untuk mem-follow up-nya setiap hari supaya prosesnya lebih cepat.

Dikarenakan kejadian Gagal Transaksi Saldo Terdebet (atau yang disebut juga uang nyangkut, Istilah yang digunakan oleh para Agen BRILink yang berkumpul di Grup Facebook Agen BRILink. Silahkan bergabung jika belum bergabung, karena disitulah tempat curhat, berkeluh kesah, juga mencari solusi jika ada masalah mengenai BRILink. Berikut adalah linknya Grup Agen BRILink.

Kembali lagi ke topik awal, Dikarenakan kejadian Gagal Transaksi Saldo Terdebet sering terjadi (saya saja hampir setiap bulan selalu ada aja uang nyangkut). Maka saran saya setiap Agen BRILink harus sangat berhati-hati ketika akan melakukan transaksi, pastikan jaringan dalam keadaan bagus dengan cara LOG ON terlebih dahulu dan yang paling penting melakukan pencatatan keuangan yang rapi dan benar.

Apa saja yang harus ada dalam catatan keuangan Agen BRILink?

Yang pertama, catatan saldo dalam rekening. Selalu catat uang masuk dan uang keluar sehingga kita selalu mengetahui saldo akhirnya. Dan sering-sering mencocokkannya dengan cek saldo pada rekening.

Yang kedua, catatan uang cash. Catat juga uang masuk dan uang keluar sehingga kita selalu mengetahui saldo akhirnya. Selalu cocokkan dengan menghitung uang cash yang ada. Jika jumlahnya berbeda berarti terdapat kesalahan.

Ini adalah format yang saya gunakan. Silahkan download:

Catatan keuangan Agen BRILink

*Format diatas bisa juga untuk menghitung laba Agen BRILink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *