Cetak struk Internet Mobile Banking BRI dari HP ke printer bluetooth

Struk atau bukti transaksi sudah menjadi syarat sahnya transaksi yang dilakukan antara Penjual dan Pembeli begitu pula bagi seorang Agen BRILink sudah hal mutlak adanya bukti transaksi sebagai alat bukti bahwa Nasabah sudah bertransaksi di Agen tersebut.

BRILink adalah layanan laku pandai yang dikeluarkan oleh Bank BRI sudah barang tentu ini menjadi satu merk yang namanya akan mudah dikenal dan diingat tetapi bukan berarti karena merk terkenal tidak adanya masalah seperti yang dialami oleh beberapa Agen.

Read More

Seperti jaringan offline tentu ini akan menjadi satu masalah besar bila lagi banyaknya transaksi Agen tidak bisa menjalankan transaksi karena EDC / aplikasi BRILink mobile eror. Satu solusi yang biasa dijalankan oleh Agen adalah dengan memanfaatkan internet banking BRI.

Bila menggunakan BRI Internet Banking pastinya harus adanya unit komputer dengan printernya ini akan jadi hal memberatkan karena tidak murahnya harga dari unit komputer tersebut. Solusinya adalah dengan menggunakan BRI Mobile Banking namun masalahnya adalah tidak bisanya cetak bukti transaksi langsung keprinter.

Kejadian ini sering saya rasakan karena terkadang ada Nasabah yang tidak mau transaksi kalau tidak ada struknya. Namun seiring jaman aplikasi dihp pun makin bermunculan dengan segala kemudahan yang ditawarkan.

Dengan bermodalkan printer bluetooth yang memang sudah ada karena sering transaksi dengan aplikasi mobile BRILink pada akhirnya dari hasil cari mencari di google play menemukanlah satu aplikasi untuk cetak hasil screenshot atau poto dengan printer bluetooth.

Hasilnya memang berhasil mencetak screenshot bukti transaksi Mobile Banking BRI bahkan bukan hanya struk BRI Mobile saja tetapi saya sering juga mencetak struk dari aplikasi Tokopedia untuk transaksi seperti pembayaran multifinance kalau lagi ada promo cashback yang saya rasa lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan fee agen BRILink.

Namun tentu hasil struk akan tergantung kepada model struk yang kita akan cetak seperti hasil SC Mobile BRI akan berlatarkan hitam dan bertuliskan warna putih namun ini bisa diakali dengan mengedit hasil SC atau poto supaya menjadi 2 warna saja seperti hitam dan putih edit/potong sisakan hanya bagian yang ada teknya saja.

Setelah dirasa pas hasil potongan struk lalu buka https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alucardfox.KoolBTTP dan instal di hp android Anda.

Setelah terinstal buka CoolBTTPrinter pilih printer bluetooth (pastikan printer sudah menyala dan terkoneksi hp kita) bila printer sudah konek akan terbuka halaman untuk mencetak / preview klik pada PICK IMAGE TO PRINT dan pilih SC transaksinya saya contohkan disini struk Tokopedia

CoolBTTPrinter gratis

hasilnya terlihat tidak jelas, tapi jangan khawatir bisa diatur dengan Contrast Translation Sliders sebelah atas gambar struk dan atur sendiri sampai dirasa pas sebagai contoh yang benar dengan hasil cetak standar struk hitam diatas putih.

CoolBTTPrinter gratis

Selanjutnya klik PRINT THE IMAGE dibawah struk dan selesai struk pun sudah tercetak.

Untuk mencetak struk transaksi internet mobile banking BRI tidak jauh beda dengan cara cetak struk Tokopedia yang saya contohkan diatas, yang dibutuhkan adalah setelah transaksi berhasil jangan lupa untuk screenshot bukti transaksinya, harus diingat bahwa bukti transaksi pada internet mobile banking BRI tidak bisa cetak /screenshot ulang. Bila lupa untuk screenshot maka cetak struk bisa dilakukan pada internet banking BRI versi web pada menu Manajemen Pengguna > Catatan Transaksi.

Selamat mencoba!

Sekian terkait Cetak struk Internet Mobile Banking BRI dari HP ke printer bluetooth semoga bermanfaat.

Update: 

CoolBTTPrinter sudah tidak gratis lagi namun jangan khawatir tidak mahal hanya dengan 8500 sudah bisa Anda miliki bisa bayar pake pulsa,kartu kredit dan voucher yang bisa Anda beli di DANA BBM salah satunya.

Untuk versi gratisnya bisa menggunakan app lain yang bisa didownload di play store seperti yang saya gunakan RawBT – Driver printer termal ESC/POS(BT,WIFI,USB).

Untuk lebih simpel lagi dalam mencetak struk transaksi internet banking atau yang lainnya, cobalah dengan cara mencetak email notifikasi transaksi yang dikirim otomatis disaat transaksi berhasil maupun gagal, mencetak struk dari email lebih mudah dan hasilnya lebih rapih.

  • Sebagai contohnya mencetakemail bukti transaksi transfer dengan internet banking BRI berikut:
  • Pastikan sudah terinstal aplikasi Gmail atau Yahoo mail
  • Pastikan sudah terintal aplikasi seperti awBT – Driver printer termal ESC/POS(BT,WIFI,USB) atau sejenisnya
  • Pastikan smartphone sudah terkoneksi dengan printer bluetooth
  • Buka email notifikasi, saya contohkan diaplikasi Yahoo mail seperti contoh pada gambar dibawah, silahkan klik cetak
  • Lanjut mengatur ukuran kertas, silahkan atur sesuai ukuran printer bluetooth yang digunakan, jangan lupa untuk menghilangkan centang halaman yang tidak akan dicetak seperti gambar dibawah, klik pada gambar printer warna kuning untuk mencetak.

Cara ini bisa digunakan juga untuk aplikasi lainnya yang memang mimiliki fitur email notifikasi seperti aplikasi IPOTPAY yang saya gunakan juga, hasilnya seperti gambar berikut: