Contoh Proposal Pembangunan Bendungan Irigasi

Didalam membuat atau menyusun satu proposal seperti proposal pembangunan bendungan irigasi tentunya dibagi menjadi beberapa bagian yang tidak bisa terpisahkan yang paling singkat adalah seperti;

1. Latar Belakang

Berikut adalah sebagai contoh saja yaitu pada proposal permohonan pembangunan bendungan irigasi  yang tentunya latar belakang akan berbeda-beda pada setiap proposal yang diajukan. Latar belakang adalah penjelasan perihal dari yang diajukan yang akan menjadi pertimbangan penyandang dana nantinya.

Read More

Dinamika pembangunan yang senantiasa membawa aspirasi dan tuntunan baru di masyarakat untuk mewujudkan kualitas kehidupan yang baik. Aspirasi dan tuntutan masyarakat itu dilandasi oleh hasrat dan keinginan untuk lebih baik beraktivitas dan berperan serta dalam mewujudkan masyarakat yang maju,mandiri dan bertaqwa kepada Allah SWT. Atas dasar itulah, masyarakat perlu diberi rangsangan untuk ikut serta memikirkan masalah-masalah yang dihadapi dan turut serta merumuskan pemecahannya/ solusinya. Peran serta masyarakat yang aktif akan lebih
menumbuhkan kebersamaan, sehingga dapat memepercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera yang dilandasi dengan ilmu dan keimanan. Upaya pembangunan desa memerlukan kepedulian yang diwujudkan dalam kemitraan dan kebersamaan berbagai pihak, dalam pengertian pemberdayaan pembangunan desa merupakan suatu proses perubahan suatu kesejahteraan dan peningkatan tantangan perkembangan pembangunan yang merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat dan pemerintah.
Pembangunan yang sedang diprioritaskan di Kp. PASIR CEURI Desa CIBENDA adalah pembangunan bendungan di Kp. PASIR CEURI Desa CIBENDA karena Bendungan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat guna pemenuhan
kebutuhan air, penataan keindahan dan kenyamanan lingkungan. Pembangunan bendungan tersebut sangat diperlukan oleh karena itu masyarakat beserta pemerintah desa mencoba membangunnya.

2. Kondisi Bendungan

Kondisi sebagai contoh adalah seperti diajukan dalam contoh proposal ini adalah kondisi bendungan adalah penjelasan perihal kondisi pisik pada saat ini.

Adapun kondisi bendungan yang ada sekarang baru sebatas bendungan darurat, seperti menggunakan karung plastik saja. Sedangkan pembangunan bendungan yang kami harapkan dari bantuan pihak terkait. Bendungan
yang sangat parah dan mendesak kebutuhannya sepanjang 10 m. Sebagai bahan pertimbangan, pemerintah desa bersama masyarakat telah menyediakan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan masyarakat seperti batu pecah dan pasir guna mempercepat pembangunan bendungan desa yang kami harapkan. Dengan harapan desa kami lebih terjamin keberadaan airnya dan layak sebagai mana mestinya.

3. Tujuan

Tujuan adalah lebih kepada penjelasan manfaat dari pembangunan bendungan irigasi bagi Masyarakat dan lingkungan sekitar.

Maksud dan tujuan pembangunan bendungan di Kp. PASIR CEURI Desa
CIBENDA adalah :

  • Untuk lebih memperlancar sarana irigasi
  • Memperbaiki saluran yang labil
  • Menata lingkungan supaya tidak kotor dan kumuh
  • Memberi rasa aman bagi warga masyarkat

4. Sasaran

Sasaran adalah disini pada proposal bendungan irigasi wilayah-wilayah yang akan terkena dampak manfaat dari pembangunan bendungan irigasi ini.

Kiranya perlu dikemukakan bahwa pembangunan bendungan di desa CIBENDA telah dibangun dari mulai bendungan secara swadaya masyarakat di sekitar desa, dan yang belum tersentuh pembangunnannya yaitu lokasi Kp. PASIR CEURI sepanjang 10 m. Pemanfaat dari bendungan tersebut adalah PASIR CEURI 70 kepala keluarga.

5.Penutup

Adalah sebagai penutup kata dari proposal.

Lebih lengkapnya bisa di download contoh proposal bendungan irigasi dalam format file microsoft word dan selanjutnya sesuaikan dengan rencana proposal yang sudah dirancang jangan lupa juga baca dulu kebijakan penggunaanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *