Dalaman CVT Beat ESP New: Review Perbedaan dengan ESP OLD

Dalaman CVT Beat ESP New: Review Perbedaan dengan ESP OLD – Artikel ini akan membahas review CVT Honda Beat terbaru. Ada yang menjuluki sepeda motor ini dengan nama honda beat sporty, ada juga yang menamainya honda beat new. Yang jelas Honda beat ini adalah honda yang baru keluar pada tahun 2016. Dalam artikel ini, kami akan membuat review perbedaan dalaman CVT honda beat lama seperti Beat X dengan honda beat yang baru ini.

Simak vidionya:

Kita akan memulai review dari bagian depan CVT terlebih dahulu. Bagaian depan ini disebut rumah roller ataupun pulley depan. Kita akan lihat dari kipasnya. Kipas dari beat new ini masih menggunakan kipas K44 yaitu kipas yang sama digunakan di beat sebelumnya. Lalu rumah roller atau disebut juga pulley depan juga masih menggunakan K44. Keduanya masih menggunakan kode beat yang lama jadi memang belum ada perubahan.

Read More

Baca juga: Motor Tidak Mau Digas Ternyata Penyebabnya Sepele

Setelah kedua bagian tersebut, mari kita lihat rollernya. Roller pada beat ESP terbaru pada contoh menggunakan roller Vario yang beratnya 13 gram. Namun sebenarnya, roller asli beat ESP terbaru ini sudah menggunakan roller dengan berat 15 gram. Roller pada Beat ESP terbaru seharusnya menggunakan roller dengan kode K44.

Kemudian, kita juga akan melihat tutup rumah roller. Tutup rumah roller pada beat ESP new masih menggunakan KVB. KVB ini digunakan pada vario carbo, beat starter kasar, starter alus, sampai beat yang sekarang disebut beat street. Semua masih menggunakan penutup Roller KVB. Termasuk slidernya juga masih menggunakan vario.

Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bagian depan beat ESP tidak memiliki perbedaan dengan beat yang lama. Mulai dari rumah roll atau pulley depan, penutup roll, hingga ring-ring yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya.

Kita coba lihat ke pulley belakang. Sepeda motor yang kami contohkan ini sudah mengalami pergantian sparepart. Kampas ganda yang digunakan di sepeda motor ini merupakan kampas ganda yang berasal dari Suzuki next. Kampas ganda tersebut memiliki kode K16. Tetapi untuk mangkoknya beda lagi. Mangkoknya menggunakan kode K81. Untuk kampas gandanya ini menggunakan bahan yang lebih keras yang bermerk exedy. Exedy merupakan salah satu perusahaan dari Jepang yang sekarang sudah membangun pabrik di Indonesia. Dia bergerak atau mensuplai khusus bagian kopling mobil, kopling motor matic bahkan motor sport. Sepeda motor kelas MotoGP bahkan sudah menggunakan kopling merek exedy tapi sayangnya stok produk dari Exedy ini sangat jarang jadi tidak banyak bengkel mempunyai stok kampas ganda Exedy. Kampas ganda asli dari honda beat ESP terbaru ini masih jarang. Maka ketika kampas ganda habis, kita akan susah untuk mencari barang tersebut.

Cara untuk mengakali spare part yang sulit didapat ini bisa dengan menggunakan kampas ganda milik Suzuki Next. Kampas Suzuki Next sudah pas dengan ukuran kampas Beat New jadi tinggal dipasang saja. Selain itu, Beat New juga bisa menggunakan kampas ganda dari beat sebelumnya. Kalau misalnya pengguna motor tidak mau kampas gandanya diganti juga bisa. Kita dapat meggunakan K44 tapi beda di bagian bawahnya. Jadi, ring belakangnya harus diganti. Yang pasti selalu ada cara untuk menyesuaikan kampas ganda. Cuma untuk yang lebih gampang kita tinggal ganti segelundung saja karena harganya tetap sama. Kampas ganda K44 seharga 125 ribu rupiah hanya dapat kampas saja. Sedangkan, kampas Suzuki next yang dibanderol dengan harga 115 ribu sudah dapat dibeli sepaket dengan rumahnya termasuk per ganda dan karet ganda. Jadi sudah tinggal templok.

Untuk pulley masih sama, Beat New menggunakan pulley yang sama seperti sebelumnya dan belum ada perubahan. Beat New masih menggunakan pulley honda beat yang ESP lama. Kita bisa melihat perbedaan di area mangkok dan kampas ganda. Untuk mangkok ini kode part nya adalah K81. Dan mangkok tersebut merupakan produksi Exedy. Jika mangkok kosong tidak apa-apa, kami sarankan jangan mengganti mangkok tersebut. Walaupun gosong tapi ini mangkok merek Exedy ini, masih benar-benar bagus. Untuk mengecek mangkok teman-teman bisa membelainya dengan menggunakan tangan. Kalau sudah baret berarti sudah ada kerusakan tapi jika belum biarkan saja. Mangkok yang gosong menandakan jarak yang ditempuh sepeda motor tersebut sudah jauh. Tapi jika bahannya bagus tentu saja dalamnya masih bagus. Gosong belum tentu harus diganti.

Beat sporty new memiliki dalaman CVT yang hampir semuanya sama dan tidak ada perbedaan dengan beat generasi sebelumnya. Hanya saja dia menggunakan kampas ganda dan mangkok kampas ganda yang sudah berasal dari Exedy. T-beltnya pun masih menggunakan T belt yang lama yaitu K44.  Jadi untuk beat ini tidak ada perbedaan sama sekali di bagian CVTnya. Sedangkan, untuk kampas ganda bisa diganti dengan punyanya vario atau nmax.