Dampak Negatif Menggunakan Gadget yang Harus Kamu Waspadai!

Kehidupan saat ini sudah sulit untuk terlepas dari penggunaan gadget. Dalam kegiatan sehari-hari, gadget sudah menjadi kebutuhan baik untuk berkomunikasi, sarana hiburan bahkan untuk bekerja. Teknologi memang mempermudah aktivitas dalam kehidupan manusia. Namun, ada kalanya kita mendapatkan dampak negatif menggunakan gadget ketika penggunaannya dilakukan secara berlebihan atau tidak tepat. Oleh karena itu, beberapa hal di bawah ini penting untuk diperhatikan kita para pengguna gadget.

Dampak Negatif Menggunakan Gadget

Menghambat Interaksi Nyata

Read More

Pernahkah kamu menyaksikan ada sekumpulan orang yang duduk bersama di tempat umum, kafe, restoran atau bahkan di rumah namun tidak saling berinteraksi dan malah sibuk dengan ponselnya masing-masing? Jika pernah atau bahkan sering, maka inilah salah satu dampak negatif menggunakan gadget yang nyata terjadi di sekeliling kita. Hal ini dapat mengakibatkan sensitivitas terhadap sekitar memudar. Sehingga kita menjadi kurang peka dengan keadaan karena minimnya interaksi yang seharusnya terjadi.

Menjauhkan yang Dekat

Gadget adalah pemangkas jarak yang cukup efisien ketika kita harus berkomunikasi dengan orang yang jauh secara fisik. Sehingga  memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Namun, ketika kita tidak bijak, maka hal ini justru dapat menimbulkan dampak negatif menggunakan gadget. Fungsi alat komunikasi yang satu ini adalah untuk mempersingkat dan memangkas jarak ketika kita betul-betul perlu untuk berkomunikasi. Namun, pernahkah kamu menyadari jika terlalu berlebihan menggunakan smartphone dapat menjauhkan apa-apa yang sudah dekat ketika kamu sibuk sendiri bermain ponsel di tengah kumpulan manusia yang seharusnya bisa saling berinteraksi?

Menjadi Malas

Menjadi malas merupakan dampak negatif menggunakan gadget yang sering terjadi. Apakah kamu salah satunya? Coba perhatikan, berapa waktu yang kamu gunakan untuk bermain gadget dalam sehari? Menggunakan gadget sebagai media hiburan atau bermedia sosial tidak salah. Namun jika tidak dimanfaatkan secara bijak maka hanya akan menimbulkan kerugian. Kamu menjadi malas untuk beraktivitas. Berhadapan terlalu lama dengan gadget juga dapat memengaruhi kesehatan.

Mengganggu Kesehatan

Apakah kamu terbiasa mengutak-atik gadgetmu sebelum tidur? Atau bahkan sepanjang waktu? Come on, masih banyak aktivitas lain yang harus dan bisa kamu lakukan selain hanya asik dengan layar ponselmu. Cobalah untuk meninggalkan kegiatan itu, karna dampak negatif menggunakan gadget secara berlebihan bisa muncul dan mengganggu kesehatanmu. Secara logika, kamu bisa begadang karena asik bermain gadget dan tanpa sadar hal itu telah menjadi candu sehingga kamu melakukannya setiap malam. Tidurmu menjadi lambat, dan aktivitas pagimu menjadi terhambat karena kamu selalu ingin tidur lagi dan tidur lagi akibat kantuk yang dihasilkan oleh kegiatan begadang. Selain menghambat aktivitas pagi, kesehatanmu bisa terganggu karena waktu tidur malam yang seharusnya menjadi waktu istirahat bagi organ tubuh tidak terjadi.

Meningkatkan Konsumerisme

Semakin banyak informasi yang diperoleh dari gadget, semakin pula kita ingin melakukan berbagai hal melalui gadget tersebut. Salah satunya adalah belanja online melalui berbagai macam aplikasi yang tersedia pada gadgetmu. Semakin mudah, maka kamu bisa semakin sering melakukannya. Hingga tanpa terasa kemudahan itu menjadi salah satu dari dampak negatif menggunakan gadget. Kamu menjadi konsumtif karena segala hal bisa dilakukan dengan mudah. Hal itu tentu sangat tidak baik, jadi gunakanlah teknologi secara bijak dan jangan sampai kamu konsumerisme menguasai dirimu.

Setiap hal tentu memiliki sisi positif dan negatif. Sehingga dampak negatif menggunakan gadget ini pun perlu disikapi secara bijaksana. Jangan juga sampai terlalu paranoid dan anti teknologi. Maka jadilah pengolah informasi yang cerdas dan bijak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *