Fitur BRIZZI pada aplikasi BRILink mobile

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu fitur yang ada di aplikasi BRILink mobile, fitur  apa itu? Kita bahas bersama-sama secara santai dan dengan bahasa yang ringan-ringan saja yang mudah dimengerti oleh Orang seperti saya yang selalu ingin tahu akan hal baru didunia digital.

Fitur aplikasi BRILink mobile yang akan saya bahas kali ini adalah Fitur BRIZZI.

Read More

Apa itu BRIZZI? BRIZZI?

Brizzi adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh Bank BRI sebagai satu alat pembayaran digital yang berbentuk kartu mirip dengan kartu ATM bertuliskan BRIZZI dengan tulisan besar dan dibawahnya bertuliskan Uang Isi Ulang BRI dengan huruf kecil, dari tulisannya bisa ditebak bahwa ini adalah semacam e-money yang bisa buat belanja atau bayar di merchant-merchant yang sudah bekerjasama dengan Bank BRI.

Memang dijaman era digital seperti sekarang ini hampir semua produk menuju kepada menggunakan, memanfaatkan teknologi digital dari yang namanya pembelian dan pembayaran sampai dengan hal terkecil sekalipun sudah memanfaatkan teknologi digital ini.

Kita contohkan adalah alat pembayaran,  dulu tidak ada yang namanya bayar sesuatu yang dibeli dengan gesek kartu, jangankan gesek kartu menurut cerita Orang – Orang terdahulu khususnya Orang tua saya sendiri yang tahun ini menginjak usia 74 tahun yang artinya seumur dengan kemerdekaan Republik Indonesia, memang belum mengenal yang namanya dunia digital, bahkan pada yang namanya Bank juga katanya bisa dibilang asing hanya tahu namanya saja, dan hanya beberapa kelompok tertentu dari Masyarakat yang bisa mengakses perbankan pada waktu itu.

Dijaman sekarang dengan berkembangnya dunia digital banyak sekali Perusahaan-Perusahaan tidak mau ketinggalan, Mereka seakan berlomba untuk masalah satu ini, seperti bank BRI mengeluarkan produk uang digital dengan nama BRIZZI dan Bank lainnya juga mengeluarkan produk yang sama manfaatnya seperti Flazz dikeluarkan oleh Bank BCA, e-money Bank Mandiri, dan Tapcash Bank BNI.

Cara kerja dari kempat alat pembayaran digital ini adalah sistem prabayar, pengguna menyimpan dulu sejumlah dana dikartu dengan sistem chip yang menyimpan data yang diperlukan terhubung jaringan nirkabel dengan server pihak perusahaan terkait dalam hal ini adalah Bank penerbit,  tempat pengisian atau isi ulang alat pembayaran digital ini bisa di Bank lain selain Bank penerbit, di chanel atau merchant yang sudah bekerjasama dengan penerbit kartu pembayaran digital.

Untuk diartikel ini saya tidak akan membahas Flazz, e-Money, dan Tapcash, kali ini yang ingin saya bahas adalah BRIZZI BRI, apa itu RIZZI? sudah dijelaskan diatas, sekarang akan kita bahas adalah dimana tempat isi ulang untuk e-money ini?

Salah satunya bisa di mesin EDC Agen BRILink ataupun BRILink mobile, tetapi untuk diaplikasi BRILink mobile tidak semua bisa karena tergantung dari smartphone yang digunakan oleh si Agen itu sendiri yang harus suport fitur Near field Communication (NFC) apa itu NFC kita bahas pada artikel berikutnya.

Sepertinya hanya beberapa Agen BRILink mobile yang bisa melayani pembayaran BRIZZI BRI termasuk saya juga belum bisa dan memang ditempat saya tinggal tidak ada yang menggunakan kartu BRIZZI. Agen BRILink mobile yang belum bisa atau belum memiliki smartphone suport NFC yang ingin melayani pembayaran atau topup BRIZZI kayanya harus merogok kocek lagi untuk membeli smartphone lagi, untuk informasi saja berikut adalah pilihan smartphone yang suport NFC dengan harganya masih dikisaran 1-3 juta:

  • Apple Iphone SE dengan kisaran harga Rp.2.350.000,-
  • Motorola Moto G5S Plus dengan kisaran harga 2.300.000,- – 2.400.000,-.
  • LG K10 92017) dengan kisaran harga 1.300.000,- – 1.400.000,-
  • Nokia 6 dengan kisaran harga 1.600.000,- – 1.700.000,-
  • Motorola Moto E4 Plus 1.500.000,- – 1.600.000,-
  • Xiomi Mi Note 3 kisaran 1.300.000,- – 1.400.000,-
  • Huawei Nova 2i Mate 10 Lite Maimang 6 kisaran harga 2.200.000,- – 2.300.000,-
  • Sony Experia L1 dengan kisaran harga 2.000.000,- – 2.100.000,-
  • Nokia 3 dikisaran harga 1.200.000,- – 1.300.000,-
  • Samsung Galaxy A6 dikisaran harga 2.700.000,- – 2.800.000,-

BRIZZI yang dirilis pada akhir 2011 sudah bekerjasama dengan beberapa merchant  di Indonesia seperti, Indomart, Alfamart, POM Bensin Pertamina, dan untuk pembayaran transportasi seperti Comuter Line Jakarta, dan Trans Jakarta dan yang lainnya yang tidak saya ketahui.

Dengan BRIZZI semua jadi mudah simpel untuk dibawa-bawa, belanja tanpa kembalian, dan juga untuk mendapatkan BRIZZI mudah tanpa harus registrasi atau memiliki rekening BRI dengan maksimal dana yang tersimpan di kartu BRIZZI adalah Rp. 1.000.0000,-.

Untuk penggunaan fitur topup BRIZZI pada aplikasi BRILink mobile saya sebagai Agen tidak bisa menjelaskannya karena saya belum pernah menggunakannya dan smartphone yang saya gunakan juga tidak suport NFC, jadi mohon maaf di artikel ini saya hanya menjelaskan apa itu BRIZZI dan seperti apa fitur BRIZZI dalam aplikasi BRILink mobile, untuk pertanyaan apa itu BRIZZI sudah dijelaskan diatas, dan mengenai fitur BRIZZI adalah sarana untuk melakukan topup uang digital atau e-money yang dikeluarkan oleh bank BRI yang diberi nama BRIZZI BRI dengan bantuan fitur NFC pada smartphone yang digunakan.

Mungkin cukup sekian untuk penjelasan apa itu fitur BRIZZI di aplikasi BRILink, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.