Fitur kirim pesan Google Maps hanya untuk diversi seluler

  • Whatsapp

Satu fitur kirim pesan pada Aplikasi Google Business di Google Maps, dimana dengan fitur kirim pesan ini para Pengunjung bisa langsung berkirim pesan melalui web pada pemilik Bisnis yang sudah tertampil di Google Maps, dan terverifikasi bahwa ialah Pemiliknya.

Fitur ini setelah saya coba praktekan, saya baru bisa menemukan fitur kirim pesan ini terbatas hanya pada perangkat seluler atau smartphone saja, sedang pada web browser yang menggunakan komputer tidak ditemukan fitur kirim pesan pada Google Business yang tampil di Google Maps.

Read More

Saya rasa fitur kirim pesan ini hanya bisa digunakan atau dikhususkan untuk versi seluler saja, karena memang untuk berkirim pesan dengan fitur ini menggunakan smatprhone untuk menerima notifikasi balasan dari Pemilik yang kita hubungi. Pesan Pelanggan melalui Fitur pesan Google Bisnis ini bisa dibaca oleh Pemilik resmi tempat Bisnis dari aplikasi Google Business yang sudah terinstal di smartphone-nya.

Pelanggan berkirim pesan dari Google Business di Google;

Pelanggan bisa mengirim pesan melalui Web Browser dari smartphone dan atau langsung dari aplikasi Google Maps, tetapi ada beberapa Tempat Bisnis di Google Maps yang tidak ada tombol pesannya” itu disebabkan Pemilik Bisnis belum mengaktifkan fitur pesan ini.

Pemilik Menerima Pesan Dari Google Business Dari Google Maps;

Pastikan Pemilik sudah mengaktifkan fitur kirim pesan ini, bisa dari web browser smartphone dan pastikan sudah masuk dengan akun Google yang terdaftar di Google Business, lalu klik pada pada menu Pelanggan ada dibawah, pilih Pesan, klik Aktifkan, dan atau pada saat pertama kali membuka pada sebelum diaktifkan akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan fitur pesan ini Anda tinggal klik saja aktifkan.

Kedua dari aplikasi Google Business, pastikan aplikasi sudah terinstal bila belum, instal dulu dari Google Play Store untuk Android dan di IOS Play Store untuk pengguna smartphone merk Apple, selanjutnya sama seperti di web browser mobile yang dijelaskan diatas.

Pada intinya berkirim pesan di Google Business ini Pelanggan bisa mengirim pesan dari web browser di smartphone dan atau dari aplikasi Google Maps, bila Pemilik membalas maka akan otomatis menerima notifikasi seperti kita menerima pesan whatsapp dan lainnya namun jangan samakan seperti kita berkirim pesan via whatsapp, pesan yang terkirim dan pesan balasan melalui fitur pesan Google bisnis ini akan mengalami delay yang bisa dibilang lama,  seperti itu yang saya rasakan dalam mencoba fitur pesan Google Business ini.

Bagi Pelanggan bisa berkirim tanpa harus instal aplikasi Google Business dan untuk Pemilik sebaiknya instal dulu aplikasi Google Business, karena Pesan dari Pelanggan hanya bisa dibaca melalui aplikasi Google Business.

Berikut adalah gambaran dari berkirim pesan melalui fitur kirim Pesan Google Bisnis dengan Google Maps,

Gambaran Contoh Berkirim Pesan Dengan Google Maps.

https://2.bp.blogspot.com/-doe_-iveFxA/XC4WUBhqRxI/AAAAAAAADrk/cvBLEWk9hMoRbMLccKs4m8xAYpn2rH6ewCLcBGAs/s320/Kirim-pesan-Google-Maps.jpg

Gambar diatas menunjukan Fitur pesan yang diterima oleh Pemilik Bisnis diaplikasi Google Business maupun diweb browser smartphone. Seperti itu adalah cara membuka pesannya dengan klik pada menu Pelanggan, klik Pesan, lalu pilih yang mana pesan yang ingin Anda / Pemilik Bisnis balas ditunjukan panah 1 dan 2.

https://4.bp.blogspot.com/-8XpZpltn0OA/XC4XK4BifpI/AAAAAAAADrw/jKIVNDMTl_UPjWjuZAJRImOxhtSw7eemQCLcBGAs/s320/Fitur-kirim-pesan-Google-Business-web-komputer.jpg

Gambar diatas menunjukan bila Pemilik membuka pesan melalui Google Business di versi Komputer, Pemilik akan tetap diarahkan untuk mendownload dan instal aplikasi Google Business.

https://1.bp.blogspot.com/-Al80JEEul0o/XC4XrHjVuDI/AAAAAAAADr8/WUjeleC3ax8rrL12ygZNT7fSoicXr5_RACLcBGAs/s320/Kirim-pesan-Google-Business.jpg

Gambar diatas menunjukan Cara mengirim pesan kepada Pemilik bisnis dengan membuka dulu tempatnya di Google Maps bila sudah ketemu tinggal klik pada Pesan seperti gambar 1 dan akan terbuka seperti gambar ke-2, dan untuk notifikasi balasan akan terlihat seperti gambar dinomor 3.

Seperti itulah gambaran penggunaan fitur kirim pesan pada Google Business yang sudah ditampilkan di Google Maps, saya coba praktekan pada karena rasa penasaran saya pada fitur ini.

Cukup sekian semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *