Fitur menu BRIVA BRILink Mobile untuk bayar apa transfer?

Pada kali ini saya akan mencoba menjelaskan satu fitur pada menu aplikasi BRILink Mobile yaitu fitur BRIVA BRI Virtual Acount.

Apa itu BRIVA?

BRIVA atau BRI Virtual Acount adalah serangkaian kode unik terdiri dari 15 s/d 17 digit angka sebagai rekening tujuan pembayaran yang kebanyakan secara umum BRIVA digunakan oleh Perusahaan-Perusahaan untuk mepermudah para Konsumennya dalam melakukan pembayaran tagihan sebagai contoh adalah seperti online shop Bukalapak, Tokopedia dan untuk Asuransi seperti BPJS Kesehatan dan juga ada beberapa Perusahaan Leasing dan sebagainya.

Read More

Jumlah kode unik BRIVA sepengetahuan saya dari beberapa transaksi yang saya lakukan jumlah digitnya berbeda-beda ada yang 15 ada juga 17, contohnya kode BRIVA Tokopedia adalah 17 digit termasuk kode Perusahaannya, dan untuk BPJS Kesehatan adalah 16 digit dan untuk yang 15 digit seperti MMBC dan pembayaran Premi BRINGIN Life.

Nomor BRIVA dari setiap Perusahaan dibedakan dengan 5 kode didepan Virtual Acount seperti sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya Cara transaksi bayar BRIVA pada Aplikasi BRILink Mobile dan untuk Agen yang mengunakan mesin EDC BRILink dalam bertransaksinya bisa dibaca diartikel yang ini.

Pada awal-awal beberapa nomor BRIVA dari beberapa Perusahaan tidak bisa ditransaksikan di aplikasi BRILink Mobile seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Payfazz dan baru pada akhir 2018 BRIVA Perusahaan-Perusahaan tersebut baru bisa ditransaksikan di aplikasi BRILink.

BRIVA transfer apa Bayar?

Lalu Fitur menu BRIVA BRILink Mobile untuk bayar apa transfer? Pada intinya sama saja yaitu memindahkan dana dari rekening satu kerekening lainnya, mungkin yang membedakan adalah pada kebanyakan rekening BRIVA lebih banyak digunakan untuk pembayaran secara otomatis terverifikasi oleh sistem jadi Pengirim tidak perlu lagi konfirmasi kepada Penerimanya.

Kita contohkan adalah pembayaran online shop Tokopedia setelah chek out belanjaan dan masuk ke pembayaran maka bila kita menggunakan BRIVA dana akan langsung terkonfirmasi oleh sistem setelah dilakukan pembayaran, berbeda dengan bila menggunakan transfer manual maka akan membutuhkan waktu sampai dengan 15 menit sampai pembayaran terkonfirmasi.

Rekening BRIVA sepengalaman saya tidak bisa ditransfer mengunakan fitur transfer pada BRILink Mobile, EDC maupun ATM. BRIVA termasuk kedalam fitur terpisah dan atau masuk pada menu pembayaran.

Jadi jawabannya dari pertanyaan diatas menurut saya adalah “bayar“dengan merequest terlebih dadulu baru setelah itu kita melakukan pembayaran seperti dicontohkan pada pembayaran Tokopedia diatas. Ada juga yang tidak perlu request hampir sama dengan transfer biasa, berapapun yang akan kita bayarkan atau transferkan. Dan ada juga membayar sesuai tagihan yang keluar semacam bayar tagihan listrik pada umumnya.

Virtual Acount BNI;

Sesuai namanya seperti dikutip dari bni.co.id Virtual Acount adalah sebagai nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuat oleh Bank sesuai permintaan perusahaan dan selanjutnya akan diberikan kepada pelanggan oleh perusahaan untuk perorangan dan atau korporasi.

Untuk fitur Virtual Acount dan penjelasannya bisa dilihat dilink ini, dan untuk BRI Virtual Account saya rasa tidak akan jauh beda dengan yang dijelaskan disitusnya Bank BNI.

Sekian dan terimakasih sudah mau membaca sampai sini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *