Foto Traveling Makin Hits, Simak Panduan Sederhana Ini

  • Whatsapp

Travelling adalah kegiatan menjelajah destinasi yang dilakukan baik sendiri maupun bersama orang – orang terdekat. Travelling erat kaitannya dengan kegiatan yang dinamakan fotografi, baik fotografi alam atau pemandangan, fotografi pribadi, foto essay atau foto yang lainnya.

Tak sedikit orang yang membawa kamera ke tempat wisata atau saat travelling untuk mempotret diri atau pemandangan sekitar guna dijadikan kenang – kenangan. Kamera yang dibawapun beraneka ragam. Mulai dari kamera yang kualitasnya sederhana seperti kamera pada ponsel atau kamera dengan resolusi tinggi seperti mirrorless atau DSLR.

Read More

Buat kalian  anak millenial tentunya sangat gemar memotret karena hasil fotonya bisa diunggah ke akun media sosial. Selain bisa menambah wawasan, travelling juga bisa menambah feed di instagram agar followersmu semakin banyak. Tetapi, bagaimana mendapatkan foto yang bagus yang disukai banyak orang? Kali ini kita akan memberi beberapa tips agar foto travellingmu makin hits di akun media sosial. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini!

1.  Persiapkan outfit yang kece

Tips yang pertama adalah mempersiapkan outfit yang bagus. Seringkali orang mengabaikan outfit yang akan mereka gunakan. Pastikan outfit yang kalian pakai sesuai dengan travelling yang akan dikunjungi. Misalnya, jika kalian akan berkunjung ke pantai maka siapkan pakaian yang longgar atau kain pantai dan topi lebar agar tetap nyaman nan modis.

Tambahkan juga unsur warna – warna cerah yang kontras seperti biru, merah atau kuning untuk foto – foto berlatar perairan pantai yang biru. Ditambah semburat warna jingga keemasan ketika selepas senja, tentunya warna – warna alami ini akan menambah pesona foto travelling yang diihasilkan.

2.  Persiapkan properti

Setelah kita mempersiapkan outfit yang keren selanjutnya adalah mempersiapkan properti. Properti yang bisa digunakan sebagai penunjang foto travelling tergantung dengan tema yang ingin ditampilkan

Sebagai contoh, jika kalian mengunjungi pantai, properti yang bisa dipersiapkan seperti kacamata hitam, topi pantai lebar, kain atau sarung pantai, keranjang piknik, dan sebagainya. Properti ini akan menyempurnakan fotomu agar terlihat makin berkesan.

3.  Pemilihan waktu yang sesuai

Salah satu aspek penting dalam fotografi adalah pencahayan yang cukup karena cahaya sangat berpengaruh besar terhadap foto yang akan dihasilkan. Waktu yang baik untuk mengambil gambar adalah pada saat cahaya matahari masih lembut. Yaitu di pagi hari dan sore hari. Tetapi, ada juga beberapa fotografer yang menyukai pemotretan di siang hari dengan filter kamera tertentu.

Selain, itu jika kalian suka dengan senja maka kalian bisa mengambil gambar saat 1 – 2 jam sebelum matahari terbenam. Foto – foto berlatar panorama senja begitu spektakuler dengan cahaya alami yang sangat indah. Akan tetapi, jika kalian mengambil foto pada pagi hari, kalian akan lebih leluasa menguasai area destinasi wisata dikarenakan belum banyak pengunjung yang datang. Jadi, kalian tidak perlu mengantri atau terganggu kerumunan para pengunjung lain.

4.  Ambil gambar dengan proporsi yang bagus

Seringkali seseorang mengambil gambar dengan asal – asalan, akhirnya hasil yang dihasilkan tidak bagus atau kurang memuaskan. Pilihlah tempat antara objek dengan kamera sesuai dengan proporsi. Dan fokuskan kamera ke objek yang ada di depan.

Jika kalian terbiasa mengambil gambar dengan posisi duduk atau berdiri maka cobalah untuk mengambil gambar dari angle yang berbeda misalkan sedikit meninggi atau sedikit merendah. Dengan begitu foto yang dihasilkan beda dari sebelumnya. Selain itu, cobalah untuk mengambil foto sesederhana mungkin karena biasanya foto sederhana dapat membawa pesan dan kesan yang kuat terhadap penikmat foto.

5.  Gunakan aplikasi edit foto

Jika kalian melihat foto – foto para selebgram, kebanyakan foto travelling mereka sangat memukau. Tapi, jangan dikira jika mereka menghasilkan foto tanpa mengedit fotonya terlebih dahulu. Mereka tentunya mengedit foto dengan menggunakan berbagai aplikasi yang sudah ada di pasaran.

Di antaranya seperti aplikasi Vsco, Lightroom atau aplikasi lain yang semacam itu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah berlatih bagaimana agar bisa mengedit foto yang bagus tapi tidak terkesan berlebihan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *