Fungsi header dan footer pada desain blog atau website

Desain Visual Blog Perlu Perhatikan Header Dan Footer Untuk Berikan Penampilan Terbaik. 

Ketika Anda sedang membuat sebuah dokumen dengan menggunakan Word, maka Anda akan tidak asing lagi dengan header dan footer. Fungsi header dan footer ini akan membuat tampilan dari dokumen yang sedang Anda kerjakan tersebut menjadi lebih rapi dan terasa nyaman untuk dibaca. Namun, tentu saja keduanya adalah hal yang berbeda dan memiliki fungsi masing-masing. Begitu pun dengan blog atau website juga tidak luput dari keterlibatan header dan footer untuk bisa memberikan tampilan website keren. Header dan footer merupakan bagian elemen yang penting dari website Anda.

Read More

Apakah Perbedaan Header Dan Footer?

Header dan Footer adalah dua hal yang berbeda. Ketika Anda memiliki sebuah blog atau website, maka header dan footer ini merupakan dua hal yang akan selalu Anda temukan. Di mana header merupakan bagian atas di website Anda. Letaknya yang paling atas ini biasanya berisikan tulisan yang berukuran lumayan besar, baik berupa sebuah nama situs, lembaga, maupun institusi yang disertai dengan adanya pemberian logo dan sedikit deskripsi dari nama tersebut. Lalu biasanya di bagian pojok kanan atas juga Anda bisa menjumpai adanya kolom pencarian. Namun, hal ini biasanya juga disesuaikan dengan penataan layout. Sedangkan footer adalah kebalikan dari header yang letaknya berada di paling bawah blog atau website Anda. Biasanya di bagian footer ini Anda akan bisa menjumpai adanya informasi mengenai hak cipta, kepemilikan, sumber daya, link tambahan, sponsor-sponsor yang ada. Namun, bagian footer ini juga dapat dijadikan sebagai tempat yang akan dijadikan untuk menampilkan widget.

Header Dan Footer Sebagai Bagian Dari Desain Visual

Memiliki blog atau website bukan saja harus memikirkan konten apa yang harus Anda letakkan di dalam blog tersebut. Hal tersebut penting, namun desain visual juga tidak kalah penting. Penglihatan setiap orang yang pertama kali pasti akan tertuju pada desain yang dibangun di dalam blog atau website tersebut. Karena jika desainnya tidak menarik, maka untuk membaca konten di dalamnya pun akan terasa malas bahkan akan merasa tidak betah berlama-lama di dalamnya.

Dan salah satu yang perlu diperhatikan dari desain visual ini adalah header dan footer karena fungsi header dan footer sangat lah berbeda. Namun keduanya menjadi komponen yang amat penting dalam mendukung tampilan sebuah blog atau website. Tampilan ini lah yang juga akan membentuk sebuah kredibilitas di mata pengunjung akan blog tersebut. Apalagi jika blog tersebut juga selalu mengikuti dengan perkembangan zaman yang kekinian. Hal tersebut akan lebih mudah untuk menarik perhatian pengunjung.

Desain visual akan tampak indah jika struktur di dalamnya tersusun dengan rapi. Misalnya saja penyusunan header dan footer yang diatur secara seragam di setiap halamannya. Karena dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah untuk mengetahuinya. Jadi, peletakan dan penyusunan header dan footer pada blog Anda sangat lah perlu diperhatikan dengan baik. Fungsi header dan footer harus lah disesuaikan agar bisa memberikan tampilan blog yang enak untuk dipandang.