Gagal membeli Token PLN “nomor rekening PLN diblokir”

  • Whatsapp

Apakah Anda sebagai Pelanggan PLN pernah mengalami gagal dalam membeli Token PLN?

Alasan dari tempat membeli adalah gagal nomor rekening salah padahal nomor rekening atau nomor meter sudah benar dan selalu digunakan pada setiap melakukan pembelian Token PLN.

Read More

Memang bila melakukan pembelian dikonter atau agen-agen umum tempat pembelian Token PLN informasinya akan seperti itu, tetapi bila melakuan pembelian di Agen BRILink yang menggunakan aplikasi BRILink Mobile atau EDC akan diketahui kenapa nomor rekening / meter tidak bisa diisi pulsa.

Seperti yang saya alami sebagai Agen BRILink dalam melayani Pelanggan yang ingin membeli Token tetapi gagal dengan pemberitahuannya adalah “KONSUMEN <NOMOR PELANGGAN> DIBLOKIR HUBUNGI PLN”.

Tentu gagal dalam hal ini nomor rekening tidak ditemukan/tidak valid bisa terjadi karena memang nomor rekening PLN diblokir oleh pihak PLN, kenapa?

Dari beberapa kejadian yang saya ketahui dari seringnya Pelanggan yang datang ke Agen BRILink saya mengalami hal sama.

Bisa disimpulkan bahwa nomor rekening PLN diblokir yang sering terjadi adalah diakibatkan ada tunggakan yang belum dibayarkan pada saat sebelum migrasi ke KWH Meter Prabayar / Token, dan atau ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan oleh Pelanggan diakibatkan ada pelanggaran dan terkena P2TL (Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik), lebih jelasnya nanti saat pembayaran akan dijelaskan oleh pihak PLN.

Tunggakan sering tidak disadari oleh Pelanggan.

Dalam hal tunggakan bisa terjadi tanpa disadari oleh Pelanggan setelah migrasi kwh pascabayar ke prabayar.

Pelanggan merasa sebelum migrasi sudah melakukan pembayaran tetapi secara tidak disadari bahwa sebelum KWH prabayar terpasang ada pemakaian yang belum terbayar dibulan berikutnya dan tercatat oleh petugas PLN.

Namun karena status KWH sudah berubah menjadi prabayar maka saya kira tagihan menjadi tidak tertagihkan, tetapi secara administrasi tagihan tetap tercatat dan suatu saat sesuai aturan yang berlaku akan dilakukan tindakan seperti pemblokiran nomor rekening/meter dan pelanggan harus membayar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan listrik kembali.

Contoh yang mengakibatkan nomor diblokir.

Sebagai contoh Anda mengajukan Migrasi PLN dari KWH pascabayar ke prabayar pada tanggal 10 januari atau setelah membayar tagihan pemakaian bulan sebelumnya, dan kemudian pemasangan KWH atau penggantian KWH pascabayar dengan  prabayar pada tanggal 20 dibulan yang sama, maka Anda masih menggunakan 20 hari KWH pascabayar Anda yang seharusnya dibayarkan pada bulan berikutnya yaitu bulan pebruari.

Saya kira itulah salah satu yang menyebabkan terjadinya pemblokiran karena ada tunggakan pemakaian pada sebelum dilakukannya penggantian KWH meter setelah melakukan pengajuan migrasi, saya sendiri pernah mengalami hal itu.

Satu lagi yang menyebabkan nomor rekening/meter di blokir diakibatkan ditenggarai ada pelanggaran oleh pelanggan yang terdeteksi oleh P2TL PLN yang melakukan pemeriksaan.

Baru-baru ini di daerah saya sendiri bisa dibilang banyak pelanggan yang tiba-tiba mengalami kena blokir bahkan ada yang sampai nominal 2,4 juta untuk KWH 2 paket, mungkin bila dibandingkan dengan membeli KWH baru itu masih lebih mahalan tunggakan yang harus dibayar.

Bisa saja membeli KWH baru dengan disiasati menggunakan identitas Orang lain tetapi ini tidak disarankan karena menyalahi aturan dan juga suatu saat tunggakan akan dilimpahkan ke nomor ID PLN yang baru bila titik koordinat dan pemilik suatu saat ditemukan duplikat oleh PLN.

Sekecil apapun nominal tunggakan seperti saya pernah bayarkan tagihan tunggakannnya hanya Rp.318,- akan tercatat dan pada saatnya akan dilakukan tindakan, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi nomor PLN diblokir.

Caranya sangat mudah tinggal Anda datang saja langsung kekantor PLN terdekat dengan membawa rekening PLN yang diblokir dan nantinya setelah dilakukan pengecekan pihak PLN akan menjelaskan perihal masalah yang terjadi dan akan dijelaskan juga cara pembayarannya.

Selanjutnya Pelanggan akan mendapatkan nomor rekening untuk membayar tunggakannya, nomor rekening akan diberikan per satu bulan (bila tunggakannnya adalah 2 bulan maka Pelanggan akan mendapatkan 2 nomor rekening, begitupun seterusnya).

Selanjutnya Pelanggan bisa membayar dimana biasa membayar bulanannya atau tempat membeli Token, namun saat pembayaran jangan lupa bilang ke Agennya “bayar non taglis PLN”, karena pembayarannya berbeda dengan pascabayar maupun prabayar.

Setelah melakukan pembayaran semua tunggakan maka akan otomatis dalam waktu kurang dari 5 sampai 15 menit nomor rekening PLN prabayar Anda akan bisa diisi pulsa kembali seperti biasa.

Mungkin sekian ulasan dari¬†Gagal membeli Token PLN “nomor rekening PLN diblokir” yang saya tahu dari petugas PLNya yang pernah saya tanyai, bila ada kekurangan silahkan bisa tambahkan di komentar dibawah ini. Terimakasih sudah berkunjung.

Update

Pembayaran rekening yang terkena Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) baru-baru ini bisa dicicil, misalkan Pelanggan memiliki tagihan 5 bulan dengan 5 nomor rekening tagihan P2TL maka bayar saja 1 rekening setelah dibayar tunggu sekitar 5 menit sampai 15 menit lalu lakukan pembelian pulsa Token kembali, bila masih diblokir silahkan hubungi kantor PLN terdekat

Rekening kembali bisa diisi Token namun tentunya kedepannya akan diblokir kembali pada pembelian Token selanjutnya namun untuk waktunya tidak diketahui belum mendapatkan informasi. Untuk selanjutnya Pelanggan harus membayar kembali tagihan P2TL rekening berikutnya dan barulah isi Token kembali.

Disarankan, untuk memberikan waktu yang lebih untuk menyiapkan dana untuk pembayaran rekening selanjutnya sebaiknya beli pulsa Token dengan nominal yang cukup.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. ngibul melulu….
    pake bahasa konsumen tidak sadar pula..
    kalo gak sadar waktu migrasi ke token jangan diproses. yang kagak sadar siape?
    tuh duit pembayaran migrasi dimakan siape…?