Hanya Sebuah Pendapat dari Seorang Agen BRILink

  • Whatsapp

Tadi malam saya melihat sebuah artikel yang judulnya kira-kira “Hati-hati menjadi agen BRILink karena banyak fee yang tidak dibayarkan bank BRI”. Saya sangat tertarik pada judul artikel ini karena saya sendiri adalah seorang agen BRILink yang sudah menjalankan BRILink lebih dari satu tahun. Saya membaca artikel tersebut sampai selesai dan isinya berupa keluhan seorang agen BRILink mengenai transaksi gagal tapi saldo terdebet dan fee yang tidak dibayarkan.

Selama lebih dari satu tahun saya melakukan transaksi dengan mesin EDC, saya pun pernah mengalami masalah gagal transaksi dengan saldo terdebet beberapa kali. Memang betul kalau terjadi hal seperti itu urusannya jadi ribet. Harus mengajukan keluhan ke call center dan membutuhkan waktu beberapa hari kerja agar uang kita bisa kembali. Karena itu, seorang agen BRILink harus terus berhati-hati dalam mengoperasikan mesin EDC karena kita melakukan banyak transaksi setiap harinya, karena itu kita harus selalu mencatat hasil transaksi, lakukan pembukuan yang rapi dan teratur juga sering-sering mengecek saldo dan mutasi rekening. Jika transaksi gagal jangan langsung mengulang transaksi tapi cek saldo terlebih dulu, pastikan saldo kita tidak terdebet pada saat transaksi gagal tadi. Dan kalaupun saldo kita terdebet sementara uang tidak sampai ke rekening tujuan, segera ajukan keluhan ke call center, agar uang kita bisa segera kembali.

Read More

Kalau masalah fee yang tidak dibayarkan, terus terang selama satu tahun ini saya tidak begitu memperhatikan rinciannya, tapi saya selalu pastikan saya mendapat akumulasi fee tersebut setiap harinya. Untuk transaksi hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya selalu dibayarkan pada hari Senin atau Selasa.

https://agenbrilink.files.wordpress.com/2016/02/0cfba-kreditmerchant.jpg?w=300

Saya tidak begitu memperhatikan rincian fee yang dibagikan BRI karena saya lebih fokus pada fee tambahan yang kita dapatkan dari nasabah, meskipun fee dari BRI juga termasuk lumayan, saya bisa dapat sekitar 30 atau 40rb perharinya jadi sekitar rata-rata 1 juta per bulannya, tetapi saya tidak mau pusing dengan harus menghitung cocok tidaknya rincian fee yang kita terima.

Saya lebih tertarik pada fee tambahan yang saya dapat dari nasabah karena untungnya jauh lebih besar. Karena itu saya menganggapnya sebagai fee utama sementara fee dari bank BRI saya anggap sebagai tambahan. Karena itu saya tidak terlalu mempermasalahkan cocok tidaknya jumlah fee dengan rincian transaksi.

Tetapi ini… hanya pendapat saya pribadi saja…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *