HDD vs SSD, 5 Keunggulan SSD Yang Menjadi Pembeda

Selain pemilihan perangkat Komputer yang tepat sebelum memutuskan membelinya, SSD bisa menjadi pilihan tepat juga untuk digunakan pada perangkat Komputer yang Anda beli, SSD memproses data lebih cepat dan ringan dengan tampilan lebih ringan juga simpel dan elegan.

Saat ini, penggunaan SSD sebagai media penyimpanan pun kini semakin banyak digunakan. Bahkan, PC desktop dan laptop gaming keluaran terbaru pun turut menggunakan perangkat yang satu ini.

Read More

Sebelum membahas kelebihannya, kita harus paham tentang SSD. Sebenarnya fungsi SSD tidak jauh berbeda dengan HDD. Hanya saja, SSD memiliki komponen dan sistem pemrosesan yang sangat berbeda. Tidak seperti HDD yang terbentuk dalam lapisan-lapisan magnetik, SSD justru menyimpan semua data pada chip emory flash. Meskipun sekilas sistem tersebut sama dengan yang digunakan flashdisk, tetapi flash memory pada SSD lebih unggul dalam hal kecepatan.

Lalu, apa saja keunggulan SSD dibadingkan HDD sebagai media penyimpanan data?

1.Ukuran & Berat

HDD vs SSD, 5 Keunggulan SSD Yang Menjadi Pembeda

Komponen atau material yang ada pada HDD memang memiliki massa yang tergolong berat. Komponen tersebut di antaranya ialah platter, head, dan lainnya. Selain itu, teknologi pemrosesan HDD yang bergantung pada piringan turut mempengaruhi ukurannya HDD tersebut. Lain dengan SSD yang tidak menggunakan piringan cakram, menjadikan ukuran SSD bisa diminimalkan hingga menjadi 2,5 inci saja. Dengan size tersebut, tentunya SSD dapat lebih mudah beradaptasi pada laptop atau tablet keluaran terkini yang memiliki dimensi dan ukuran yang super tipis.

2.Prinsiip Kerja Komponen

HDD vs SSD, 5 Keunggulan SSD Yang Menjadi Pembeda

Proses penulisan dan pembacaan data pada HD tergolong masih mekanik. Berbeda sekali dengan SSD, perangkat ini justru menggunakan komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC dan microchip.

3.Kecepatan Baca Dan Tulis Data (Read & Write Speed)

HDD vs SSD, 5 Keunggulan SSD Yang Menjadi Pembeda

Teknologi SSD merupakan perkembangan dari teknologi HDD, sudah tentu akan lebih unggul dalam persoalan kecepatan. Kecepatan SSD sendiri sangat signifikan, bahkan bisa mencapai 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD berdasarkan hasil tes tertentu.

Sebagai hal yang sangat terlihat, PC atau yang sudah menggunakan SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik saja, tidak melebihi 1 menit seperti yang menggunakan HDD.

4.Hemat Daya Listrik, Lebih Ramah Penggunaan

Selain persoalan kecepatan, SSD juga lebih unggul dalam hal konsumsi daya listrik dan lebih ramah penggunaan (user friendly). Sebagai gambaran, HDD memerlukan daya lebih dari 10 watt, sedangkan SSD tidak lebih dari 1 watt saja.

Di lain hal, HDD umumnya akan menimbulkan hawa panas berlebihan saat digunakan dalam waktu lama. Berbeda dengan suhu pada SSD yang dinilai jauh lebih terjaga. Termasuk pula, kebisingan yang biasa didengar saat menggunakan HDD tidak akan ada saat beralih menggunakan SSD.

5.“Fragmentasi”, Say Good Bye

Ketika kapasitas HDD mulai penuh dengan beragam file dan data, maka data-data yang sudah tersimpan tersebut dapat terpencar. Kondisi inilah yang biasa disebut dengan fragmentasi. Kondisi ini dapat menyebabkan turunnya kinerja HDD itu sendiri. Jika hal ini terjadi, umumnya kita akan melakukan defrag untuk bisa memulihkan kinerja HDD tersebut.

Kita tidak perlu memikirkan persoalan tersebut saat menggunakan SSD karena teknologi penyimpanan pada SSD yang sudah menggunakan chip flash. So, Say good bye to fragmentation.

Itulah 5 keunggulan SSD dibandingkan dengan HDD. Harga SSD pun dibandrol lebih mahal dibanding dengan HDD. Bahkan bisa jadi selisih keduanya dengan kapasitas memori yang sama bisa sembilan kali lipat. Namun, harga tersebut tentunya sebanding dengan kecepatan, ramah penggunaan, dan daya konsumsi yang sangat rendah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *