Inilah Cara Membuat Rekening Di Bank Indonesia

  • Whatsapp

Beginilah Cara membuat rekening  di bank untuk yang akan membuka rekeing di bank yang merupakan sarana untuk menyimpan uang dan juga untuk menabung. Kelebihan menabung di bank adalah keamanan dan kepraktisan dalam menyimpan uang. Sebelum membuka rekening di bank, banyak yang masih menyimpan uang di dompet, karena uang semakin banyak, diletakkan di tempat-tempat tersembunyi seperti di bawah kasur, lemari dan lain-lain

Selain cara-cara demikian, terdapat juga menyimpan uang dengan membeli perhiasan atau benda lain yang suatu saat bsia dijual lagi. Cara-cara demikian akan semakin menyuburkan tindak kriminal karena kesempatan. Salain rawan tindak  kriminal, menyimpan uang dengan cara demikian juga akan mengurangi jumlah awal uang karena harga jual yang lebih rendah dari harga awal.

Read More

Beginilah Kemudahan Cara Membuka Rekening Di Bank Indonesia

Membuka rekening di bank bukan hal yang sulit bahkan bisa terbilang mudah, bahkan sekarang banyak cara yang dapat digunakan untuk membuka rekening di bank. Cara membuka rekening di bank diantaranya bisa langsung menuju bank bisa juga menggunakan aplikasi mobile banking, begini caranya :

Via langsung ke Bank

Cara membuka rekening di bank via langsung ke bank adalah cara yang paling banyak digunakan. Dengan cara ini, calon nasabah akan dilayani langsung oleh pihak bank, selain itu juga akan dijelaskan secara detail langkah-langkahnya dan dipandu hingga selesai. Calon nasabah hanya tinggal mengikuti apa yang dijelaskan oleh pihak bank atau biasanya oleh customer service.

Persyaratan Umum dan cara membuat rekening di bank secara langsung

1. Membawa kartu identitas

Ketika akan membuka rekening di bank, sebelum menuju bank yang perlu dipersiapkan adalah kartu tanpa pengenal seperti Kartu Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Pasport. Sedangkan jika anda adalah seorang warga negara asing, maka yang perlu anda persiapkan adalah pasport dengan keterangan sedang tinggal sementara atau menetap.

Kartu identitas diatas hanya dimiliki oleh orang yang usianya tujuh belas tahun keatas. Untuk yang dibawah umur tentu saja bisa membuka rekeningnya namun dengan pendampingan orang tua. Sekarang banyak bank yang bahkan menyediakan tabungan khusus untuk anak-anak.

2. Membawa uang sebagai setoran awal

Dalam membuka rekening bank, anda sebagai calon nasabah bank tersebut harus memberikan setoran uang kepada bank yang akan anda pilih. Setoran bank tersebut bukan biaya dalam pembuatan rekening, melainkan akan menjadi tabungan anda setelah rekening selesai dibuat. Beberapa bank memberikan gratis biaya admin, namun beberapa berbayar tapi cukup terjangkau.

Setoran awal masing-masing bank berbeda tergantung bank mana yang anda pilih. Selain perbedaan bank, perbedaan jenis tabungan juga berpengaruh terhadap setoran awal bank. Untuk itu, sebelum mengunjungi bank, ada baiknya mencari terlebih dahulu setoran awal bank .

Setoran awal Bank BRI biasanya sekitar Rp. 100.000 untuk tabungan SIMPEDES dan Rp. 250.000 untuk tabungan BRITAMA. Bank BCA Rp. 500.000 untuk tabungan Tahapan BCA dan Bank BNI Rp. 500.000ntuk BNI Taplus sedangkan Bank Mandiri Rp. 500.000 untuk jenis Tabungan Mandiri. Demikian beberapa setoran awal di bank besar di Indonesia.

3. Mengunjungi customer service di bank
4. Memilih jenis tabungan

Setelah menyiapkan kartu identitas, langsung saja kunjungi bank yang menjadi pilihan untuk membuka rekening. Selanjutnya kunjungi Customer service bank tersebut dan pilih jenis rekening yang disediakan bank.

5. Mengisi formulir

Di customer service ini kartu identitas akan diminta untuk di fotocopy. Selain itu disini juga akan diberikan formulir untuk diisi calon nasabah. Fungsi dari pengisian formulir ini untuk memproses data anda sebagai calon nasabah bank.  

6. Pembuatan buku tabungan dan kartu ATM

Setekah pengisian formulir, maka customer service akan melanjutkan untuk pemrosesan pembuatan buku tabungan. Calon nasabah akan diminta sidik jari dan tanda tangan digital. Setelah selesai, calon nasabah akan dibuatkan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dalam beberapa bank, nasabah akan diminta membuat nomor PIN, namun beberapa bank sudah memberikan nomor PIN dan memberitahu nasabah untuk menggantinya di mesin ATM. Nomor PIN berjumlah 6 angka dan nomor ini adalah nomor yang sangat rahasia, diharapkan tidak memberitahukannya kepada siapapun bahkan orang terdekat, kecuali ada kepentingan.

Via Aplikasi Mobile Banking

Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, kini selain pergi ke BANK secara langsung, ada cara mudah dalam membuka rekening tabungan di bank. Cara tersebut yaitu melalui aplikasi mobile banking. Cara membuka rekening di bank dengan aplikasi mobile banking ini berbeda antara satu bank dengan bank yang lainnya, namun umumnya sebagai berikut :

1. Download Aplikasi

Aplikasi mobile banking dari berbagai bank sudah banyak tersedia di play store atau app store yang lain. Biasanya setiap bank berbeda dari satu bank ke bank yang lain, contohnya BNI ketika akan membuka rekening, harus terlebih dahulu mendownload aplikasi utama baru mendownload aplikasi khusus membuka rekening,  setelah itu bisa daftar untuk membuka rekening.

2. Mulai daftar

Setelah selesai mendownload aplikasi mobile banking, selanjutnya lakukan pendaftaran disana. Pendaftaran biasanya dimulai dengan mengisi data diri. Pendaftaran ini bukan untuk membuka rekening melainkan untuk mendaftar di aplikasinya. Sama halnya dengan aplikasi, hal ini berfungsi untuk membuat username dan password.

3. Mulai buka rekening

Setelah terdaftar dalam aplikasi tersebut, maka selanjutnya akan ada layanan masing-masing disetiap bank dan layanan setiap bank berbeda. Namun pada umumnya memiliki kesamaan seperti  layanan membuka rekening di aplikasi mobile banking tersebut.

Setelah mengunjungi layanan membuka rekening dalam aplikasi, selanjutnya hal umum yang biasanya diminta adalah mengisi data diri seperti memasukkan nomor KTP, tanggal lahir, NPWP, foto wajah, foto ktp, foto tanda tangan dan lain-lain. Calon nasabah tinggal mengikuti petunjuk saja.

4. Membayar setoran awal

Setelah melewati proses pendaftaran di aplikasi, tentu saja langkah yang paling penting dalam pembuatan baik via bank secara langsung atau via mobile banking adalah pembayaran setoran awal. Pembayaran setoran awal ini biasanya bisa dilakukan di ATM dan yang lainnya, sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

5. Konfirmasi ke Bank

Meskipun dapat membuat rekening melalui aplikasi, namun nasabah tidak bisa mendapatkan secara langsung kartu ATM dan buku tabungan. Untuk itulah perlunya mengkonfirmasi ke bank terdekat terkait pembukaan rekening secara mandiri melalui aplikasi mobile banking.

Meskipun membuka rekening via apliaksi mobile banking sangat praktis, namun untuk anda yang baru pertama kali membuka rekening, lebih disarankan untuk ke bank secara langsung. Karena di bank akan dijelaskan secara detail oleh customer service teerkait pembukaan rekening, mulai dari jenis tabungan danlainnya, selain itu juga langsung mendapat kartu ATM dan buku tabungan.

Cara membuat rekening di bank tidak sesulit yang diperkirakan untuk anda yang baru memulai membuka rekening di bank. Dengan membuka rekening di bank, juga dapat memudahkan transaksi. Di era yang sudah modern ini, banyak transaksi online yang bisa dibayar melalui transfer ATM dan sejenisnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *