Jaringan 5G Sudah Siap Meluncur, Kapan Kita Menikmatinya?

Jaringan 5G – Perkembangan teknologi sekarang semakin pesat. Terutama pada smartphone Android. Tahun lalu jaringan 4G sudah dirilis. Hal tersebut sangat menguntungkan karena kita dapat terkoneksi internet dengan kecepatan akses yang cepat. Orang – orang menuntut kecepatan akses yang tinggi. Hal ini membuat produsen chipset menciptakan teknologi dengan kecepatan yang lebih tinggi yaitu 5G.

Jaringan 5G

Kabarnya, baru-baru ini pabrik processor Snapdragon, Qualcomm, (sebuah perusahan Amerika Serikat yang bergerak di industri komunikasi) mengumumkan keikutsertaannya dalam pembuatan teknologi jaringan 5G. Salah satu chipsetnya bernama Snapdragon X50 akan menjadi salah satu chipset yang memiliki teknologi 5G.

Read More

Kehadiran Jaringan 5G

Disinyalir kehadiran teknologi 5G akan hadir secara global mulai tahun 2020 di sejumlah negara maju, hal tersebut menjanjikan koneksi superior dengan pengalaman yang lebih luas. Namun tentunya teknologi 5G ini diharapkan dapat diluncurkan pada tahun 2020 di seluruh dunia.

Teknologi 5G didasarkan pada kombinasi teknologi nirkabel yang ada, seperti GSM, Wi-Fi, LTE serta teknologi akses radio baru. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kecepatan data di luar 1 GB per detik dan memberikan kepadatan broadband yang lebih tinggi kepada pengguna. Selain itu, diperkirakan tingkat kecepatan unduh puncak 20/Gbits dan tingkat upload 10/Gbit. Akan terdapat latensi dan konsumsi baterai rendah saat menggunakan 5G yang berarti dapat meningkatkan masa pakai baterai sampai 10 tahun dan mengurangi penggunaan energi jaringan 90%. kemudian beberapa ratus dan ribuan komputer akan dapat mengakses koneksi simultan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Efisiensi spektral nantinya akan meningkat pada 5G network.

Keuntungan Jaringan 5G

Jaringan 5G ini akan menguntungkan sektor telekomunikasi untuk sebagian besar. Jaringan ini akan membawa  perubahan terbesar dengan memuai era smart car tanpa driver dan rumah pintar. Perusahaan telekomunikasi terkemuka seperti Airtel, BSNI, dan Nokia sudah mulai bekerja dengan teknologi 5G. Mungkin dapat membawa kejutan besar.

Dengan teknologi 5G konsumen hampir tidak perlu lagi masuk ke Wi-Fi publik. Mereka juga dapat menikmati penjelajahan di internet serta mengunduh dalam waktu yang lebih cepat, panggilan video dengan kualitas lebih baik dan streaming video UHD atau 3600 serta akses instan ke layanan cloud yang tersedia saat ini.

Dengan 5G, always connected PC akan dapat memberikan akses internet yang supercepat.konektivitas berlatensi rendah untuk layanan cloud, konferensi video kualitas tinggi, permainan interaktif, serta peningkatan produktivitas sebab flesksibilitas untuk bekerja bisa dimana saja.

Peningkatan mobile broadband 5G akan meningkatkan pengalaman virtual reality (VR), belum lagi augmented reality (AR) dan extended reality (XR) dengan kapasitas yang memadai dan biasa yang lebih rendah juga latensi ultra rendah hingga di bawah 1 milidetik. Kecepatan fiber dan kapasitas besar dapat mendukung permintaan konsumen terhadap data unlimited, beserta akses internet untuk mobile maupun home broadband yang superior.

Kekurangan Jaringan 5G

Walaupun teknologi 5G dinilai sebagai teknologi yang unggul, pastinya teknologi ini masih juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangannya yaitu ;

  • Teknologi masih dalam proses sehingga sulit memperkirakan skenario yang pasti.
  • Beberapa kendala masih dihadapi dalam mewujudkannya.
  • Beberapa bagian dunia belum mendukung teknologi 5G. Hal itu, tidak memungkinkan peningkatan kecepatan besar.
  • Masalah sinyal radio serta perangkat yang tidak kompeten dengan teknologi 5G.
  • Biaya untuk membangun infrastruktur yang besar.
  • Masalah keamanan dan privasi.

Demikian, pembahasan mengenai teknologi jaringan 5G yang beberapa pekan terakhir kemunculannya menyebar di berbagai sosial media, ataupun beberapa website surat kabar. Semoga Bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *