Kamu Milenial? 5 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai!

Kamu Milenial? 5 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai!

Istilah Millennial adalah sebutan bagi generasi yang lahir setelah generasi X. Generasi ini hidup di abad ke 21 saat dimana proses demografi terjadi secara besar-besaran. Generasi Millennial juga sering disebut sebagai generasi Y.

Read More

Seorang ahli bernama Ericsson melakukan sebuah penelitian dengan mewawancarai 4.000 responden dari 24 negara di dunia dan hasil penelitiannya berupa 10 tren konsumen. Di antara poin-poin hasil penelitian tersebut beberapa tren ternyata merupakan bentuk perhatian yang dipikirkan secara khusus bagi perilaku pata generasi Y atau generasi Millennial.

Laporan penelitian itu menyebutkan bahwa hasil produk teknologi yang dihadirkan akan mengikuti selera dan gaya hidup para Millennial. Sehingga perkembangannya sangat pesat dengan peningkatan kualitas teknologi yang semakin mumpuni.

Salah satu realita yang sesuai dengan hasil penelitian tersebut yakni adanya perilaku generasi masa kini yang lebih banyak menggunakan waktu sedikitnya tiga jam dalam sehari untuk menatap layar mobile mereka. Kegiatan seperti menonton video streaming atau Streaming Native banyak dilakukan oleh generasi Millennial.

Maka, penggunaan media internet untuk berbagai macam kebutuhan telah dilakukan oleh rata-rata generasi Millennial. Tak jarang hal itu pun diikuti oleh generasi di atasnya. Karena itu, banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari fenomena ini.

Beberapa bidang yang paling banyak dibutuhkan di antaranya bidang fotografi, videografi, desain grafis, kemampuan berbahasa asing minimal bahasa Inggris dan berbagai bidang yang berkaitan dengan teknologi.

Nah, jika kamu merupakan bagian dari generasi Millennial, sedikitnya ada lima soft skill penting yang wajib kamu kuasai.

Mengoperasikan Microsoft Office

Microsoft Office memiliki program yang dapat digunakan untuk banyak fungsi. Namun, beberapa program yang wajib kamu kuasai adalah Microsoft Word, Exel dan Power Point. Ketiganya menjadi program pokok yang banyak digunakan di berbagai tempat.

Bagi kamu para siswa SMA atau Mahasiswa tiga program tersebut tentu tidak asing dan telah memahami bagaimana urgensi memiliki kemampuan untuk mengoperasikannya. Microsoft Word sering digunakan untuk membuat essay, laporan, makalah, jurnal tidak hanya di dunia pendidikan namun juga berlaku di dunia pekerjaan.

Sementara Microsoft Exel digunakan dalam bidang perhitungan dan pendataan, dengan menggunakan rumus-rumus tertentu angka data pada tabel Exel akan terhitung secara otomatis. Sedangkan Power Point sering dimanfaatkan sebagai media presentasi baik di kelas maupun di kantor kerja.

Kemampuan untuk menguasai ketiga program besutan Microsoft ini masih termasuk kemampuan dasar dan sangat diperlukan di masa yang erat dengan teknologi. Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah SD dan SMP pelajarilah cara menggunakan tiga program tersebut sehingga saat ingin menggunakannya untuk kepentingan tugas maupun di bidang pekerjaan kelak kamu sudah bisa mengoperasikannya.

Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah disetujui oleh seluruh negara di dunia. Maka, agar dapat terhubung secara baik dengan dunia luar dan warga asing kamu perlu menguasai kemampuan berbahasa inggris.

Setidaknya dalam hal percakapan keseharian. Tak hanya sekedar itu, persaingan yang semakin ketat menuntut kita untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi dan segala situasi yang ada.

Beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan diri terhadap bahasa yang ingin dipelajari. Dalam hal ini adalah bahasa Inggris, kamu bisa sering mendengarkan percakapan atau pembacaan teks dalam bahasa Inggris untuk memahami aksen pengucapannya.

Cara menyenangkan yang bisa dilakukan misalnya dengan menonton film berbahasa Inggris dengan atau tanpa subtitle agar kamu juga dapat memahami arti dari ucapan tokoh dalam film. Selain mendengar, biasakan untuk membaca teks-teks berbahasa Inggris lalu mulailah mempraktekkannya dalam keseharian misalnya dengan mengajak teman atau partner.

Dengan menguasai bahasa Inggris, peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin terbuka karena saat ini kemampuan berbahasa asing dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Desain Grafis

Kemampuan dalam bidang desain memang lebih sering dilakukan oleh orang yang berbakat. Namun, jika kamu mau belajar maka kemampuan desain grafis juga bisa menjadi passion. Apalagi kalau kamu memang sudah memiliki bakat dasar dalam hal desain.

Jumlah desainer masih berada di bawah jumlah kebutuhan akan desain di dunia grafis. Dengan bantuan teknologi terkini, pembuatan desain grafis dapat dipelajari dengan segenap teknik yang bisa dilakukan.

Peluang untuk menjadikan kemampuan desain grafis sebagai profesi pekerjaan juga semakin besar.  Karena kebutuhan akan desain poster toko, foto produk, desain logo maupun jenis desain grafis lainnya semakin meningkat.

Jika kamu pernah mendengar jenis software seperti Inkscape, Photoshop atau jenis aplikasi editor lainnya, aplikasi tersebut memang sering digunakan untuk kegiatan desain grafis. Menekuni bidang ini bisa menjadi jalan berkarya dan mampu memberikan penghasilan pula.

Mengedit Foto atau Video

Di zaman serba digital ini, banyak orang membutuhkan sebuah foto dengan hasil editan untuk berbagai keperluan. Contoh sederhananya seperti foto resmi dengan latar belakang polos biru, merah atau putih.

Kemampuan dasar dalam mengedit foto juga bisa memudahkan diri sendiri jika sedang membutuhkannya. Jadi tidak akan rugi jika kamu menguasai kemampuan ini. Lagi pula, untuk dijadikan sebagai profesi sambilan dengan menjadi seorang freelancer juga dapat menghasilkan keuntungan.

Begitupun dengan kemampuan dalam mengedit video.  Jika kamu menekuni bidang ini ada banyak manfaat yang bisa didapat. Karena saat ini ada banyak konten kreator tidak sempat mengedit video sendiri sehingga sering membutuhkan tim kerja terutama editor video.

Tak perlu khawatir, karena ada banyak aplikasi editor foto dan video yang bisa diunduh secara gratis. Cukup dengan satu klik download di playstore atau menginstal aplikasi bagi PC dan Laptop. Dalam aplikasi tersebut, tersedia fitur-fitur yang variatif. Biasanya dalam satu aplikasi editor dapat digunakan untuk mengedit foto maupun video.

Menulis

Perkembangan dunia literasi semakin melebar di jagad maya. Ada berbagai macam website dengan isi dan tema yang beragam. Kemampuan dalam menulis sebuah konten dapat dipelajari.

Kebutuhan para pemilik website akan sebuah tulisan atau artikel juga terus meningkat. seiring dengan ini menekuni bidang kepenulisan membutuhkan latihan yang serius. Karena mencakup kemampuan tata bahasa, kemampuan merangkai kalimat dan memadukan kata-kata yang sesuai serta pengetahuan mengenai PUEBI.

Kelihaian dalam berbahasa Inggris juga dapat dipadukan dengan kemampuan ini. Karena artikel dengan bahasa Inggris tak kalah banyak dibutuhkan oleh para pegiat website.

Masuk ke dalam tatanan yang lebih formal, kamu bisa mempelajari bagaimana teknik penulisan artikel atau jurnal ilmiah yang berdasar pada hasil penelitian valid. Karena di tingkat perguruan tinggi sering diadakan kompetisi artikel atau jurnal ilmiah berbasis penelitian secara nasional hingga internasional. Selain menghasilkan karya yang bermanfaat kamu juga bisa mendapatkan peluang untuk memenangkan kompetisi.

Itulah lima skill yang perlu dikuasai oleh kamu dan generasi Millennial lainnya. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, kemampuan tersebut juga dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan bisa membuat ruang berkarya semakin lebar.