Karena Karya Anak Bangsa Sudah Layak Diacungi Jempol.

  • Whatsapp

Berikut Aplikasi Lokal karya Anak Bangsa yang Go International

Anak bangsa seringkali diremehkan bahkan tidak diberi ruang untuk berkarya. Paradigma yang mengatakan bahwa produk asing lebih berkualitas dan ternama kerap kali masih terjadi di Indonesia. Padahal kenyataannya justru banyak anak bangsa yang sudah membuktikan dirinya melalui banyak karya. Di bidang teknologi dan komunikasi, inilah beberapa aplikasi buatan tangan orang Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa.

Read More

Gojek

Aplikasi yang awalnya dibentuk oleh PT Karya Anak Bangsa sejak tahun 2010 ini awalnya hanya bergerak di bidang jasa transportasi online. Bermula dengan hanya memiliki 20 anggota saja, kini Go-Jek telah berhasil membuka jutaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia. Lebih dari pada itu, aplikasi hasil anak bangsa ini mulai menunjukkan taringnya di wilayah Asia Tenggara. Gojek mulai membuka lebar sayapnya dengan berekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara yaitu; Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Sungguh membanggakan, bukan?

Traveloka

Tidak kalah membanggakan, aplikasi yang bergerak di bidang jasa pemesanan tiket pesawat dan hotel ini kini juga mulai membuktikan dirinya. Mulai dibangun sejak tahun 2012, awalnya traveloka hanyalah situs yang berfungsi untuk membandingkan harga tiket pesawat. Kini, aplikasi yang dibuat oleh Derianto Kusuma dan Ferry Unardi ini, mulai mengembangkan dirinya dengan fitur- fitur yang sangat berguna bagi masyarakat, seperti jasa pemesanan bus, kereta api, pembayaran online, hingga pengisian pulsa dan paket data. Berkat kemudahan yang ditawarkan, kini aplikasi ini berhasil menebarkan jalanya ke negara- negara di Asia tenggara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Tokopedia

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini. Sejak diluncurkan tahun 2009 oleh PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, tokopedia memiliki perkembangan yang sangat pesat. Dengan misi utama pemerataan ekonomi secara digital, tokopedia mampu membuktikan dirinya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Tokopedia telah berhasil memenangkan penghargaan dalam kancah internasional. Bahkan di tahun 2018, tokopedia berhasil memuncaki facebook, whatsapp, dan instagram di apple store.

PicMix

Banyak orang yang tidak tahu bahwa aplikasi yang memberikan kemudahan dalam pengeditan foto yang satu ini didirikan pada tahun 2012 oleh PT Inovidea Magna Global yang berlokasi di Jakarta. Aplikasi ini menyediakan fitur- fitur yang menarik seperti; mengedit foto dengan filter dan efek, menambahkan frame yang keren, meng-import data dari instagram dan berbagi foto bersama teman. Saat ini, aplikasi buatan anak bangsa ini sudah memiliki 30- 50 juta pengunduh yang berasal dari seluruh dunia. 

Save The Hamster

Aplikasi game yang berkonsep menghantarkan hamster untuk pulang ke rumah ini, menjadi game yang cukup banyak peminatnya. Dengan memasukkan nilai pendidikan matematika dan fisika, game yang dibuat oleh Solite Studio ini, kini telah memiliki lebih dari satu juta pengunduh yang berasal dari seluruh dunia. Selain itu, game ini juga telah berhasil menjadi juara Imagine Cup 2013 yang diadakan di Rusia.

Lima aplikasi lokal yang go international ini tentu menjadi bukti bagi kita bahwa anak bangsa juga bisa berkarya. Sudah seharusnya kita bangga dan mendukung anak- anak bangsa untuk mengembangkan diri dan meraih kesuksesan di kancah internasional. Maka bagi kita anak bangsa yang kerap kali dianggap nomor dua dan tidak berdaya, mari buktikan diri pada dunia dengan berkarya sebebas-bebasnya. Kita bisa karena kita Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *