Karena Tidak Selamanya Penggunaan Gadget Berdampak Buruk Bagi Anak

  • Whatsapp

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era milenial ini tentu mempengaruhi banyak aspek kehidupan dan lapisan masyarakat. Bukan hanya orang dewasa, anak- anak kini juga merasakan dampaknya. Anak- anak di zaman milenial ini sudah sangat mahir menggunakan teknologi dalam bentuk gadget.

Hidup mereka seakan tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi saat ini. Sayangnya, beberapa orang tua kurang bisa mengontrol penggunaan gadget pada anak sehingga mengakibatkan banyak dampak negatif seperti keterlambatan bicara, kecanduan yang menyebabkan tantrum, bahkan gangguan penglihatan yang parah pada anak.

Read More

Namun, apakah hanya dampak negatif yang dirasakan anak dalam penggunanaan gadget? Mungkinkah ada dampak- dampak positif penggunaan gadget pada anak? Berikut adalah beberapa dampak positif yang sesungguhnya dapat dirasakan oleh anak memlalui penggunaan gadget yang bertanggung jawab.

1. Mengembangkan kemampuan kognitif pada anak.

Menurut penelitian yang dilakukan di Nanyang Technology University (NTU), ditemukan fakta yang sangat menarik. Penelitian ini membuat kesimpulan bahwa anak yang memiliki waktu reguler bermain video games selama satu jam setiap hari, terbukti memiliki tingkat perkembangan kognitif yang baik.

Hal ini disebabkan karena proses mental yang dibutuhkan dalam bermain video games sama dengan cara otak mengembangkan kemampuan kognitifnya. Games dapat membantu anak menyelesaikan konflik, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada anak.

2. Anak- anak dapat mencari segala informasi yang mereka butuhkan.

Tidak seperti zaman dahulu kala, kini anak- anak dapat mencari segala informasi yang mereka perlukan untuk pembelajaran melalui internet. Internet dapat menjawab semua rasa ingin tahu anak yang tentu berdampak sangat positif bagi perkembangan anak.

Namun, tentu saja pendampingan orang tua juga sangat dibutuhkan mengingat internet tidak hanya memberikan informasi yang berguna untuk anak. Situs- situs kids-friendly seperti kiddle mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan anak- anak.

3. Menawarkan keamanan bagi anak anda

Salah satu hal baik yang dapat dirasakan orang tua dalam penggunaan gadget adalah orang tua dapat mengetahui keberadaan dan kondisi anak melalui berbagai aplikasi yang ditawarkan saat ini. Aplikasi navigasi juga sangat bermanfaat memberikan informasi saat anak- anak sedang tidak berada bersama orang tua.

4. Menyediakan media pembelajaran yang menarik

Tidak dapat dipungkiri, penggunaan video yang menarik sangat membantu anak- anak dalam belajar. Selain lebih mudah dalam menyerap materi yang disampaikan, anak- anak dapat belajar bahasa, suara, dan lain sebagainya melalui video interaktif. Materi pembelajaran disampaikan dengan cara yang menarik juga tentunya mempengaruhi motivasi anak dalam belajar.

5. Sarana rekreasi yang dapat menurunkan stress level pada anak

Alasan terakhir yang tidak kalah penting adalah gadget dapat digunakan sebagai sarana rekreasi bagi anak. Dengan bermain games atau menonton video dan film melalui intenet, anak dapat sejenak melepaskan kepenatannya setelah belajar seharian.

Tentunya penggunaan gadget sebagai sarana rekreasi bagi anak pelu mendapat pengawasan yang ketat dari orang tua. Orang tua perlu memilah jenis video games yang dimainkan anak dan juga jenis tontonan anak sehingga tidak menyebabkan dampak negatif pada anak.

Tentunya banyak lagi alasan mengapa penggunaan gadget tidak selamanya berdapat negatif bagi anak. Yang perlu diingat adalah, tidak serta merta karena gadget memiliki dampak positif bagi anak, orang tua membiarkan anak bermain gadget dalam waktu yang terlalu lama dan tanpa pengawasan orang tua.

Semoga hal yang baik mengenai gadget dapat terasa manfaatnya bagi anak, dan hal yang buruk dapat dihindarkan, sehingga anak- anak di era milenial ini menjadi anak- anak yang berkualitas untuk membangun kehidupan di masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *