Kartu ATM Kena Disable?, Ini cara aktifkannya kembali

  • Whatsapp

Cara Mengatasi / Mengaktifkan Kartu ATM bila Kena Disable, tidak bisa digunakan, lebih tepatnya diblokir otomatis sementar oleh sistem Bank.

Baik kartu ATM tersebut didisable oleh pihak Bank atau kamu sendiri, Kamu dapat me-enable lagi ATM tersebut dengan banyak cara lho. Berikut cara-cara yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Aktifkan kartu ATM Disable via online.

kartu atm disable

Untuk aktifkan / enable kartu ATM yang disable / diblokir sementara alias dinonaktifkan, bisa secara online tanpa harus ke kantor Bank, berikut caranya:

Via BRI Mobile.

Buat kamu yang memiliki account BRI Mobile, kamu bisa mengenable kartu ATM kamu dengan cara berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi BRI Mobile kamu, kemudian pilih Internet Banking.
  2. Login menggunakan username dan password BRI Internet Banking kamu.
  3. Pilih menu Pelayanan.
  4. Pilih Enable Disable Kartu
  5. Pilih kartu ATM kamu yang akan di disable / enable
  6. Masukkan kembali password Internet Banking BRI kamu

Selesai, kartu ATM berhasil di disable.

Bagi Kamu yang menggunakan Android versi 10 keatas aplikasi BRI Mobile atau BRI Mobile lama ini tidak bisa digunakan silahkan instal New BRI Mobile (BRImo), BRI Mobile lama belum support terkendala pada saat aktivasi, untuk Android versi sebelumnya tentunya masih bisa.

Via Web Internet Banking BRI.

Selanjutnya adalah buat kamu yang memiliki account Internet Banking BRI kamu dapat mengenable kartu ATM kamu dengan cara berikut.

  1. Login Internet Banking BRI melalui alamat https://ib.bri.co.id
  2. Pilih menu Layanan
  3. Pilih menu Layanan Lain
  4. Pilih Disable/ Enable Kartu

Via Aplikasi BRIMO.

Selanjutnya adalah menggunakan aplikasi BRIMO. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengenable kartu ATM kamu.

  1. Login dengan memakai username dan password internet banking BRI kamu.
  2. Pada halaman utama silahkan pilih rekening.
  3. Kemudian, klik tiga titik di bagian samping kanan nomor rekening dan pilih non aktifkan kartu.
  4. Geser status menjadi aktif.

Datang langsung kekantor Bank.

Sebagai solusi terakhir apabila mengalami kartu ATM disable / blokir sementara. Buat kamu yang belum memiliki m-banking dan internet banking BRI, solusinya adalah mendatangi Customer Service (CS) Bank BRI terdekat atau dengan via panggilan Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Kemudian, kamu juga bisa menyiapkan data diri seperti dari nomor rekening, nama ibu kandung dan data lainnya yang diperlukan, yang pasti biasanya adalah nomor kartu ATM, jadi siapkan juga kartu ATM yang terblokirnya, bagi yang nelpon menggunakan nomor seluler prabayar pastikan pulsa mencukupi, ya, minimal 50 rb juga sudah cukup .

Penyebab kartu ATM disable.

Kartu ATM bisa saja disable dikarenakan beberapa faktor, seperti salah sudah disebutkan diawal, bisa oleh Bank tanpa pemberitahuan, bisa juga oleh Pemiliknya itu sendiri yang sengaja mengdisablenya.

Disable oleh Bank, ini dilakukan biasanya terkait transaksi yang mencurigakan, seperti banyak diberitakan banyaknya penjahat cyber, disable bisa saja dilakuan oleh pihak Bank yang berwenang secara manual, dan bisa juga oleh sisten Bank yang sudah diatur sedemikian rupa supaya secara otomatis mendisable kartu apabila mendeteksi ada ketidak wajaran dalam transaksi.

Disable oleh Pemilik, pendisable-an oleh Pemilik biasanya terkait kecurigaan pada transaksi yang telah terjadi, yang mungkin tidak merasa dilakukan oleh Pemiliknya itu sendiri, atau yang paling umum adalah disebabkan kehilangan kartu ATM-nya.

Selesai. Kartu ATM BRI sudah dapat digunakan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *