Kuliner Legendaris yang Wajib Kamu Coba di Solo

Solo salah satu kota di Jawa tengah yang terkenal dengan budaya dan kulinernya yang khas. Kota yang letaknya tidak jauh dari Yogyakarta ini memiliki banyak tempat makan yang sudah berdiri sejak lama sehingga disebut dengan tempat makan yang legendaris. Untuk kamu yang akan atau sedang berkunjung ke Solo, tempat-tempat makan yang legendaris di bawah ini wajub kamu kunjungi !.

Pecel Solo

Read More

Pecel memang bisa kita temui hampir di banyak daerah di Indonesia termaksud Solo. Restoran Pecel Solo menyediakan menu pecel khas Solo memiliki ciri khas berupa isiannya yang terdiri dari nasi merah, daun kenikir, daun pepaya, daun bayam, kembang turi dan jantung pisang. Isian tersebut kemudian disiram dengan sambal pecel yang memiliki rasa pedas dan manis. Untuk kamu si pecinta pecel kamu harus berkunjung ke restoran yang terletak di Jalan Dr. Soepomo No.55, Mangkubumen ini.

Image : https://jauharoh.wordpress.com

Sate Buntel Bu Bejo

Sate Buntel Bu Bejo sudah berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Cita rasa dari resep turun menurun membuat sate Buntel Bu Bejo ini menjadi salah satu makanan favorit di Solo. Sate ini bahkan menjadi tempat makan sate langganan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Sate Buntel adalah sate yang dibuat dari daging kambing yang digiling kemudian di balut dengan lemak kami, dan di lilit di kayu lalu di bakar. Selain sate Buntel tempat makan ini juga menyediakan menu lain, yaitu gule,tongseng, tenkleng dan nasi goreng. Alamat Sate Buntel Bu Bejo : Jl. Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, pasar Kliwon.

Image:instagram.com/p/BLvGp5chJYo

Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo adalah makanan khas Solo yang merupakan hasil dari akulturasi dan penjajahan Belanda. Selat Solo terdiri dari daging sapi yang direbus dalam kuah terbuat dari kecap inggris, kecap manis, bawang putih, Cuka dan rempah-rempah lainnya. Selat Solo biasanya disajikan dengan telur rebus dan sayur-sayuran, seperti buncis, kentang, wortel dan sayuran lainnya. Makanan ini sering disebut sebagai perpaduan antara bistik, sup dan salad.

Di Solo kamu bisa menemui banyak tempat makan selat Solo, salah satu tempat makan selat Solo yang terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies. Selat Solo Mbk Lies sudah berdiri sejak 1987, tempat makan yang berlokasi di jalan Veteran ini mampu mempertahankan rasanya yang khas, sehingga menjadi favorit warga kota Solo selama bertahun-tahun.

Selat Solo Mbak Lies menyediakan berbagai macam menu selat yaitu selat lidah, selat bistik, selatan gelatin kuah saos dan selat gelatin kuah segar. Harga setiap porsinya sangat terjangkau yakni berkisaran 18ribu hingga 20ribu, sangat terjangkau bukan?.

Untuk kamu yang ingin mencicipi selat Solo Mbak Lies, kamu bisa langsung datang ke Jalan Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144.

Image:instagram.com/p/BnIgoXzA6tJ

Serabi Notosuman

Berdiri sejak tahun 1923 membuatnya dikenal sebagai salah satu kuliner khas kota Solo yang legendaris. Kemampuan untuk mempertahankan cita rasa dan kelezatannya, membuat Serabi Notosuman masih diminati oleh warga dan wisatawan di kota Solo.

Serabi Notosuman masih mempertahankan cara tradisional dalam memasak serabinya. Yakni dengan tungku keci. Kamu bisa melihat proses pembuatan serabi, sembari menunggu,loh. Ada dua varian serabi yang bisa kamu nikmati di sini yaitu, serabi coklat dan polos.

Serabi Notosuman dibanderol dengan harga yang sangat murah, yaitu 1800 untk serabi polos dan 2000 untuk serabi coklat. Untuk menikmati serabi ini kamu bisa datang ke Serabi Notosuman yang terletak di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo.

Image: instagram.com/eatsss.yummy/p/BkOooh4nQuS/

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Setelah puas dengan berbagai menu makanan, saatnya kita memanjakan tenggorokan dengan Es Dawet Telasih yang segar. Salah satu es dawet telasih yang terkenal di Solo adalah es dawet telasih Bu Dermi. Es dawet ini  sudah berdiri sejak tahun 1930-an. Untuk mencicipi es dawet ini, kamu hanya perlu membayar 8000 untuk setiap porsinya, murah bukan?. Seporsi es dawet berisi ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji selasih, gula cair dan santan.

Es dawet telasih Bu Dermi terletak di dalam kawasan Pasar Gede, Solo. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan tempat duduk, jika tidak anda akan menikmati es dawet telasih sambil berdiri. Meskipun kamu harus berdiri, hal itu tidak akan mengurangi kenikmatan dari es dawet ini. Nah, itu dia tempat makan di Solo yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Soal rasa dan kualitas, pastinya tidak perlu diragukan lagi. Segera rencanakan perjalan ke Solo kamu!.

Image:instagram.com/p/BnLYoFtAD5w

Itulah kiranya kuliner legendaris yang patut Kamu coba saat berkunjung ke Kota Solo, semoga bermanfaat.