Kumpulan Tips dan Trik Komputer : Tips Merawat Hardware Biar Awet

Hardware merupakan komponen paling penting dalam sebuah komputer karena tanpa hardware software tidak akan bisa dijalankan dengan baik. Oleh karena itu perawatan hardware diperlukan sama seperti perawatan hal penting lainnya. Pada kumpulan tips dan trik komputer kali ini, kami akan membagikan tips untuk kamu tentang cara perawatan hardware komputer dengan cara baik dan benar. 

Tempatkan Komputer Pada Ruang yang Sejuk

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam kumpulan tips dan trik komputer tentang merawat hardware komputer adalah kamu harus menempatkan komputer tersebut pada ruangan yang sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada komputer. Jika komputer dipakai terus menerus, tentu komputer akan cepat panas, dan jika kamu menaruhnya di ruang yang suhu udaranya tergolong panas juga, maka bisa – bisa terjadi overheat pada hardware tersebut. Ruangan yang bersuhu udara tinggi akan membuat hardware pada komputer cepat panas. Baik itu pada processor, motherboard, vga card, dan yang lainnya. Sebaiknya tempatkan komputer pada ruang yang sejuk, seperti ruang ber-AC, kipas, dan yang lainnya. Dan jaga kebersihan ruangan tersebut. 

Read More

Bersihkan Debu Pada Hardware Secara Berkala

Walaupun hardware berada di bagian dalam komputer, bukan berarti hardware tersebut terbebas dari debu dan kotoran lainnya. Untuk itu kamu juga perlu membersihkan bagian dalam tersebut agar tidak mengganggu kinerja hardware. Berkat perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat, kini sudah banyak alat yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan hardware dari debu, seperti vacum cleaner khusus, dan kuas khusus untuk membersihkan hardware. Namun jika kamu tidak memiliki peralatan tersebut, kamu juga bisa membersihkan hardware dari debu menggunakan kuas lembut, atau peralatan lainnya. Bersihkan seluruh debu yang menempel pada processor, vga card, motherboard, dan yang lainnya agar tetap terawat dengan baik. 

Gunakan Stabilizer Agar Performa Makin Maksimal

Tips lain yang juga sangat penting kamu terapkan dalam merawat hardware komputer adalah sebaiknya kamu menggunakan stabilizer atau UPS agar menjaga listrik yang mengalir ke komputer kamu tetap stabil. Listrik dari PLN yang dialirkan ke komputer sifatnya tidak tetap, yakni kadang tegangannya tinggi dan kadang tegangannya rendah. Jika tegangan listrik yang diterima komputer terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal ini akan membuat hardware mudah rusak. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan stabilizer agar menjaga power supply kepada komputer tetap stabil dan seimbang. Stabilizer akan menjaga aliran listrik saat tegangan listrik yang diterima sedang tinggi atau rendah. Bahkan saat terjadi mati lampu, stabilizer tersebut akan berusaha tetap mensuplay power agar komputer bisa mati dengan baik. Itu lah mengapa menggunakan stabilizer penting. Demikian kumpulan tips dan trik komputer kali ini yang bisa kamu terapkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *