Langkah Praktis Cara Membuat Wifi dengan CMD

Tutorial tentang komputer—Selain kebutuhan pokok seperti sandang, papan dan pangan, kebutuhan penting lain yang sangat kita perlukan saat ini adalah koneksi internet. Untuk memenuhi kebutuhan akan koneksi internet tersebut kita menggunakan beberapa cara. Mulai dari membeli kuota, memakai modem, hingga memasang wifi. 

Wifi mampu mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Pada dasarnya, jaringan wifi hampir sama dengan kabel LAN yang terpasang di kantor. Hanya saja wifi mengubah kabel tersebut sebagai sinyal radio yang efektif menghantarkan data dengan lebih cepat. 

Read More

Adapun kelebihan dari hotspot wifi adalah mampu memancarkan sinyal dengan cepat dan mampu menjangkau area sekitar 20-100 meter jauhnya. Pemancarnya mampu memancarkan sinyal wifi. Harganya memang cukup menguras kantong. Namun bagi Anda yang ingin berselancar di internet dengan menggunakan jaringan wifi yang lebih ekonomis, Anda bisa memanfaatkan hotspot wifi yang ada di komputer atau di laptop masing-masing. Pada kesempatan kali ini kita akan kupas lebih jauh lagi bagaimana ya kiranya mengubah komputer atau laptop yang kita miliki sehari-hari dengan memanfaatkan CMD. Syarat utama cara membuat wifi dengan cmd yang wajib adalah, gunakan komputer atau laptop yang OS nya windows 7 atau lebih. 

Langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, yuk klik kanan dan pilih tombol Start. Setelah itu, klik Command Prompt (Admin). 
  2. Lalu, setelah masuk di CMD, ketikkan nama hotspot sesuai dengan nama yang Anda inginkan, dan ketikkan pula password hotspot dengan jumlah karakternya sebanyak 8. Setelah itu klik enter. 
  3. Jika ingin menghidupkan hotspot Anda di komputer atau laptop, cukup dengan mengetikkan nama netsh wlan start hostednetwork. Sedangkan jika Anda ingin mematikannya, Anda cukup mengetikkan netsh wlan stop hostednetwork. 
  4. Sebagai catatan, kali pertama hotspot wifi tersebut dinyalakan, biasanya akan muncul keterangan no network access. Sebaliknya, agar keterangan berubah menjadi internet access, langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut: 
  5. Terlebih dahulu buka Network and sharing center yang bisa Anda temukan dengan cara klik kanan pada icon network.
  6. Selanjutnya, klik koneksi yang tersambung ke internet. 
  7. Klik Properties.
  8. Pindahlah ke tab Sharing, dengan cara centang Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection,. Langkah selanjutnya adalah isikan nama hotspot Anda dengan Home networking connection kemudian tekan oke. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat wifi dengan CMD? Dengan langkah praktis di atas, laptop atau komputer Anda sudah bisa berfungsi sebagai pemancar tanpa Anda harus membeli router. Semoga tutorial singkat mengenai cara membuat wifi dengan cmd ini bermanfaat dan selamat berselancar di dunia maya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *