Masa Aktif Rekening Beberapa Bank Indonesia

  • Whatsapp

Berikut adalah masa aktif rekening pada beberapa bank yang ada di Indonesia bila tidak digunakan.

Baca juga: Masa aktif rekening BRI bila tidak digunakan

Read More

Dunia perbankan menjadi salah satu indikator perekonomian sebuah negara. Tidak menutup kemungkinan dari semua potensi keuangan di sektor perbankan banyak diandalkan untuk berbagai sektor ekonomi. Tidak heran bila masyarakat masih menggunakan pembuatan rekening sebagai salah satu dasar transaksi keuangan di skala rumahan ataupun di skala perusahaan.

Seperti kita tahu, dari penggunaan rekening bank yang terdaftar dan resmi di Indonesia memiliki masa aktif. Sehingga dari setiap jenis bank pastinya memiliki aturan tersendiri mengenai masa aktif rekening. Selama ini banyak kalangan belum terlalu mengerti soal masa aktif dari sebuah rekening. Sehingga dari ketersediaan saldo di buku tabungan harus tetap tersedia untuk mengurangi potensi penutupan akun rekening.

Masa aktif rekening beberapa bank di Indonesia

Masa Aktif Rekening Bank BNI

Kita mulai dari satu daftar bank populer di Indonesia yakni BNI yang mana memiliki beberapa informasi mengenai masa aktif setiap rekening. Dari semua nasabah BNI memiliki peluang untuk menggunakan beragam jenis tabungan. Sehingga dari setiap masa aktif rekening bank BNI bisa mencapai 3 sampai 6 bulan. Namun dari aturan ini masih fleksibel karena mengacu pada nilai saldo yang ada di dalam tabungan.

Beberapa jenis rekening seperti Taplus Muda memiliki aturan bahwa masa aktif rekening akan ditutup ataupun habis masa aktifnya jika memiliki saldo nol Rupiah. Karena itu, setiap pengguna tabungan BNI harus mampu menabung kembali untuk tetap menggunakan rekening aktif. Gunakan fitur mobile banking untuk mempermudah pengecekan saldo. Sehingga tidak sampai harus menutup rekening karena ketersediaan saldo kurang mencukupi.

Masa Aktif Rekening Bank BCA

Seperti kita ketahui saat ini bahwa pengguna rekening tabungan BCA juga cukup tinggi di masyarakat. Dari pihak BCA juga memberi jenis tabungan berbeda-beda tergantung dari fitur dan besaran minimal saldo di dalam tabungan. Sedangkan dari masa aktif tabungan dari bank BCA ini bisa mencapai 6 bulan maksimal. Tetapi dari sisa saldo yang harus ada di dalam tabungan lebih dari 0 Rupiah. Sehingga setiap pemilik rekening BCA harus mencermati saldo yang ada di dalam tabungan.

Melihat saldo secara rutin sangat penting untuk bisa melacak transaksi kemudian bisa mencegah sisa saldo menipis terlalu cepat. Proses override dari supervisor bank bisa dicegah dengan melihat secara berkala sisa saldo kemudian lakukan transaksi untuk mencegah terjadinya pemblokiran. Melakukan transaksi secara online juga bisa memberi efek baik pada masa aktif rekening yang terus aktif.

Masa Aktif Rekening Tabungan di Bank Mandiri

Bagi pemilik rekening tabungan di Bank Mandiri juga perlu mencermati batas minimal saldo untuk menghindari pemblokiran. Akan tetapi dari masa aktif rekening tabungan bisa sampai 6 bulan. Sehingga sat terjadi kekosongan transaksi atau tidak adanya transaksi selama 6 bulan berturut-turut maka dari pihak Bank Mandiri akan memberi denda sebesar 2 ribu Rupiah. Kemudian dari besaran nilai saldo rekening pasif kurang dari 20 ribu secara otomatis akan langsung ditutup sistem.

Memang cukup ketat ketika dari jenis Kartu Tabunganku menjadi masa kartu tabungan yang cukup lama yakni sampai 3 tahun. Tetapi selama 6 bulan berturut-turut tidak ada transaksi atau bisa dikatakan pasif transaksi. Maka secara otomatis dari pihak sistem akan melakukan pemblokiran. Karena itu, sebisa mungkin lakukan transaksi baik itu menambah tabungan ataupun transfer ke rekening lainnya untuk mencegah penutupan rekening.

Masa Aktif Rekening Tabungan di Bank BPD

Cukup menarik bila kita melihat bagaimana cara kerja sistem rekening di Bank BPD. Seperti kita tahu, ada banyak jenis tabungan bisa dipilih setiap nasabah BPD. Mulai dari tabungan untuk anak sekolah, tabungan Umroh dan Haji, kemudian tabungan sutera emas, dan lainnya bisa dipilih nasabah. Tetapi rata-rata untuk masa aktif rekening tabungan di Bank BPD bisa mencapai 6 bulan. Dari jangka waktu 6 bulan tersebut harus ada transaksi secara rutin baik itu penarikan, dan transfer.

Karena itu, menjadi salah satu modal penting untuk mendapatkan akses rekening tabungan terbaik di Bank BPD yang sama-sama memberi manfaat. Rata-rata setoran minimal dan ketersediaan saldo minimal menjadi faktor utama kenapa rekening tabungan Bank BPD mengalami penutupan. Sehingga jangan sampai saldo rekening Anda kurang dari 20 ribu karena berpotensi besar mengalami pemblokiran dari pihak sistem.

Masa Aktif Tabungan Rekening Bank Mega

Untuk setiap penggunaan rekening tabungan Bank Mega juga memiliki peraturan mengenai masa aktif setiap rekening. Terdapat satu jenis tabungan Mega Pass ataupun Mega First dimana untuk masa aktifnya selama 2 bulan setelah diaktifkan. Kemudian untuk beberapa fasilitas yang tersedia juga lebih lengkap. Sehingga status rekening tidak aktif disebabkan beberapa faktor.

Untuk kebijakan dari Bank Mega terhadap status rekening tidak aktif bisa dilakukan ketika tidak ada transaksi sama sekali selama 2 bulan. Ataupun bisa dengan status minimal saldo kurang dari 20 ribu ataupun sesuai aturan batas minimal saldo dari setiap jenis tabungan Bank Mega. Untuk itu, masih cukup penting dari setiap nasabah melakukan transaksi baik dari transfer, kemudian penambahan dan penarikan tunai di mesin ATM.

Masa Tabungan Rekening Bank OCBC NISP

Bagi nasabah Bank OCBC NISP juga perlu memperhatikan dari masa aktif rekening tabungan yang mana ditentukan dari beberapa faktor. Pada segi durasi penggunaan atau masa aktif sebuah rekening OCBC NISP bisa sampai 6 bulan. Kemudian dalam 6 bulan tersebut tidak ada transaksi sama sekali. Maka dari sistem bank akan langsung memblokir.

Kemudian dari 6 bulan tersebut ada biaya penalti jika rekening nasabah tidak melakukan transaksi sama sekali. Sehingga dari biaya penalti tersebut bisa dicegah dengan menambah deposit rekening, kemudian melakukan transaksi baik itu penarikan, transfer, hingga penambahan deposit rekening OCBC NISP.

Masa Aktif Rekening Bank Danamon Indonesia

Bank Danamon Indonesia menawarkan banyak tipe rekening tabungan ke setiap nasabah. Kebijakan seputar masa aktif dari setiap rekening Bank Danamon bisa diperhitungkan dan dicermati semua nasabah. Terdapat kebijakan mengenai masa aktif rekening Bank Danamon Indonesia yang masih berkutat di durasi 2-6 bulan. Tetapi pada masa aktif 6 bulan ini bisa terjadi pemblokiran jika tidak ada transaksi sama sekali.

Dari semua jenis tipe rekening Bank Danamon Indonesia bisa dipastikan ada aturan masa aktif rekening sampai 6 bulan. Sedangkan untuk saldo minimal masih cenderung fluktuatif tergantung dari kebijakan pihak Bank Danamon sendiri. Untuk menghindari pemblokiran rekening lakukan transaksi dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan.

Masa Aktif Rekening di Bank CIMB Niaga

Berbagai macam inovasi terbaru mengenai fitur rekening dan tabungan ke semua nasabah CIMB Niaga menarik untuk diulas. Akan tetapi pada bagian masa aktif setiap nomor rekening bisa mencapai 6 bulan. Kemudian saat satu rekening tidak ada transaksi sama sekali selama 6 bulan. Maka dari masa aktifnya akan langsung dinonaktifkan oleh pihak sistem bank.

Untuk mencegah rekening nasabah dinonaktifkan, cukup mudah dilakukan yakni melakukan transaksi setidaknya sebulan sekali. Ataupun dari sisa saldo di dalam nomor rekening Anda tidak kurang dari 50 ribu sebagai antisipasi penutupan rekening.

Masa Aktif Rekening di Bank Bukopin

Hampir sama seperti bank lainnya dimana untuk rekening setiap nasabah Bank Bukopin dikatakan aktif bila ada transaksi selama 6 bulan. Tetapi sebaliknya jika satu rekening Bukopin tidak melakukan transaksi selama 6 bulan maka dari pihak Bank Bukopin akan menonaktifkan rekening nasabah tersebut.

Bisa dikatakan untuk satu rekening nasabah yang tidak melakukan transaksi selama 6 bulan masuk kategori rekening dormant. Sehingga untuk mencegah rekening bank Bukopin mengalami penutupan bisa langsung lakukan transaksi dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan.

Masa Aktif Rekening di Bank Artha Graha

Populernya fitur terbaik dari setiap tabungan Bank Artha Graha ternyata membuat banyak kalangan nasabah bisa memilih dari berbagai tabungan terbaik. Karena itu, perlu diketahui untuk masa aktif setiap rekening tergantung pada jenis transaksi yang dilakukan nasabah. Untuk patokan masa aktif rekening di Bank Artha Graha bisa sampai 6 bulan.

Meskipun beberapa jenis tabungan Bank Artha Graha memiliki peraturan berbeda seputar masa aktif dan besaran saldo minimal di satu rekening tetap perlu pemantauan agar tidak lalai dan mengalami penutupan rekening.

Masa Aktif Rekening di Bank Muamalat Indonesia

Produk tabungan di Bank Muamalat Indonesia masih cukup populer dan banyak diminati.Karena itu ada banyak jenis rekening bisa dibuat setiap nasabah Bank Muamalat. Sehingga ada beberapa kebijakan mengenai masa aktif dari segi saldo di dalam rekening dan kegiatan transaksinya.

Pada aturan sisa saldo yang bisa dikatakan rekening aktif lebih dari 15 ribu per rekening. Kemudian dari masa aktif rekening dari durasi transaksinya bisa sampai 6 bulan. Karena itu pada masa aktif rekening pasif bisa dipastikan tidak ada transaksi selama 6 bulan penuh. Sehingga dari pihak Bank Muamalat masih menganggapnya sebagai rekening pasif.

Masa Aktif Rekening di Bank BTPN

Masih menjadi salah bank yang memiliki inovasi pada berbagai layanan seperti pembayaran dan tabungan pensiun. Tentu dari bank BTPN ini memiliki banyak kebijakan. Dari setiap pilihan tabungan yang bisa dipilih nasabah, bisa dipastikan ada beberapa kebijakan mengenai masa aktif rekening.

Untuk kriteria masa aktif rekening pasif memperlihatkan tidak ada transaksi dalam jangka waktu 6 bulan. Namun, ada kebijakan bagi nasabah pensiunan yang mana harus melakukan pengambilan dana sebagai syarat untuk sebuah rekening aktif. Sehingga dari transaksi aktif masih menjadi indikator bahwa rekening tabungan BTPN masih aktif.

Masa Aktif Rekening di Bank ICBC Indonesia

Kebijakan mengenai status rekening aktif d Bank ICBC Indonesia juga menjadi satu informasi penting bagi nasabah. Karena itu, bagi pemilik rekening Bank ICBC Indonesia perlu mengerti bahwa untuk masa aktif dari sebuah rekening bisa sampai 6 bulan. Kemudian batasan saldo minimalnya adalah 25 ribu per rekening.

Ada banyak kebijakan dan aturan mengenai masa aktif rekening di setiap bank. Karena itu, dari sejumlah nasabah bank ternama di Indonesia pastinya butuh beberapa penggunaan akses rekening aktif untuk berbagai transaksi. Lakukan berbagai transaksi yang semuanya masih perlu untuk mencegah pemblokiran dari sistem bank akibat tidak ada aktivitas sama sekali selama 6 bulan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *