Masalah baru BRILink Mobile yang baru saya alami, simak ceritanya!

Dihari ini berbagi cerita lagi ni, kali ini tentang masalah yang baru saya alami di Aplikasi BRILink mobile, masalahnya pada transaksi pembayaran BRIVA gagal masuk secara otomatis realtime ke nomor vitual acount tujuan.

Masalah pembayaran BRIVA melalui BRILink Mobile, status transaksi “Sedang diproses” dana sudah terdebet dari rekening pengirim tetapi belum terverifikasi pada rekening Virtual Acount penerima.

Read More

Masalah ini terjadi pada transaksi isi saldo Payfazz dengan BRIVA dan mungkin juga bisa terjadi pada pembayaran BRIVA atau transaksi lainnya. Sebagai antisipasi saja jikalau ini terjadi pada transaksi BRILink Anda, bila sudah tahu masalah ini mungkin Anda tidak akan terlalu panik dalam meghadapinya.

Baca: apa itu Payfazz?.

Pada pukul 14:41 hari ini tanggal 19 desember 2018 saya melakukan isi saldo Payfazz melalui BRILink mobile  sebanyak 2 kali, yang pertama sukses dana langsung masuk dan pada isi saldo kedua kalinya kurang lebih selang waktu 2 menit dari yang pertama transaksi gagal saldo tidak masuk-masuk.

Masalah pada brilink

Proses transaksi lancar seperti biasa namun pada saat selesai transaksi dilaksanakan dan sudah saya anggap sukses karena normal seperti biasa tidak ada informasi transaksi gagal, dan untuk struk tidak saya cetak karena ini adalah bayar BRIVA ke VA saya sendiri.

Setelah beberapa menit dan sudah ditungguin sama pelanggan yang mau transaski kebetulan transaksinya saya mengunakan aplikasi Payfazz kenapa saldo belum masuk? Pada saat saya lihat dicatatan transaksi BRILink mobile ternyata statusnya sedang diproses. Karena khawatir saya langsung cetang struk dan memang setelah dilihat distruk pun begitu status transaksi pembayaran BRIVA saya sedang diproses.

Struk agen brilink

Untuk memastikan dana saya sudah terdebet atau belum dari rekening saya, saya buka internet banking dan cetak rekening koran hari ini,  dan ternyata dana sudah didebet dari rekening, tapi kenapa saldo Payfazz saya belum juga masuk? Akhirnya kira-kira 15 menit sebelum berakhir transaksi isi saldo saya di batalkan otomatis oleh sistem Payfazz saya lakukan komplain konfirmasi kepada Payfazz  melalui email.

Tidak lupa saya juga konfirmasi mengenai hal ini via WhatsApp ke CS BRILink, dan balasannya kita harus konfirmasi kepada penerima dan itu sudah saya lakukan dengan harus mempersiapkan / melengkapi data dulu karena ini bukan transfer kepada rekening pribadi tetapi kepada satu perusahaan dan saya tahu dan juga mengerti itulah resikonya demi tertib administrasi.

Memang hal ini membuat sedikit kesal tetapi kita harus bersabar segala hal pasti ada resiko yang harus ditanggung,  baik ataupun buruk tetap dihadapi, kalau tidak dihadapi tidak mungkin bisa dilewatkan dan mungkin itulah akhir dari semua.

Beberapa hal yang harus disiapkan untuk solusi hal seperti ini :

  • Konfirmasi kepada penerima 
  • Bila penerima adalah perusahaan yang bekerjasama dalam hal Bisnis seperti Payfazz, kita harus memlengkapi data sebagai berikut dibawah ini, dan atau menuggu email balasannya seperti apa.

Data Verifikasi Kepemilikan Akun

  • Melampirkan bukti transfer
  • Nomor Telepon terdaftar di Payfazz
  • Nama Akun Payfazz
  • Nama perangkat terakhir yang digunakan untuk Login/Register:
  • Jenis transaksi yang paling sering digunakan
  • Nama Bank untuk Top Up Terakhir
  • Rincian Transaksi Terakhir

Data Transaksi Bermasalah

  • Order ID (Jika masih ada)
  • Nomor Rekening Pengirim
  • Atas Nama Rekening Pengirim
  • Bank yang Digunakan
  • Total Nominal yang Ditransfer

Untuk Perusahaan lain pun sepertinya tidak jauh beda. Data yang harus disiapkan disaat kena masalah seperti ini adalah yang disebutkan diatas. Namun tentunya disesuaikan dengan Perusahaan yang bersangkutan semisal seperti pernah saya alami juga hal sama pada online shop Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Setelah data yang diminta dilengkapi semua biasanya dalam 1×24 jam sudah ada informasi kembali tentang masalah yang dihadapi, bila dana sudah terverifikasi maka kita tinggal nunggu lagi paling lambat 2×24 jam dana akan masuk ke Saldo Payfazz kita.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat yang membaca dan untuk saya ini adalah mejadi cerita sehari-hari saya sebagai Agen BRILik, mohon maaf bila ada salah kata dan bahasa.  

Update: Hari ini tanggal 20 Desember 2018 tidak sampai waktu 24 jam dana sudah bisa di verifikasi  masuk ke rekening tujuan oleh pihak Payfazz dan dimasukan ke saldo wallet Agen.  

Masalah diatas sudah bisa diatasi, dana sudah terdebet dari rekening pengirim dan masuk kerekening penerima, namun karena lagi ada trouble sistem Payfazz juga tidak bisa verifikasi secara otomatis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Brilink mobile memang masih jauh dari sempurna.Untuk daerah pelosok aplikasi brilink tidak layak digunakan karena mayoritas nasabah tidak memiliki sms banking sehingga tidak dapat tarik tunai.Hal menjengkelkan lagi nasabah tidak dapat cek saldo di agen brilink.OTP sering error atau tidak dikirim sama sekali sehingga agen brilink merasa malu pada pelanggan yg sudah menunggu lama tapi gagal transaksi.