Masalah yang sering terjadi dalam transaksi menggunakan internet banking BRI

  • Whatsapp

Postingan ini sebetulnya sudah lama dibuat sekitar bulan Oktober 2018 dan hari ini di update kembali karena memang kejadian yang sama terulang kembali. Pada pertama artikel ini dibuat saya sudah hampir 10 tahun sebagai nasabah Bank BRI dan sekarang sudah nambah 1 tahun tentu bukan waktu yang sebentar sudah banyak pengalaman dalam menggunakan layanan dari Bank BRI dari yang menyenangkan sampai yang membuat hati pingin berpindah hati karena seringnya transaksi masuk dalam masalah.

Seperti yang terjadi beberapa hari kebelakang, berawal dari belanja online dan selesai saatnya membayar dengan cara transfer via Bank dari Bank BRI milik saya ke Bank Mandiri milik penjual. Pada saat itu saya melakukan transfer menggunakan IB-BRI Mobile melalui aplikasi.

Bacaan Lainnya

Masuk/Login seperti biasa ke IB-BRI Mobile tanpa ada masalah pilih transfer ke bank lain pilih Mandiri masukan nomor rekening, masukan nominal, masukan nomor referensi dan kirim. Selanjutnya verifikasi, nomor rekening, nama, nominal dan bank yang dituju semua sudah benar sesuai yang dituju lalu masukan password dan lalu kirim, dari sini masalah terjadi setelah di kirim 1 kali aplikasi IB-BRI tidak merespon, dan saya merasa bahwa tombol tidak terklik dengan sempurna, klik lagi untuk ke 2 kalinya masih tidak merespon, dan klik lagi untuk yang ke 3 kalinya aplikasi IB-BRI merespon dan transaksi berhasil. Setelah berhasil selanjutnya konfir kepada penjual dan dananya pun sudah masuk dan belanjaan pun siap dikirim.

Pada keesokan harinya saya mengecek rekening koran dari IB-BRI via PC untuk mengecek transaksi hari kemarin tetapi hati dibikin kaget dengan adanya 2 transaksi dengan nominal yang sama dan tujuannya pun sama, setelah dicek ternyata adalah transaksi dobel pembayaran belanja kemarin.

Untuk solusi ini pertama-tama saya langsung menghubungi online store tempat saya belanja kemarin dan mereka merespon dan memeberikan bukti rekening koran pada hari kemarin saya belanja dan disitu terdapat hanya satu transaksi kredit setelah mendapati bahwa saldo rekening saya terdebet dan dana tidak masuk ke rekening tujuan solusi terakhir adalah membuat laporan ke kantor bank BRI terdekat atau tempat kita membuat rekening dengan membawa buku tabungan, kartu identitas yang sesuai di buku berikut bukti transaksi setelah laporan diterima oleh bank BRI. Setelah laporan dibuat kita tinggal menunggu dana kita dikembalikan dan atau dana masuk kerekening tujuan, itu nanti akan diinformasikan oleh Bank BRI menurut CSnya sih melalui SMS atau via telpon.

Kejelasan dana pun terjawab pada hari keempat setelah dilaporkan masalah diatas dengan masuknya dana sesuai nominal transaksi yang bermasalah berikut biaya administrasi transfer ke bank lain.

Dari masalah diatas kita harus pahami sistem tidak selamanya optimal. Pahamilah sebelum transaksi atau bertanya dulu sebelum bertransaksi kepada yang sudah terbiasa menggunakan alat transaski, jangan sampai mengalami masalah yang memang sering terjadi seperti transaksi saldo rekening terdebet tetapi dana tidak masuk atau ada juga transaksi gagal tetapi pada saat cek rekening koran dana terdebet dan danapun sukses masuk kerekening tujuan.

Masalah seperti ini solusinya adalah beri jeda waktu sampai sekitar 15 menit dan cek rekening koran dana sukses terdebet atau tidak, dan pada akhirnya kesabaranlah yang menjadi solusi paling utama.

Masalah transaksi seperti diartikel diatas ternyata terjadi pula pada aplikasi Agen BRILink Mobile seperti berikut silahkan dibaca diartikel Resiko pada usaha agen BRILink. 

Sekian terkait Masalah yang sering terjadi dalam transaksi menggunakan internet banking BRI semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *