Mau Bepergian? Simak Tips Packing Terlengkap Ini!

  • Whatsapp

Dewasa ini Indonesia makin kaya dengan pariwisata. Mulai dari wisata alam, wisata buatan berupa taman dan hutan, serta berbagai macam destinasi asik lainnya. Belakangan, menjadi seorang yang senang bepergian dan mengunjungi aneka tempat wisata yang unik atau spesial cukup populer.

Istilah traveler menjadi akrab bagi masyarakat. Biasanya ada traveler yang gemar mengunjungi wisata budaya, sejarah, wisata alam atau panorama keindahan seperti taman. Masa liburan menjadi momen penting yang harus dimanfaatkan dengan traveling ke berbagai daerah.

Tak hanya di waktu liburan, akhir pekan yang hanya satu dua hari saja pun kerap dimanfaatkan oleh para traveler sejati. Namun, bagi kamu yang masih pemula, bepergian jalan-jalan tentunya membutuhkan persiapan matang. Karena di perjalanan, tak ada rumah yang menyediakan semua barang kebutuhan pribadimu.

Karena itu pastikan packing barang berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga tak ada barang yang tertinggal maupun kelebihan bawaan. Bagi para traveler ulung, urusan packing memang menjadi hal yang biasa. Tapi, tidak untuk para pemula. Ada beberapa persiapan khusus yang perlu diperhatikan.

Persiapan yang matang akan membantu memudahkan perjalanan sehingga tak perlu ada barang yang terselip dan terasa hilang ketika hendak digunakan. Jika kamu hendak memulai perjalanan sebagai seorang traveler dan mengunjungi berbagai macam destinasi impian, simak 8 tips packing yang wajib diketahui berikut ini.

Mendaftar Barang Bawaan

Saat hendak melakukan perjalanan baik hanya satu dua hari maupun jangka waktu yang cukup lama persiapan sangat penting dilakukan. Maka, kamu perlu mendaftar semua barang keperluan seperti pakaian, sepatu, sandal, handuk kecil, obat pribadi, alat kosmetik bagi para wanita seperti sunscreen atau tabir surya dan berbagai barang penting lainnya.

Ketika hendak melakukan persiapan pembawaan barang kamu boleh mendaftar semua barang yang diperlukan. Lalu sortirlah satu per satu untuk menentukan mana barang prioritas dan mana barang yang tidak prioritas.

Selain itu, proses ini dapat menentukan mana barang yang akan ditempatkan pada ruang tas atau carrier yang mudah diakses agar ketika hendak digunakan barang keperluan mudah ditemukan.

Mengemas Pakaian dalam Bentuk Gulungan

Mungkin belum sempat terpikirkan untuk mengemas pakaian traveling dengan metode ini. Nyatanya cara ini memang ampuh untuk menghemat space pada tas pembawa atau carrier bahkan koper. Bagi para traveler berbagai ide untuk menghemat ruang adalah suatu kewajiban selain untuk menciptakan kemudahan, juga untuk memaksimalkan ruang yang tersedia.

Saran pentingnya adalah memilih pakaian dengan jenis kain yang tidak gampang kusut agar ketika hendak dipakai metode gulung pakaian ini tak memberikan masalah. Jadi kamu tetap dapat tampil percaya diri saat jalan-jalan dengan pakaian yang rapi.

Tak hanya bagi pakaian atas, hal ini juga berlaku pada celana atau rok bawaan. Tak perlu membawa pakaian dalam jumlah yang terlalu banyak, dan sebisa mungkin membawa pakaian yang cocok untuk dipadupadankan.

Mengklasifikasikan Barang Bawaan

Tips yang satu ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan kemudahan ketika hendak menggunakan barang di perjalanan. Beberapa kategori yang umum diklasifikasikan di antaranya adalah pakaian, alat mandi, barang elektronik seperti kamera dan perangkatnya, charger dan aksesoris ponsel, sekumpulan dokumen penting mencakup kartu identitas, paspor atau dokumen lainnya.

Kamu bisa menempatkan masing-masing kategori pada sebuah minibag yang dapat disimpan pada ruang-ruang tas, backpack, carrier atau koper. Setelah terpisahkan per kategori kamu akan lebih mudah menyusun semua barang pada tas.

Fungsi lain dari cara ini adalah untuk memudahkan pengecekan terhadap semua barang bawaan. Begitu ada yang hilang, kamu bisa cepat menyadarinya karena benda-benda bawaan sudah terkoordinir dengan rapi pada tiap minibag.

Jika tak memiliki pocket khusus untuk mengkategorikan barang, kamu dapat memanfaatkan benda sekitar, misalnya kantung plastik. Namun, lebih dianjurkan untuk menggunakan minibag agar lebih rapi.

Menyusun Barang Bawaan

Penyusunan dapat segera dilakukan setelah kategori tiap barang telah selesai. Karena sudah terorganisir dengan baik, kamu bisa menempatkan barang sesuai dengan tingkat kebutuhannya atau seringnya barang digunakan.

Beberapa kategori seperti pakaian, toiletries dapat ditempatkan di bagian dalam karena hanya digunakan kurang lebih dua kali dalam sehari perjalanan. Sementara itu, dalam setiap kategori seperti pakaian dapat ditentukan mana pakaian yang akan lebih dulu digunakan. Sehingga saat hendak memakai tak perlu membongkar isi tas untuk memilih pakaian.

Khusus untuk pakaian, tak ada salahnya membuat jadwal penggunaannya. Metode ini dapat kita sebut sebagai metode penyusunan prioritas karena sistem penyimpanan yang mengutamakan benda sering dipakai pada tempat yang mudah diakses.

Menyertakan Tas Kecil

Bagian ini mungkin saja sering luput. Membawa tas kecil adalah salah satu tips penting yang perlu dilakukan. Saat hendak mengeksplorasi wisata sekitar, kamu tentu tak mungkin membawa carrier atau backpack yang cukup berat. Hal ini berlaku bagi kamu yang kurang senang membawa beban berat saat jalan-jalan.

Tapi, jika hal itu tidak masalah dan membawa tas kecil dianggap tak perlu, kamu bisa melewatkan tips ini. Namun, sebagai bentuk persiapan, membawa tas kecil berupa tas selempang atau tas gendong sedikitnya dapat membantu kamu untuk memudahkan perjalanan. Jadi backpack atau carrier dapat ditinggalkan di penginapan. Kamu pun bisa berjalan-jalan dengan lebih leluasa.

Beberapa barang penting yang harus dibawa saat bepergian dengan tas kecil ini di antaranya ponsel atau smartphone, dompet, kartu ATM, uang tunai, kartu identitas, kamera jika memiliki dan obat pribadi.

Membawa Kantung Plastik, Karet Gelang dan Tas Lipat

Ketiga benda ini akan sangat berguna saat kamu menghadapi beberapa situasi seperti cuaca hujan, butuh pengikat untuk merapikan charger atau headset, atau membeli oleh-oleh. Mungkin terasa sederhana, namun keberadaannya sangat bermanfaat.

Saat terjadi hujan, kamu bisa mengamankan ponsel atau perangkat elektronik lainnya di dalam plastik, sementara untuk merapikan charger atau headset dapat diikat dengan karet gelang. Nah, jika kamu sedang berjalan-jalan dan menemui aneka barang unik gunakanlah tas lipat yang ramah tempat untuk membawa barang yang dibeli.

Lengkapi Perjalanan dengan Benda Multifungsi

Mengingat kamu harus menghemat ruang tas dan bepergian dengan bawaan yang efisien, menyertakan benda multifungsi sangatlah dianjurkan. Salah satu benda multifungsi adalah smartphone yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi, alat transaksi online, senter darurat dan berbagai kepentingan lain.

Selalu Sedia Uang Tunai dan ATM

Ketika bepergian, kamu perlu menyediakan uang tunai bagi segala keperluan di jalan. Tak perlu dalam jumlah yang terlalu banyak, cukup untuk keperluan transportasi, makan dan beberapa kepentingan primer lainnya.

Jangan lupa pula untuk selalu membawa ATM agar jika sewaktu-waktu uang tunai yang dibawa telah habis, kamu bisa memanfaatkan ATM. Tips penting lainnya adalah dengan menyimpan uang tunai di beberapa tempat agar jika terjadi hal-hal tak diinginkan seperti kehilangan dompet kamu masih memiliki uang cadangan.

Bagaimana? Sudahkah terpikirkan tips-tips tersebut untuk perjalananmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *