Mau Liburan Ke Jepang? Simak Barang-barang Penting dan Destinasi Berikut Ini Ya!

Sakura, semua orang mengenalnya. Jepang, negara kaya wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing. Negeri matahari terbit ini termasuk negeri yang pekat budaya dan kearifan lokal.

Mereka memiliki beberapa tempat wisata yang kental sejarah dan sangat dihargai. Berkunjung ke sana didapuk sebagai pilihan yang cukup tepat untuk variasi liburan ke luar negeri. Namun, perlu melengkapi kebutuhan di bawah ini terlebih dahulu :

Read More

1.    Uang

Kemanapun Anda pergi, kebutuhan akan uang pasti selalu ada. Mulai dari untuk memenuhi hal dasar seperti makan dan tempat tinggal hingga belanja kebutuhan lainnya. Dalam hal liburan, apalagi ke luar negeri oleh-oleh tentu menjadi hal yang cukup ditunggu-tunggu dan kita pun ingin memberikannya pada kerabat terdekat.

Ketika berada di tempat liburan Anda perlu menyiapkan uang dalam bentuk tunai dan menyertakan kartu kredit sebagai antisipasi bila pegangan Anda telah habis. Pastikan pula Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan uang ketika berada di negara lain.

2.    Wifi Portable dan Simcard

Jepang memang sudah memiliki akses internet di atas rata-rata banyak negara. Memang harus diakui kecanggihan teknologi mereka sangat memudahkan kehidupan masyarakatnya contohnya dalam hal akses internet. Namun jika kamu tak bisa turut serta mengaksesnya, keberadaan wifi portable dan simcard bisa dimanfaatkan untuk tetap bisa mengakses internet. Berikan jejak kepada rekan-rekan dan keluarga melalui fitur berbagi foto maupun video.

3.    Smartphone

Sudah barang tentu benda ini perlu dibawa kemana-mana. Selain untuk berkomunikasi, keberadaan GPS dan kamera sangat membantu perjalananmu apabila tersesat dan membutuhkan bantuan navigasi.

4.    Charger

Membawa smartphone tanpa charger adalah sebuah kesalahan. Maka, kemanapun pergi bawalah chargermu. Agar bisa mengisi daya ponsel sewaktu-waktu. Sama halnya dengan charger kamera jika kamu membawanya. Jika terasa ribet, kamu cukup menggunakan kamera ponsel saja untuk update potret liburan.

5.    Powerbank

Saat tidak memungkinkan untuk melakukan isi daya dengan stopkontak, powerbank sangatlah membantu di saat-saat darurat. Jadi, bawalah benda ini di setiap perjalanan.

6.    Tiket Japan Rail Pass

Fasilitas ini sengaja disediakan untuk digunakan para traveler terutama traveler yang berasal dari negara lain. Selain murah, aksesnya juga mudah, kamu hanya perlu memesannya sebelum berangkat. Lokasi jalur kereta pun sangat strategis, melewati tempat-tempat indah di sekelilingnya.

7.    Pakaian

Kesesuaian adalah hal yang penting, karena di negara Jepang situasi dan kondisi dapat berubah sewaktu-waktu. Bawalah beberapa pakaian hangat jika cuaca sedang berada di musim dingin. Dan bawalah pakaian kasual yang tidak gerah ketika berada di musim panas.

8.    Alas Kaki

Kemanapun berlibur, benda ini diperlukan hampir di semua situasi. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi, bawalah alas kaki yang multifungsi agar memudahkan dan efisien.

9.    Dompet

Dompet yang dimaksud adalah dompet travel yang berguna untuk mengorganisir beberapa dokumen, kartu-kartu maupun benda-benda kecil lainnya.

10.    Panduan Wisata

Hampir di semua tempat yang belum pernah kamu kunjungi, sangat perlu untuk memiliki buku panduan yang memuat informasi penting seputar tempat wisata dan keadaan di destinasi tujuan.

11.    P3K

Meski akan mudah didapatkan, memilikinya secara pribadi sangat membantu bila terjadi sesuatu yang mendadak dan memerlukan obat-obatan.

12.    Kamera

Traveler ulung pasti tidak akan melewatkan benda ini dari daftar wajib barang yang mereka perlukan selama perjalanan. Jika kamu juga merasa perlu membawa kamera, maka cukup membawa kamera yang compact dan hemat tempat.

13.    Tas Kecil

Pilihan ini opsional, namun sangat berguna ketika kamu bisa meninggalkan semua barang di tempat tinggal sementara berupa penginapan atau hotel. Gunakan tas kecil yang cukup untuk mengakomodir barang kecil yang penting seperti charger, powerbank, kamera, smartphone, dompet dan uang.

14.    Tas Jinjing atau Tas Lipat

Fungsinya untuk mengakomodir barang belanjaan. Tas jinjing atau tas lipat yang efisien dan tidak memakan tempat bisa dimanfaatkan di segala kondisi.

15.    SIM Internasional

Jika memiliki kendaraan atau hendak menggunakan kendaraan, kamu harus memiliki SIM Internasional sebagai bukti keabsahanmu dapat menggunakan kendaraan di negara lain.

Jika semua sudah terlengkapi kita bisa berlanjut menuju berbagai macam destinasi penting yang rasanya tidak afdhol kalau tidak dikunjungi.

Kyoto

Desain arsitektur yang klasik menarik perhatian para wisatawan asing maupun lokal yang berjalan di sekitaran kota ini. Beberapa taman indah juga melengkapi kota yang lekat dengan budaya Jepang ini. Juga terdapat kuil-kuil Budha yang menjadi jejak kehidupan beragama masyarakat Jepang. Beberapa rumah teh juga menyuguhkan budaya meminum teh di negara Mereka.

Gunung Koya.

Wilayah sekitar gunung ini diisi dengan kuil bersejarah. Koya bahkan telah menjadi situs warisan dunia yang disahkan oleh UNESCO 2004 lalu. Mungkin lokasinya memang cukup sulit diakses, namun jika kamu berhasil ke sana akan ada pemandangan indah yang bisa dilihat dari kereta peluru.

Nara

Taman ini penuh dengan rusa yang berlarian dan berkumpul dengan kelompoknya. Mereka sangat ramah dan dekat dengan manusia. Bagi kamu yang menyenangi binatang, tentu ini sangat cocok pula untuk berinteraksi dengan mereka, juga berfoto ria.

Osaka

Osaka, kota dengan urutan ketiga terbesar di Jepang menyediakan Castle Park yang menjadi tempat favorit warga setempat untuk berkumpul dan menikmati sekitar.

Kuil seperti Shitennoji tetap mengutuhkan keberadaan situs budaya di sana. Sama halnya dengan museum Etnologi Nasional.

Naoshima

Naoshima, pulau ini sangat cocok dijuluki pulau seni. Dimana di dalamnya berisi tempat-tempat yang menggambarkan kentalnya kesenian baik itu yang modern maupun klasik seperti museum seni modern, arsitektur, patung-patung, lukisan dan seni lainnya. Nama-nama museum seperti Rumah Benesse dengan arsitektur yang khas, Chichu dan Lee Ufan cukup menarik untuk didatangi.

Pulau Ishigaki

Pecinta pantai wajib mendatangi Ishigaki yang menyajikan keindahan alam luar biasa. Fasilitas snorkling juga tersedia di sana. Namun tentu saja hanya bisa dilakukan ketika musim panas atau musim semi.

Hakone

Menikmati waktu santai di Hakone sangat tepat dan cocok untuk menjadi rujukan beristirahat setelah berkeliling. Dari sini, kamu akan menemukan gunung Fuji menjulang tinggi.

Yamanouchi

Taman Monyet Jigokudani yang terdapat di sini merupakan spot wisata yang menarik, kamu akan menemukan gerombolan monyet-monyet kecil yang bertingkah lucu.

Matsue

Satu daftar yang wajib di kunjung di tempat ini adalah Kastil Matsue yang dibangun pada abad pertengahan.

The Great Buddha

Kamakura turut serta menjadi tempat yang mengunggulkan situs bersejarah berupa The Great Buddha. Monumen bersejarah ini menarik wisatawan yang ingin mempelajari sejarah kehidupan beragama di sana.

Kakunodate

Ini adalah tempat yang menjadi incaran banyak orang ketika musim semi akan tiba. Sudah tentu, bunga sakuralah yang ditunggu. Datanglah ke tempat ini dalam periode akhir bulan April sampai awal bulan Mei. Sudah dipastikan Kakunodate akan ramai dengan wisatawan.

Shirakawago dan Gokayama

Dua tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk mendapatkan penginapan di rumah-rumah tradisional khas Jepang.

Sudah menentukan destinasi kunjunganmu? Jangan lupa dengan keperluan yang harus dibawa ya!