Memperbaiki TV LCD layar mati lampu power berkedip-kedip

  • Whatsapp

Memperbaiki TV LCD lampu power berkedip layar mati, dimulai dari TV layar LCD mati diawali redup-redup dan pada akhirnya layar mati dan lampu power berkedip-kedip tanpa henti remot pun tidak berpungsi.

Dari beberapa kasus ini menurut tukang servisnya diakibatkan erornya di data setting dan cara memperbaikinya sangat mudah dengan beberapa langkah saja bisa dicoba oleh kita sendiri dengan mengikuti cara saya dalam mengatasi permasalahan diatas.

Read More

Reset IC Eeprom

Berikut adalah caranya :

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah cabut colokan Tv dari listrik lalu tekan tombol volume min (-) bersamaan dengan tombol input, dalam posisi kedua tombol ditahan colokan kembali TV ke colokan listrik dan tetap tombol volume min dan input ditahan sampai layar TV menyala dan ada hurup K di pojok kiri atas.
  2. Setelah hurup K keluar dalam posisi televisi tetap menyala lepaskan kedua tombol yang ditahan bersamaan (min volume dan input)
  3. Masih dalam posisi TV menyala mode K tahan tombol volume min dan chanel min secara bersamaan akan keluar menu-menu stup (option) cari dengan menekan tombol down dan up (mencari halaman option) cari EEP CLEAR bila sudah ketemu pilih dan rubah menjadi on (untuk memilih gunakan tombol chanel bawah dan atas lalu bila sudah terpilih gunakan tombol volume -+ untuk merubahnya.
  4. Cari L ERR RESET rubah menjadi nol
  5. Cari FACTORY INIT rubah menjadi ASIA bila sudah ASIA biarkan saja (tunggu RUNNING dan OK)
  6. Matikan TV dari remot dan nyalakan kembali televisi pun kembali normal.

Perlu dipahami ada beberapa kejadian masalah ini tidak bisa selesai dalam satu kali dengan cara diatas. Pernah dialami sampai beberapa kali bahkan hampir sepuluh kali mencoba baru TV bisa menyala dengan normal.

Masalah yang timbul penyebab gagal diawali dengan susahnya menyala pada cara pertama TV menyala dengan mode K tetapi dalam hitungann detik layar kembali mati suara masih ada tetapi kemudian suara juga mati dan lampu power kembali berkedip, untuk masalah seperti ini terus coba lakukan lagi dan lagi dengan cara diatas sampai TV tetap menyala dalam mode K (beri jarak waktu percobaan).

Cara ini dipraktekan pada LCD TV SHARP AQUOS MODEL LC-40M500M-BK dan berhasil. Dari pengamatan saya sebagai pengguna TV Sharp dengan tipe model LCD TV SHARP AQUOS  LC-40M500M-BK, masalah pada TV LCD seperti ini bisa diperbaiki dengan cara diatas hanya mungkin untuk beberapa saat paling lama “1 tahun” setelah itu TV kembali bermasalah yang sama, TV mati lampu power kedip-kedip tidak berhenti dan remot maupun tombol-tombol menu di TV tidak bisa digunakan tidak merespon.

Ganti mainboard dengan Universal

Menurut tukang servisnya masalah ini terjadi karena ada kerusakan pada IC Eeprom pada mainboard dan pada beberapa produk pabriknya sudah tidak memproduksi part seperti ini.

Lalu bagaimana solusinya?

Bila part pendukung seperti layar LCD masih baik dan apalagi bila power supply, inverter masih juga baik kita bisa mengganti mainboard aslinya yang bermasalah dengan mainboard multi Universal LED/LCD TV Controller Board, mainboard multi ini bisa digunakan untuk LCD TV ataupun monitor sampai dengan 47″ yang saya tahu dari artikel dekripsi produk yang pernah saya baca atau sesuai tipe mainboard multinya-nya itu sendiri.

Bagaimana Cara penggunaan mainboard multi Universal LED/LCD TV Controller Board? tentunya pemasangan harus oleh ahlinya atau tukang servis yang sudah memahami masalah TV dan cara pemasangan dari mainboard universal ini.

Update

Setelah dilakukan penggantian Mainboard pada TV dengan Mainboard Universal, sudah hampir 2 tahun lebih TV Sharp kesayangan masih tetap bisa menyala dengan normal.

Sekian artikel terkait memperbaiki TV LCD layar mati lampu power berkedip-kedip, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

      1. TV led nyaa pertama ada suara gk ada gambar…lalu sya cabut colokan nya..sy nyalahin lagi…trs suara gk ada gambr pun gk ada…power kedip kedip merah

        1. ALHAMDULLAH TV LED 24 INCH TOSHIBA SAYA BERHASIL NYALA NORMAL DENGAN MENEKAN TOMBOL INPUT – MESKIPUN CARANYA AGA BEDA DIKIT. 085 222 96 50 92

      2. udh di coba cara di atas..ttp gk mau nyaalah tv nyaa…gk kluar huruf K…hrus brpa x coba nyaa…tolong dongg🙏

  1. TV led nyaa pertama ada suara gk ada gambar…lalu sya cabut colokan nya..sy nyalahin lagi…trs suara gk ada gambr pun gk ada…power kedip kedip merah