Mengaku Pecinta Martabak ? Yuk, Kenali Martabak Lebih Dalam

  • Whatsapp

Siapa sih yang tidak tahu dengan martabak. Makanan yang satu ini sangat mudah kita jumpai dimanapun. Jumlah penjual nya pun sudah tidak terhitung, baik penjual yang menggunakan gerobak di pinggir jalan hingga restoran. Di Indonesia ada dua jenis martabak yang sangat terkenal, yaitu martabak manis dan martabak telur atau sebagian orang menyebutnya dengan martabak asin.

Kamu si pecinta martabak manis atau asin ? setiap orang memiliki selera masing-masing, ada yang lebih menyukai martabak manis, dan ada yang lebih menyukai martabak asin, bahkan ada yang menyuai keduanya. Tapi tahukah kamu asal muasal dari kedua martabak tersebut ?. Kali ini kita akan ngebahas lebih dalam terntang martabak, untuk menjawan rasa penasaran kamu.

Read More

Martabak Telur

Martabak Telur merupakan makanan yang bersal dari Yaman, dan terkenal di seluruh dunia. Martabak berasal dari Bahasa Arab yaitu murtabaq atau muttabaq. Seperti Namanya, proses pembuatan martabak memang dilipat. Selain di Indonesia martabak jenis ini bisa kamu temui di negara lain, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Yaman dan beberapa negara timur tengah lainnya.

Rasa, isian dan penyajian dari martabak telur di berbagai negara pastinya berbeda-beda sesuai dengan ciri khas negara masing-masing. Malaysia misalnya, restoran peranakan India di Malaysia menyajikan martabak atau yang disebut dengan murtabak dengan bebapa jenis kuah kari dan sambal. Berbeda dengan Indonesia yang menyajikan martabak telur dengan sejenis kuah berwarna coklat yang biasanya dicampur dengan acar bawang.

Martabak Manis

Berbeda dengan martabak telur yang berasal dari timur tengah. Martabak manis merupakan makanan khas bangka, karena itu sebagian orang juga menyebut martabak manis sebagai martabak bangka. Pada awalnya, martabak manis dibuat oleh masyrakat keturunan Tionghoa di Bangka dan diberi nama Hok Lo Pan. Martabak manis juga dikenal dengan nama kue terang bulan. Masyarakat daerah lain di Indonesia juga memiliki sebutan lain untuk martabak manis, contohnya warga Pontianak yang menyebut martabak manis dengan apam pinang, dan masyarakat semarang yang menyebut martabak manis dengan kue bandung.

Dahulu topping martabak manis hanya berupa gula dan wijen. Kini, martabak manis divariasikan dalam berbagai bentuk seperti :

Macam-macam Martabak

  1. Martabak Mini
    Seuai dengan Namanya, martabak mini merupakan bentuk mini dari martabak manis yang biasa kita makan. Jika selama ini kita ragu untuk membeli martabak manis karena khawatir tidak akan menghabiskan sendiri, martabak mini adalah pilihan yang tepat.
  2. Martabak Pizza
    Martabak kekinian ini memiliki bentu yanghampir mirip dengan pizza. Martabak pizza dibagi menjadi beberapa potongan dan tiap potongan memiliki topping yang berbeda. Jenis martabak manis ini pasti akan membuat kamu bingung harus memakan yang mana.
  3. Martabak Es Krim
    Martabak es krim memiliki bentuk yang sama dengan martabak mini. Perpaduan antara martabak dengan topping es krim ini pas untuk menemani saat panas terik.

Selain di Indonesia, martabak manis juga bisa kamu temui di Malaysia, loh. Di Malaysia, martabak manis diberi nama apam balik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *