Mengatasi dua Pelanggaran Kebijakan Adsense

  • Whatsapp
Pusat kebiijakan Google Adsense

Berbicara seputar BRILink dan Agen BRILink tentu tidak akan ada habisnya, dari yang sipatnya menguntungkan dan atau sebaliknya malah yang sipatnya merugikan kita lupakan dulu itu.

Pada kali ini saya ingin berbagi satu masalah yang sudah saya lewati beberapa hari kebelakang tetapi bukan masalah yang berhubungan dengan seputaran BRILink ataupun Agen BRILink tetapi masalah yang sudah bisa saya lewati pada saat ini adalah seputar blog yaitu masalah pelanggaran kebijakan Google Adsense.

Read More

Pelanggaran (1)

Dua kali menerima pemberitahuan / teguran bagi saya sangat-sangat tidak mengenakan, tetapi setelah saya cek memang pelanggaran itu ada sangat jelas sekali bahwa pada satu artikel saya ada muatan bahasa atau kata yang melanggar kebijakan Google Adsense yaitu konten Dewasa, dan juga dengan gambar sekalipun gambar diburamkan tetapi sesuai kebijakan itu termasuk yang dilarang, bisa dibaca dalam kebijakan Adsense tentang konten Vulgar, ini adalah teguran pelanggaran ke-1.

Bagaimana saya mengatasinya?

Dua cara yang saya rasa bisa memperbaiki hal ini yaitu sesuai instruksi Google Adsense:

Cara ( 1)

  1. Perbaiki pelanggaran dengan menghapus kata atau konten yang melanggar dalam hal ini saya harus menghapus kata atau bahasa yang melanggar, link yang mengarah ke situs yang menyediakan hal yang melanggar, dan juga gambar termasuk dalam kategori vulgar sekalipun itu diburamkan.
  2. Yang kedua adalah menghapus iklan pada halaman yang melanggar, untuk Anda yang mengerti dalam hal ini tentunya akan mudah melakukannya.Untuk saya sendiri tidak terlalu paham dan tidak mau pusing juga, saya tidak menggunakan cara yang direkomendasikan oleh Google pada halaman pusat kebijakan.

Cara (2)

Saya lebih memilih cara kedua menurut saya yang paling epektif dan mudah untuk melakukannya yaitu menghapus artikel yang melanggar tersebut.

Setelah menghapus artikel yang melanggar tersebut kembali lagi ke halaman kebijakan Google Adsense, lakukan permintaan peninjauan, setelah melakukan permintaan peninjauan cek rutin halaman pusat kebijakan apakah sudah hilang pelanggarannya, kalau pada saat masalah saya hanya sekitar 2 hari halaman pusat kebijakan kembali bergambar jempol dan “Pertahankan kinerja Anda.Anda tidak melanggar kebijakan” senang rasanya.

Rasa senang tidak bertahan lama” tidak berselang 2 hari halaman pusat kebijakan Adsense saya menampilkan pemberitahuan lagi bahwa pada salah satu blog saya ada pelanggaran lagi.

Pelanggaran kali ini adalah saya menempatkan iklan pada halaman yang tidak ada kontennya, dan ternyata yang melanggar adalah artikel yang saya hapus diatas, padahal bila saya cek versi PC tidak ada iklan yang terlihat ditampilkan tetapi ternyata eh ternyata iklan muncul di versi mobile.

Pelanggaran ke (2)

Pelanggaran ke-2 tentang pelanggaran kebijakan menempatkan iklan pada halaman tidak ada konten.

Bagaimana saya mengatasi untuk masalah pelanggaran ini? tentunya saya harus melakukan penghapusan kode iklan pada halaman melanggar tersebut dengan cara saya hasil baca sana-sini termasuk dari situs Google itu sendiri, tetapi harus diketahui mungkin saja cara ini tidak berhasil pada templat yang berbeda.

Cara memperbai pelanggaran ke (2)

  • Lakukan penghapusan link pada Webmaster
  • Hapus kode iklan otomatis pada templat (bila memasang)
  • Lakukan penghapusan pada unit iklan yang dipasang diluar halaman artikel seperti sidebar, sekitar header dan footer dan yang lainnya bila ada.
  • Setelah semua kode iklan adsense dihapus semua kecuali dihalaman artikel cek kembali link yang melanggar. Cara mengeceknya adalah menggunakan Google Publisher Toolbar 
    • Instal di Chrome lalu sinkronkan dengan akun Google Adsense
    • Buka link halaman yang melanggar dari pusat kebijakan Adsense
    • Buka Google Publisher Toolbar posisinya dipojok kanan atas Google Chrome
  • Google Publisher Toolbar saya sarankan selalu ada di Chrome yang Anda gunakan selain untuk mengatasi masalah pelanggaran kebijakan Google Adsense diatas Publisher juga akan mudah melihat pendapatan Google Adsense secara realtime tanpa harus masuk ke halaman google.com/adsense
  • Selanjutnya lihat hasilnya apakah masih ada iklan yang terdeteksi dihalaman yang melanggar (iklan yang terpasang terkadang tidak terlihat atau tidak muncul tetapi dengan Google Publisher Toolbar akan terdeteksi secara keseluruhan pada halaman yang terbuka tersebut)
  • Bila sudah tidak terdeteksi tidak usah melakukan apa-apa lagi
  • Cek secara berkala halaman pusat kebijakan Google Adsense, bila sudah tidak ada pelanggaran maka akan otomatis pemberitahuan pelanggarn akan hilang dengan sendirinya dalam 7 hari.

Kebijakan Google Adsense begitu sangat-sangat ketat menurut saya, kita harus rajin-rajin mengecek halaman pusat kebijakan dan juga berusaha terus untuk membuat konten yang terbaik dan jauhkan dari segala hal berbau pelanggaran kebijakan Google Adsense pada intinya sekali lagi patuhi kebijakan Google Adsense bila ingin berumur panjang menjadi penayang iklan Adsense.

Tips

Ohh,, ya satu lagi saran saya bila melakukan penghapusan link artikel maka akan berakibat Error 404 Not Found atau artikel tidak ditemukan yang berakibat pada masalah yang kedua yang sudah saya jelaskan tentang pelanggarn kebijan Google Adsense yaitu iklan ditampilkan pada halaman yang tidak ada kontennya. Untuk mengatasi hal ini lakukan cara seperti pada pelanggaran ke-2 diatas setelah melakukan penghapusan link / url atau artikel jangan menunggu sampai diberitahukan di pusat kebijakan Adsense Anda.

Seperti itulah cara saya mengatasi 2 pelanggaran kebijkaan Adsense pada blog sebelumnya pada Blogspot. Untuk diblog WordPress yang saya kelola ini pelanggaran tersebut dalam kurun waktu 1 tahun ini belum pernah terjadi dan semoga saja tidak akan pernah terjadi. Tetapi untuk masalah eror link tidak ditemukan tentunya sudah saya alami tetapi tidak sampai ada pemberitahuan pada halaman pusat kebijakan hanya pada halaman akun>status>kesalahan crawler saja.

Untuk di WordPress bisa dibilang mudah untuk memperbaiki eror pada halaman crawler Adsense yang diakibatkan link tidak ditemukan 404 Not Found seperti sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Sekian terkait Mengatasi salah dua Pelanggaran Kebijakan Adsense semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *