Mengatasi masalah kertas macet pada printer epson L1455

  • Whatsapp

Printer epson L1455 sebagai satu dari sekian banyak printer multipungsi bisa print, scan, copy dengan ukuran sampai dengan A3+ dan soal kecepatan dan kualitas serat irit tinta sudah tidak diragukan lagi, masalah printer epson L1455 yang sering terjadi adalah kertas macet pada saat menggunakan kertas tebal atau kertas poto tetapi jarang terjadi pada kertas HVS.

Harga epson L1455 yang mencapai 12 jutaan tentu menjadi hal memberatkan saat harus merogoh kocek lebih dalam tetapi memang sepadan dengan kualitas dan yang menjadi rekomendasinya adalah multipungsi, dengan satu printer kita bisa melakukan beberapa pekerjaan.

Read More

Baca juga : Cara setting awal Epson L1455

Selain mahal, untuk para pembisnis rumahan yang menggeluti dunia percetakan ada satu lagi kekurangan atau masalah yang sering terjadi pada epson L1455 yaitu sulitnya mencetak poto menggunakan kertas poto ukuran A4 seperti yang sering Admin alami, masalahnya selalu macet mungkin diakibatkan posisi kertas yang ditarik dari bawah dan kertas harus melengkung ke arah posisi kertas masuk, dan kertas poto adalah kertas tebal maka akan susah melengkung dan mengakibatkan macet bahkan kertas menjadi ringsek.

Dari pengalaman Admin bila anda pelaku bisnis percetakan rumahan seperti cetak poto tidak disarankan menggunakan epson L1455 lebih baik gunakan printer yang posisi penyimpanan keras ada diatas seperti epson L1800 untuk ukuran A3 dan seri L lainnya yang banyak dipasaran bila terlanjur sudah membeli epson L1455 gunakan kertas poto yang tidak terlalu tebal dan atau gunakan kertas poto ukuran A3 akan lebih baik dan jarang kena macet mungkin dikarenakan roda penarik kertas akan berpungsi secara keseluruhan pada kertas A3.

Bagaimana mengatasi kertas macet?

Sebetulnya sangat mudah bila sudah tahu caranya tetapi akan susah bagi yang belum paham apalagi epson L1455 terbilang jarang yang pake dan akan jarang pula yang tahu bagaimana mengatasi kertas yang macet, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, langkahnya adalah tengok pada belakang printer seperti digambar 1-2,


Gambar 1

Gambar 2

Setelah terbuka bisa dilihat gambar 3 coba tarik perlahan keluar secara lurus yang ditandai merah bila sudah keluar bisa dilihat gambar 4 dan cabut kertas dengan jangan lupa membuka dulu kunci searah ketengah.

Gambar 3

Gambar 4

Bila sudah kertas terlepas pasang kembali ke posisi semula dorong sampai berbunyi dan selanjutnya lihat pada layar monitor printer ada perintah setelah membuka kertas yang macet untuk klik Star pilih salah satu aja, bila tidak cancel maka akan mulai print ulang lagi.  

Dari sekilas penjelasan diatas sebagai solusi mengatasi kertas macet pada printer epson L1455 adalah usahakan gunakan printer untuk cetak atau print HVS saja, bila kertas poto gunakan kertas yang baik, tidak ringsek, ada lipatan atau terlalu tebal akan lebih baik lagi selalu gunakan saja kertas poto ukuran A3, bila kertas potonya adanya cuma A4 posisikan kertas lanscap dan pilih pemgaturannya pada kertas A3. Atau bisa coba gunakan slot kertas yang dari atas walau memang yang saya alami sering sekali gagal kertas macet dan ringsek.

Untuk saya pribadi printer epson L1455 lebih baik digunakan untuk jasa scan, print bisa warna atau hitam putih, jasa poto copy juga bisa kalau hanya sedikit-sedikit seperti untuk diperkampungan yang tidak seramai seperti diperkotaan. Bagi saya hindari mencetak pada kertas tebal seperti kertas poto atau yang ketebalannya diatas HVS.

Sekian terkait Mengatasi masalah kertas macet pada printer epson L1455 semoga bermanfaat.

Good luck…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments