Mengenal Lebih Dekat T-Bank pada BRILink

  • Whatsapp

Assalamualaikum Wr.Wb. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengenal lebih dekat apa itu T-Bank yang tentunya disini adalah seperti kita ketahui sebagai salah satu fitur pada BRILink.

T-Bank atau transaksi tanpa bank merupakan salah satu produk dari BRILink yang menyediakan layanan perbankan sederhana bagi yang tidak memiliki rekening bank. Layanan ini terwujud setelah BRI menandatangani kerjasama dengan Telkom untuk menghadirkan layanan ini. Telkom menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk mendukung segala kebutuhan perbankan Bank BRI.

Read More

Uji coba layanan T-Bank ini dijalankan oleh BRI dan Telkom untuk mendukung program Financial Inclusion yang bertujuan menyediakan jasa perbankan bagi orang-orang yang belum memiliki rekening bank. Sistem Financial Inclusion merupakan sistem penyediaan transaksi keuangan berbasis uang elektronik yang tersimpan dalam suatu server yang menggunakan nomor handphone sebagai nomor rekening sehingga pengguna tidak perlu mendaftar ke kantor bank. Meskipun begitu, pengguna yang sudah memiliki rekening di bank BRI tetap bisa mendaftar untuk layanan ini.

Nomor rekening virtual ini memiliki saldo tersendiri yang tidak akan terbagung dengan pulsa operator. Saldo ini dapat digunakan untuk melakukan transasksi perbankan umum seperti transfer maupun tarik tunai.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna harus memiliki nomor HP yang aktif dan tentunya harus memiliki kartu identitas baik KTP, SIM, maupun kartu pelajar. Untuk registrasinya sendiri terbilang cukup mudah, baik smartphone maupun HP biasa dapat registrasi dengan cara menghubungi *212#, kemudian pilih menu ‘Registrasi’ dan memasukkan data yang diperlukan. Setelah memasukkan semua data yang diperlukan, pengguna akan mendapatkan PIN sebagai kode keamanan rekening virtual pengguna.

Registrasi T-Bank terbagi menjadi dua, yakni registrasi semi dan registrasi penuh. Untuk registrasi semi cukup hanya mengirimkan data identitas melalui HP pengguna. Untuk registrasi penuh dilakukan dengan mendatangi kantor bank BRI atau agen BRILink terdekat, yang selanjutnya akan disuruh untuk mengisi form registrasi T-Bank dan menyerahkan fotokopi identitas pengguna.

Tentunya untuk dapat melayani keuangan tanpa rekening bank ini, para pengguna tetap harus mempunyai saldo di rekening T-Bank. Pengguna bisa menyetorkan uang sesuai keinginan melalui agen-agen T-Bank BRILink terdekat. Jika pengguna ternyata sudah memiliki rekening bank, pengguna bisa menyetor uang melalui Mobile/SMS Banking BRI sehingga dana di rekening pengguna akan pindah ke rekening virtual ini. Mengenai jumlah saldo, batas maksimum dana yang boleh disimpan melalui registrasi semi sebesar 1 juta Rupiah, sedangkan untuk yang mendaftar melalui registrasi penuh akan diberikan batas maksimum hingga 5 juta Rupiah. Karena nominal yang kecil ini dan penggunaannya yang transaksional, maka T-Bank bukan dianggap sebagai tabungan dan tidak dilindungi oleh OJK.

Layanan keuangan seperti transfer dan tarik tunai bisa dilayani oleh layanan T-Bank. Untuk transfer dana antar T-Bank, cukup memasukkan nomor HP penerima dan nominal yang akan dikirim. Sesuai regulasi BI, batas maksimum nominal yang dapat ditransfer melalui T-Bank adalah sebesar 5 juta Rupiah, sama dengan batas maksimal jumlah saldo di rekening T-Bank. Setelah selesai, penerima akan menerima notifikasi berupa SMS jika transaksi telah selesai.

Untuk melakukan tarik tunai di ATM BRI juga cukup mudah, sebelumnya pengguna harus mempunyai ‘kode akses yang berlaku selama 15 menit’ dengan menghubungi *212# pada menu telepon HP pengguna. Setelah mendapatkan ‘kode akses’, pengguna bisa langsung menuju ATM dan menekan tombol yang berada di ujung kanan bawah. Setelah menekan tombol tersebut, pengguna tinggal memasukkan PIN T-Bank, kode akses, nomor HP yang digunakan dan jumlah uang yang akan ditarik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *