Menjaga Performa Komputer Agar Tetap Seperti Baru

  • Whatsapp

Teknologi menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi, seseorang akan sangat terbantu untuk melakukan berbagai hal. Teknologi yang saat ini terus digunakan oleh seseorang adalah laptop dan handphone. Namun tanpa Anda ketahui, teknologi yang satu ini juga masih sering digunakan oleh banyak orang. Ya, komputer masih sering menjadi pilihan untuk melakukan berbagai aktivitas. Terlebih bagi perusahaan besar yang tak mungkin menggunakan banyak laptop untuk bekerja. 

Selain itu, komputer memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan teknologi lain. 

Read More

Komputer memiliki sebuah jaringan yang mampu menghubungkan dua atau lebih komputer. 

Jaringan komputer 

Teknologi jaringan komputer ini, mampu terhubung melalui berbagai jenis jaringan seperti 

LAN (Kocak Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), PAN (Pearson Area Network), CAN (Campus Area Network), internet, dan VPN (Virtual Private Network). 

Namun setelah Anda memilikinya, tentu Anda tidak bisa begitu saja mendiamkannya. Anda harus melakukan berbagai perawatan agar komputer tetap terjaga kualitasnya.  

Tips dan trik menjaga performa komputer 

Lantas bagaimana tips dan trik komputer terbaru agar performanya tetap terjaga seperti baru? Ini dia ulasan singkat untuk Anda. 

  • Mengubah power setting. Agar performa komputer dapat tetap terjaga, Anda bisa mengubah power setting dari balance menjadi high performance. Untuk mengatur hal ini, Anda bisa menekan bagian baterai yang ada pada taskbar.  
  • Matikan program yang berjalan otomatis. Dengan mematikan beberapa program yang berjalan secara otomatis tentunya juga akan sangat membantu dalam menjaga kualitas komputer. Anda cukup menekan Ctrl + Alt + Del untuk kemudian memilih bagian Task Manager, pilih startup dan mengubahnya menjadidisable
  • Matikan windows dengan masuk ke bagian setting, pilih system, kemudian notification & action, terakhir matikan bagian get tips trick, and suggestions as you use Windows
  • Mematikan sinkronisasi otomatis dan onedrive. Untuk mematikannya, Anda bisa memilih logo awan pada taskbar kemudian klik kanan dan pilih pause syncing. Selain itu, Anda juga bisa mengaturnya melalui Setting > Account > Unlink this PC > Unlink Account
  • Matikan index pencarian dengan mengetik services.msc pada start menu, kemudian pilih services. Setelah itu pilih windows search kemudian klik dua kali dan pilih stop. 
  • Bersihkan hardisk dari hal-hal yang tidak diperlukan. Pembersihan ini mampu membantu Anda mempercepat kinerja komputer. 
  • Bersihkan registry. Anda bisa menggunakan Auslogics Registry Cleaner untuk membantu Anda. 
  • Tips dan trik komputer terbaru berikutnya adalah mematikan efek visual yang berjalan secara otomatis. Pada kolom pencarian, Anda bisa menuliskan sysdm.cpl kemudian pilih tabulasi advanced dan pilih performance    . Anda bisa memilih beberapa saja untuk dimatikan atau memilih adjust for best performance untuk mematikan semua efek visual baik itu animasi maupun bayangan. 
  • Hapus file atau shortcut yang tidak lagi digunakan dengan mengaktifkan windows troubleshooter.  
  • Mengawasi komputer melalui performance monitor. Ketik report pada pencarian kemudian enter. 
  • Mematikan bloatware dengan sebuah software. 
  • Untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik, mematikan kemudian menyalakan kembali komputer Anda. 

Itu dia beberapa informasi mengenai tips dan trik komputer terbaru yang bisa Anda terapkan. Semoga informasinya bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *