Menu Buka Puasa yang Sehat dan Bergizi tuh Seperti Ini!

  • Whatsapp

Berbuka atau membatalkan puasa pada waktu yang telah ditentukan, yaitu pada saat maghrib atau terbenamnya matahari adalah saat yang ditunggu kaum muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, seorang yang menjalankan puasa tentu saja sangat bersemangat menunggu waktu berbuka. Namun seringkali seseorang mengalami kesulitan saat memilih menu buka puasa yang sehat.

Cara Terbaik Dalam Memilih Menu Buka Puasa

Rekomendasi The Warkop Kitchen Ciracap

Di bawah ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memilih menu untuk berbuka yang sehat. Sebaiknya anda pun mengetahuinya supaya bisa berbuka dengan lebih nikmat dan menyehatkan.

Read More

1. Buat daftar menu

Membuat daftar menu makanan sehat sangat membantu dalam menentukan pilihan menu berbuka. Usahakan memasak sendiri menu berbuka puasa di rumah. Pastikan makanan yang akan Anda masak mengandung gizi yang sempurna, sehat dan higienis. Hindari penggunaan makanan instant dan berpengawet agar makanan untuk berbuka lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya.

2. Berbukalah dengan yang manis

Siapkan menu minuman dan ta’jil yang manis dalam berbuka. Salah satu makanan yang dianjurkan ada dalam menu buka puasa yang sehat adalah kurma. Rasa manis yang terdapat pada buah kurma akan membantu mengembalikan energi.

Baca juga : Menjaga kesegaran saat puasa bisa dilakukan dengan tips ini!

Makan dua biji kurma hal yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat berbuka. Hindarilah gorengan saat berbuka puasa agar terhindar dari sakit. Usahakan minum minuman yang manis dan hangat saat berbuka untuk menetralisir perut yang kosong. Hindarilah pula berbuka puasa dengan minuman menandung kafein seperti kopi, dan minuman bersoda.

3. Perbanyak buah dan sayur

Memperbanyak buah dan sahur dapat membantu mengembalikan metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa. Sayuran yang bergizi dan buah segar yang dimakan ketika berbuka puasa sangat dianjurkan untuk ada dalam menu buka puasa. Membiasakan diri makan sayur dan buah akan memperbaiki sel tubuh yang rusak dan menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit.

4. Perbanyak karbohidrat

Dalam berbuka, asupan paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah karbohidrat. Perbanyak karbohidrat dalam menu buka puasa membantu mengembalikan energi dengan cepat. Makanan yang mengandung karbohidrat akan cepat mengenyangkan dan baik bagi kesehatan tubuh.

5. Halal

Pastikan makanan yang Anda konsumsi halal dan bergizi. Pastikan bahan makanan yang Anda pilih halal dan aman untuk dikonsumsi.

Itulah tadi keempat tips yang dapat Anda lakukan dalam menentukan menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *