Menu pada Mesin EDC yang Paling Sering Digunakan Agen BRILink

Menu pada Mesin EDC yang Paling Sering Digunakan Agen BRILink

Jika anda adalah agen brilink yang masih baru dan masih dalam proses mempelajari menu-menu yang ada pada EDC, jangan terlalu bingung dengan banyaknya menu yang terdapat pada mesin kecil itu. Memang Banyak sekali menu yang terdapat pada mesin EDC BRILink ini, tetapi berdasarkan pengalaman saya, tidak semua menu perlu kita gunakan.

Read More

Pada hari pertama saya menerima EDC, saya sempat dibingungkan dengan menu BRIZZI dan T-bank. Terus terang saya, yang adalah orang desa, asing dengan dua istilah tersebut. Tetapi karena di buku saku BRILink, yang pada saat itu saya anggap sebagai buku panduan, dan di spanduk BRILink yang diberikan BRI, kedua menu tersebut tampak penting, maka saat itu saya sibuk mencari informasi tentang dua menu tersebut. Apa itu BRIZZI ? Apa itu T-bank? Karena saya merasa harus siap jikalau ada nasabah memerlukan transaksi dengan kedua menu tersebut. Terus terang, meskipun saya berusaha mencari informasi, baru bulan kemarin saya mengerti apa itu BRIZZI dan T-bank, meskipun sampai sekarang saya belum pernah dan sepertinya belum bisa melakukan transaksinya, karena memang sampai saat ini, lewat dari 6 bulan jadi agen, belum ada satu nasabah pun yang memerlukan kedua menu tersebut.

Jadi, bagi para agen brilink baru, saya menyarankan untuk tidak dipusingkan dengan banyaknya menu pada EDC, seperti saya dulu. Disini saya akan berbagi pengalaman, menu apa saja yang paling penting diketahui dan dipelajari karena menu-menu inilah yang akan paling banyak digunakan sebagai Agen BRILink.

Menu-menu tersebut adalah:

1. SETOR SIMPANAN

  • SETOR SIMPANAN terdapat pada Menu Tunai. Setor Simpanan saya gunakan ketika ada nasabah yang membawa uang tunai dan ingin menyetorkannya ke rekening BRI. Ini artinya dalam melakukan transaksi ini ATM milik saya yang digunakan. Menu ini tidak terkena biaya admin bank.

Cara melakukan SETOR SIMPANAN silahkan klik DISINI

2. SETOR PINJAMAN

  • Sama halnya dengan SETOR SIMPANAN, SETOR PINJAMAN terdapat pada Menu TUNAI. Transaksi SETOR PINJAMAN pun tidak terkena biaya admin bank. Menu ini digunakan ketika ada nasabah yang ingin membayar cicilan BRI langsung pada rekening pinjaman.

Cara Melakukan SETOR PINJAMAN silahkan klik DISINI

3. TRANSFER SESAMA BRI

  • TRANSFER SESAMA BRI terdapat pada Menu MINI ATM. Menu ini saya gunakan ketika ada nasabah ingin melakukan Tarik Tunai dengan kartu ATM BRI atau ada nasabah yang ingin melakukan transfer ke rekening BRI dengan menggunakan ATMnya sendiri (ATM BRI).

Cara Melakukan TRANSFER SESAMA BRI silahkan klik DISINI

4. TRANSFER ANTAR BANK

  • TRANSFER ANTAR BANK juga terdapat pada Menu MINI ATM. Menu ini saya gunakan ketika ingin mentransfer uang dari Rekening BRI ke rekening Bank lain atau sebaliknya. Baik itu ATM saya yang digunakan, ataupun ATM nasabah yang digunakan, jika ingin melakukan transaksi dengan rekening Bank Lain, menu inilah satu-satunya yang bisa digunakan.

Cara Melakukan TRANSFER ANTAR BANK silahkan klik DISINI

5. SETOR PASTI

  • Seperti halnya TRANSFER SESAMA BRI dan TRANSFER ANTAR BANK, SETOR PATSI terdapat pada Menu MINI ATM. Menu ini sebaiknya digunakan ketika ada nasabah yang ingin melakukan Tarik Tunai dengan kartu ATM BRI. Baca Penjelasan lebih lengkap pada:

Setor Simpanan, Setor Pasti, Transfer Sesama BRI, Transfer Antar Bank, Ataukah Tarik Tunai???Cara Melakukan SETOR PASTI silahkan KlikDISINI6. PEMBAYARAN PLN

  • Bukan hanya Setor Tunai, Tarik Tunai, dan Transfer Antar Bank yang bisa dilayani Agen BRILink, tetapi juga berbagai jenis Pembayaran, salah satunya adalah PLN. Ada 2 jenis pembayaran PLN, Post Paid/Pasca Bayar dan Prepaid/Pra Bayar.

Cara Melakukan PEMBAYARAN PLN silahkan Klik DISINI

7. ISI ULANG PULSA

  • Isi Ulang Pulsa HP pun bisa dilakukan di Agen BRILink. Hampir semua operator pulsa bisa melakukan isi ulang dengan Mesin EDC BRILink.

Cara Melakukan ISI ULANG silahkan Klik DISINI

8. INFORMASI SALDO

  • CEK SALDO adalah kegiatan yang paling penting dilakukan. Lakukanlah Cek Saldo setelah melakukan transaksi, terutama ketika terjadi gagal transaksi, untuk mengecek apakah saldo terdebet atau tidak. Cek Saldo juga sering minta dilakukan oleh nasabah sebelum melakukan transaksi Tarik Tunai.

Cara Melakukan CEK SALDO silahkan klik DISINI.

9. MINI STATEMENT

  • MINI STATEMENT adalah data lima transaksi terakhir. Mini Statement berguna sekali untuk mengecek jumlah uang yang baru saja masuk atau baru saja keluar. Selain itu Mini Statement juga berguna untuk mengetahui nomor rekening yang terhubung pada kartu ATM.

Cara Melakukan Cetak MINI STATEMENT silahkan klik DISINI

10. REPORT

  • REPORT adalah laporan jumlah transaksi yang dilakukan pada hari tertentu. Ada dua jenis Report/Laporan yang bisa dicetak: Today Summary (Laporan Transaksi Hari ini) dan Past Summary (Laporan Transaksi Hari Lain selain Hari Ini). Mencetak Laporan diperlukan jika ingin mengetahui jumlah transaksi yang sudah dilakukan.

Cara Melakukan Cetak REPORT/Laporan Transaksi silahkan klik DISINI

11. REVIEW

  • Menu REVIEW atau Tinjauan Ulang diperlukan jika ingin melihat data transaksi yang sudah dilakukan. Menu REVIEW juga bisa digunakan untuk mencari TRACE NUMBER. Trace Number diperlukan jika ingin mencetak ulang bukti transaksi yang terdapat pada Menu MINI ATM.

Cara Menggunakan Menu REVIEW Silahkan klik DISINI

12. REPRINT

  • Menu REPRINT atau Cetak Ulang diperlukan jika kita ingin mencetak ulang bukti transaksi yang telah berhasil dilakukan.

Related posts