Minat Jadi Agen BRILink? Tahu Dulu Produk, Untung, Rugi Dan Syaratnya

  • Whatsapp

Ini Dia Keuntungan Menjadi Agen BRILink dan Persyaratannya

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan BUMN terbesar yang juga tersebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Bank BRI terus berkomitmen guna mendorong literasi keuangan di tanah air. Dimana hal ini dilakukan lewat inovasi layanan perbankan tanpa kantor atau branchless banking dengan sebutan Agen BRILink. 

Apa Itu BRILink?

Pemerintah bersama bank Indonesia pada tahun 2012 lalu sudah mempersiapkan penetapan layanan perbankan atau Branchless Banking tanpa melalui kantor cabang sekaligus memanfaatkan teknologi guna mencapai nasabahnya. 

Untuk menindaklanjutinya, tepat di tahun 2015 OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sebagai otoritas untuk mengawasi lembaga keuangan dan perbankan, selanjutnya meluncurkan program berbasis LAKU PANDAI, yaitu Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif.

Bank BRI akhirnya menindaklanjuti layanan tersebut dengan merilis program BRILink. Adanya program ini, sudah tentu memberikan banyak keuntungan bagi BRI sebab BRI mempunyai nasabah hingga di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan BRILink, maka bank BRI dapat mencapai semua nasabahnya yang ada di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau, tanpa perlu mendirikan kantor cabang di area tersebut. Adapun orang yang melayani program BRILink ini biasa disebut sebagai Agen BRILink.

Agen BRILink adalah perluasan dari layanan BRI, yakni BRI melakukan kerjasama dengan beberapa nasabah BRI untuk menjadi agen yang bisa membantu melayani transaksi keuangan dan perbankan kepada masyarakat lewat fitur mini ATM atau EDC yang dilengkapi aplikasi berbentuk BRILink mobile melalui sistem sharing fee.

Layanan dan Produk BRILink

Berikut ini beberapa layanan dan produk BRILink, meliputi :

  • T-Bank

Layanan keuangan secara digitall, berupa produk e-money atau uang elektronik yang berbasis server BRI menggunakan nomor ponsel yang sudah didaftarkan menjadi nomor rekening, saat ini telah bermigrasi menjadi produk LinkAja.

  • LAKUPANDAI

Aktivitas yang menyediakan layanan keuangan atau perbankan yang dilakukan tanpa melalui kantor cabang. 

  • Mini ATM BRI

EDC ialah singkatan dari Electronic Data Capture biasanya dipakai untuk menjalankan transaksi perbankan non tunai, sama seperti transaksi perbankan non tunai di mesin ATM.

Apa Keunggulan dan Fasilitas Utama dari Agen BRILink?

  • LAKUPANDAI

Untuk layanan Lakupandai sendiri meliputi transaksi report, setoran uang, cash in & out, pengisian ulang pulsa, tarik tunai, dan belanja merchant.

  • Tunai

Meliputi transaksi setoran simpanan, setoran pinjaman, dan tarik tunai.

  • Mini ATM BRI

Mini ATM BRI melayani registrasi internet banking, registrasi mobile banking, transfer,pembayaran, informasi rekening, setor-pasti, pengisian ulang pulsa, dan pembayaran. 

Adapun keunggulan utama modal usaha ini diantaranya bebas biaya sewa, mendapatkan sharing fee secara kompetitif dan tanpa modal.

Keuntungan Bertransaksi Langsung di Agen BRILink

Bagi para nasabah bank BRI, ada banyak keuntungan jika Anda bertransaksi di agen BRILink, diantaranya sebagai berikut :

  • Mudah dan Cepat

Harus ngantri berjam-jam di bank tentu menjadi hal yang sangat membosankan, bahkan tidak jarang membuat kita kesal. Karena harus meninggalkan pekerjaan hanya untuk melakukan transaksi perbankan. Namun dengan bertransaksi di agen BRILink ini, membuat transaksi keuangan Anda pun lebih hemat waktu, cepat dan tentunya lebih mudah. Apalagi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

  • Transaksi Kapan Saja

Melakukan transaksi kapan pun tanpa harus terikat jam kerja tentu membuat Anda lebih leluasa. Mengingat jam kerja dari agen BRILink biasanya ditentukan oleh pihak agen tersebut, berbeda dengan kantor perbankan yang biasanya hanya buka dari hari Senin-Jumat. Namun di agen BRILink bisa saja buka dari hari Senin-Minggu alias setiap hari, dari pagi hingga malam hari, sesuai kebijakan sang agen. 

  • Setor ke Rekening Bank Secara Real Time

Apakah Anda tidak memiliki akun rekening BRI? Tentu tidak masalah. Ketika Anda harus mentransfer sejumlah uang, maka Anda bisa memanfaatkan layanan agen BRILink karena dapat melayani transaksi perbankan ke semua rekening bank.

  • Dapat Melakukan Tarik Tunai

Selain layanan setor uang, di Agen BRILink juga tersedia layanan tarik tunai, asalkan Anda memiliki kartu ATM baik ATM BRI ataupun ATM bank lainnya yang berlogo Prima, GPN, Link, Bersama.

  • Tarik Tunai ATM BRI Tanpa Batasan 

Jika Anda memiliki kartu ATM BRI berjenis classic, Anda biasanya hanya bisa melakukan transaksi tarik tunai maksimal sebesar Rp. 10 juta saja di ATM per harinya.  Namun, jika Anda bertransaksi di BRILink maka Anda bisa melakukan penarikan uang lebih dari Rp. 10 juta, selama agen tersebut mempunyai persediaan uang tunai.

Adapun fitur-fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan BRILink, selain tarik tunai, transfer dan setor tunai, Anda dapat melakukan beberapa transaksi lainnya, diantaranya seperti pembayaran listrik, pengisian pulsa, pembelian token listrik, pembayaran BPJS, cicilan, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Baik nasabah bank maupun non nasabah bank, Anda tetap dapat melakukan transaksi bersifat tunai di agen BRILink. Seperti pengiriman uang ke akun rekening bank saudara  ataupun untuk pembayaran online shop

Tentang Agen BRILink

Bank BRI telah menyediakan layanan perbankan nirkantor sampai ke wilayah perbatasan dan pelosok desa. Pasalnya layanan BRILink berbasis kemitraan ini tak hanya menawarkan manfaat berupa efisiensi operasional saja, tetapi juga dapat memberikan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat, entah itu nasabah bank BRI ataupun non nasabah BRI.

Untuk menjadi agen BRILink, salah satu persyaratannya ialah sudah mempunyai usaha setidaknya selama 2 tahun atau berbentuk badan usaha tanpa berbadan hukum. Tidak hanya itu, agen BRILink juga harus mempunyai lokasi usaha yang bersifat permanen serta sudah dikenal oleh masyarakat di sekitar. 

Setap mitra BRILink akan mendapatkan nomor keagenan dari bank BRI, yang akan dipasang di tempat/lokasi usaha agen tersebut. Nomor keagenan ini juga bisa dilakukan pengecekan secara langsung di aplikasi perangkat jenis apapun, dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 3300 melalui format ketik INFO (spasi) TBAGEN (spasi) NOAGEN, selanjutnya Anda akan menerima belasan informasi berupa nama agen, nomor agen, beserta alamat agen BRILInk.

BRILinks Mitra adalah pihak yang sudah bekerjasama dengan bank BRI, biasanya disebut sebagai Agen BRILinks. Untuk menjalankan aktivitasnya, agen BRILinks memakai kartu debit BRI yang digunakan untuk bertransaksi menggunakan EDC BRILink. 

Apa Saja Persyaratan Menjadi Agen BRILink?

Untuk menjadi agen BRILink, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda lengkapi, di bawah ini :

  • Kartu Identitas DIri

Anda harus membawa fotokopi dokumen berupa identitas pemilik, berupa KTP pemilik atau pengurus dan NPWP pemilik bagi yang berbentuk badan usaha.

  • Rekening Tabungan BRI

Menyertakan fotokopi kepemilikan rekening Koran atau buku tabungan BRI.

  • Dokumen Usaha

Menyertakan fotokopi dokumen berupa legalitas usaha, seperti SKU (Surat Keterangan Usaha) setidaknya dari pihak RT/RW, TDP bagi agen yang berbadan usaha, SIUP, Akte Pendirian dan izin mendirikan usaha lainnya.

  • Domisili

Domisili agen BRILink sendiri harus bertempat di wilayah Indonesia.

  • Omset Minimum

Calon agen BRILinks memiliki omset minimum setiap bulannya. 

  • Status Lokasi Usaha

Status tempat usaha baik milik sendiri maupun sewa minimal satu tahun. Jika status sewa lkasi usaha masih kurang dari setahun, maka wajib menyertakan surat pernyataan calon mitra BRILink untuk memperpanjang tempo sewa dilengkapi dengan surat perpanjangan penyewaan yang telah diterbitkan pihak pemilik gedung.

  • Melengkapi Formulir

Ada beberapa formulir yang harus dilengkapi oleh calon agen BRILink, diantaranya surat pernyataan, permohonan agen BRILink, surat kuasa khusus jika diperlukan.

Sistem Pembagian Fee Untuk Agen BRILink

Pihak BRI memberikan sistem pembagian fee berupa sharing fee, berupa skema pembagian fee atau keuntungan antara bank BRI dengan mitra BRILink berdasarkan transaksi perbankan yang dilakukan lewat EDC BRILink. Untuk skema pembagian fee itu sendiri yaitu, prosentase sharing fee bank BRI sebesar 50% untuk agen BRILink. 

Apa Saja Keuntungan Menjadi Agen BRILink?

1. Meningkatkan Brand Bisnis Anda

Jika Anda mempunyai bisnis lain, misalnya mempunyai usaha toko kelontong maka bisa membuat pamor toko Anda meningkat, sebab pemasangan spanduk di depan lokasi usaha yang berlogo BRI bisa menaikkan brand usaha Anda. Contohnya, Anda mempunyai toko kelontong, lalu Anda menjadi mitra BRILInk, maka pembeli Anda pun menjadi lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya, sebab mereka merasa lebih terlayani lewat kehadiran layanan BRILink, mengingat layanannya yang sangat lengkap, seperti pengecekan saldo, transfer uang, bayar listrik, dan beli pulsa.

2. Membantu Kemudahan Layanan Sebagian Nasabah Bank BRI

Saat kita membantu seseorang, tentu saja ada rasa kebahagiaan dan kepuasan tersendiri. Kita mungkin merasakan sendiri saat benar-benar membutuhkan uang ataupun ingin mengirimkan uang ke saudara atau orang tua saat jam-jam darurat, seperti malam hari tentu akan kesulitan melakukan transaksi perbankan mengingat kantor cabang bank sendiri sudah tutup. Namun dengan mendatangi agen BRILink ini, kita bisa bernafas lega karena dapat melakukan pengambilan uang atau transfer uang dengan mudah dan cepat. Nah, ini jugalah yang dirasakan oleh nasabah bank BRI saat mereka melakukan transaksi perbankan di BRILink Anda. 

3 Fee atau Komisi yang Diperoleh Agen BRILink

Sebenarnya keuntungan menjadi mitra BRILink yang paling utama ialah komisi. Faktor utama seseorang tertarik menjadi agen ialah penghasilan yang didapatkan. Selain itu, ada dua sumber pendapatan agen BRILink, diantaranya :

  • Sharing Fee

Fee yang satu ini adalah sistem bagi keuntungan antara pihak BRI dengan agen dari jumlah total keuntungan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Saat menjadi agen BRILink, Anda akan dipinjamkan mesin EDC Sebagai fitur layanan menjadi mitra BRILink. EDC itu sendiri seperti halnya mesin ATM tapi berbentuk mini alias kecil, didalamnya terdapat banyak pilihan menu yang hampir sama seperti yang terdapat di ATM. Adapun besarnya komisi yang diperoleh berbeda-beda tiap transaksi. 

Adapun jumlah pendapatan atau komisi yang diperoleh dari tiap transaksi, diantaranya untuk transfer ke sesama BRI mendapatkan keuntungan Rp. 1500, pengisian pulsa AS/Simpati RP. 1.575, PLN Prepaid atau Post Rp. 1.125, dan transfer ke antar bank sebesar Rp. 2.500

  • Komisi Tambahan

Jika dilihat sepintas komisi menjadi agen BRILink berdasarkan sistem sharing fee di atas terbilang kecil, tapi jangan salah sebab Anda juga bisa mendapatkan fee tambahan yang bisa didapatkan setiap melakukan transaksi keuangan yang berhasil, komisi ini biasanya ditetapkan oleh agen BRILink ke pengunjung, adapun besarnya komisi bisa disesuaikan berdasarkan lokasi tempat agen berada. 

Misalnya, jarak lokasi Anda dari ATM BRI dan kantor BRI terdekat sekitar 4 km. Maka komisi tambahan untuk melakukan transfer ke sesama nasabah BRI bisa Anda bebankan sebesar Rp.5.000, untuk melakukan transfer antar bank sebesar Rp. 15.000, sama halnya dengan transaksi penarikan tunai, untuk transaksi di bawah RP. 5 juta dikenakan tarif Rp. 5.000, sedangkan transaksi di kisaran Rp. 5 juta sampai Rp. 10 juta dikenakan Rp. 7.500. 

Kemudian untuk pembelian pulsa PLN dan HP, atau pembayaran lainnya bisa mengambil dari sistem sharing fee yang sudah ditetapkan oleh bank BRI.

Jadi jika Anda ingin menghitung besarnya keuntungan sebagai agen BRILink, bisa dilihat dari komisi tambahan. Kunci sukses bisnis agen BRILink sendiri ialah semakin banyaknya layanan transaksi perbankan yang berhasil, maka akan semakin banyak komisi yang Anda dapatkan. Dalam hal ini, Anda Hanya perlu menghitung besarnya komisi transaksi yang diperoleh.

Nah, itulah keuntungan yang diperoleh dengan menjadi agen BRILink. Bagaimana, apakah Anda paham mengenai penjelasan kedua sumber keuntungan agen BRILink secara rinci di atas? Anda harus percaya bahwa usaha menjadi agen BRILink ini mudah sekali dilakukan cukup dengan bermodalkan uang lalu kembali lagi berbentuk uang.

Resiko Menjadi Pemilik Agen BRILink

Selain keuntungan, ada beberapa resiko yang dialami agen BRILink yang harus Anda ketahui, sebagai berikut :

1. Transaksi Gagal

Layanan perankan ialah layanan yang biasanya mengandalkan jaringan untuk melakukan setiap transaksinya. Namun yang namanya jaringan tidak selalu lancar dan bagus, terkadang jaringan internet menjadi down, jadi transaksi perbankan yang dilakukan seringkali pending atau bahkan kadal. Kondisi ini tentu saja sudah cukup familiar. Mengingat layanan digital jenis apapun itu tergantung dari jaringan. Apabila jaringan sedang bermasalah, dengan begitu transaksi pun menjadi gagal atau tidak berhasil.

Selain itu, kerugian yang dialami para agen BRILink ialah saldonya akan berkurang atau terdebet untuk memenuhi instruksi transaksi, sementara transaksi yang dilakukan sendiri gagal. 

2. Mendapat Komplain Nasabah

Layanan BRILink merupakan layanan keuangan. JIka berbicara mengenai uang tentu sifatnya sangat sensitif. Apabila Anda melakukan transaksi transfer tapi tidak sampai atau gagal ke rekening tujuan, maka konsumen pun merasa dirugikan. Tentu saja, mereka tidak peduli apapun alasannya, meskipun jaringannya tidak stabil. Inilah alasan yang membuat pelanggan komplain.

3. Komisi yang Relatif Sedikit

Komisi yang Anda peroleh di tiap transaksinya sebenarnya jumlahnya tidak seberapa daripada resiko yang didapatkan. Justru ada komisi yang tak sesuai perjanjian kerjasama. 

Mendirikan usaha menjadi agen BRILink memang sangat menjanjikan, asalkan Anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu diketahui. Seperti, ada sejumlah uang atau dana di rekening BRI Anda yang akan dibekukan untuk dijadikan jaminan mendapatkan mesin EDC. Adapun dana yang dibutuhkan ialah sebesar Rp. 3 juta jika Anda mempunyai rekening tabungan tanpa mempunyai rekening pinjaman.

Kemudian sebesar Rp. 500 ribu (aturan ini kadang berbeda disetiap Agen) akan dibekukan apabila Anda mempunyai rekening pinjaman di bank BRI. Selama Anda menjadi agen, maka dana tersebut ditahan terlebih dahulu kemudian bisa dicairkan saat yang Anda sudah tak menjadi agen BRILink lagi. Selain itu, BRI juga menetapkan target untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh agen BRILink. Adapun target transaksi yang ditetapkan BRI ialah sebanyak 200 kali transaksi setiap bulannya. Lalu, jika kurang bisa dikenakan penalty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *