Motor Tidak Mau Digas? Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

Motor Tidak Mau Digas? Ternyata Penyebabnya Sepele – Buat teman-teman yang suka bertanya, “Bang, kenapa sih motor saya kok digas malah mati?” Jawabannya ada beberapa faktor ya. Sepeda motor sering mati dapat disebabkan oleh sensor TP yang rusak. Tapi, ada juga penyebab lain seperti pada kasus contoh di video dibawah ini.

Kasus ini terjadi pada sepeda motor Vario 150. Jika digas, maka sepeda motor ini malah mati. Ternyata, kerusakan yang dialami oleh sepeda motor ini tidaklah fatal. Kerusakan hanya terjadi pada setelan anginnya saja. 

Read More

Baca juga: Cara Cek Speedometer yang Mati Ternyata Gampang

Setelan angin atau disebut juga idle screw ternyata terlalu kecil atau tersumbat. Cara mengatasinya bagaimana? Pertama-tama, kita buka terlebih dahulu Idle Screwnya lalu kita bersihkan. Idle screw yang kotor akan membuat sepeda motor mati ketika digas. Cara mengecek kotor tidaknya Idle Screw adalah dengan cara meraba bagian ujungnya dan melihat berapa banyak kotoran yang tertempel di tangan. Ketika Idle Screw kotor maka, angin yang masuk ke sepeda motor akan tertahan atau jalan anginnya kurang lancar. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sepeda motor menjadi mati.

Ketika Idle screw kotor, maka sudah pasti Throttle Body juga kotor. Jadi jika pengguna motor menemukan hal serupa, pastikan throttle body juga diservis dan dibersihkan. Servis injeksi tidak akan cukup untuk mengatasi problem sepeda motor yang mati karena kotoran dan debu. Karena, servis injeksi tidak membersihkan bagian dalam throttle body. Servis injeksi hanya membersihkan box filter dengan cara menyemprotnya. Disarankan untuk sekaligus membongkar dan membersihkan throttle body jika diketahui idle screw sangat kotor. Akan lebih bagus bersihkan sekalian throttle body, injector, dan fuel pump supaya masalah yang dialami sepeda motor anda terselesaikan dengan lebih tuntas. Fuel pump dibersihkan juga supaya jalan masuk bensin menjadi lancar.

Untuk membersihkan idle screw, anda bisa menggunakan carbon cleaner ataupun bensin. Yang paling penting adalah Idle screw kembali bersih tanpa kotoran yang menyumbat. Setelah idle screw benar-benar besih, yang perlu kita lakukan hanyalah memasukkan idle screw kembali ke tempatnya. Setelah itu kita tes kembali sepeda motor yang bermasalah. Nyalakan sepeda motor kemudian gas sampai full, lalu perhatikan apakah sepeda motor masih mati setelah digas. Jika idle screw sudah benar-benar bersih, lubang angin akan berfungsi dengan baik dan motor tidak akan mati-mati lagi.

Kesimpulannya, sepeda motor yang mati ketika digas tidak selalu disebabkan oleh kerusakan TP. Permasalahan seperti ini bisa saja terjadi hanya karena idle screw atau setelan angin tersumbat. Pastikan untuk melakukan servis injeksi secara rutin untuk mencegah sepeda motor anda mengalami hal serupa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *