10+ Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat Yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat

Oleh – oleh merupakan buah tangan dari seseorang yang dibawa dari suatu daerah untuk diberikan kepada orang lain, kerabat dekat ataupun keluarga. Jika kita berpergian bingung untuk membeli oleh – oleh apa yang khas terutama untuk daerah Sumatera Barat maka simak penjelasan berikut karena disini kita akan membahas mengenai oleh – oleh apa saja yang khas di Provinsi Sumatera Barat antara lain sebagai berikut :

Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat

Berikut ini ada beberapa oleh-oleh khas sumatera barat yang bisa anda beli jika kalian sedang berkunjung ke sumatera barat.

Read More

1.Karupuk Sanjai

Karupuak Sanjai atau sering disebut keripik sanjai adalah keripik yang terbuat dari bahan singkong yang diiris tipis – tipis kemudian diberi berbagai bumbu. Karupuak sanjai yang paling terkenal adalah karupuak sanjai balado karena rasanya pedas manis sehingga banyak disukai.

2.Karak Kaliang

Merupakan karak yang memiliki bentuk seperti angka delapan. Makanan ini terbuat dari singkong dan bentuknya mirip dengan lanting di Jawa Tengah. Perbedaannya terletak pada rasa, rasanya yang lebih gurih karena perpaduan kunyit dan bawang putih serta bumbu lain yang mendukung cita rasanya.

3.Sala Lauak

Sala Lauak merupakan makanan berbahan dasar tepung beras yang isinya isian ikan (lauak), ikannya bisa ikan teri atau potongan dari ikan asin lainnya. Makanan ini dapat ditemui di Pariaman.

4.Kalamai

Galamai atau kalamai adalah dodol khas minang. Berbahan dasar tepung ketan yang dimasak bersama santan kelapa beserta gula tebu ataupun gula aren menggunakan kuali sangat besar dan memiliki rasa manis legit.

5.Rendang Telur

Di Payakumbuh Anda akan menemui Rendang Telur yang memiliki cita rasa yang khas. Bisa untuk cemilan atau dimakan dengan nasi. Apalagi terdapat kriuknya yang menggugah selera makan.

6.Kipang Kacang

Terbuat dari kacang yang diaduk dengan lelehan gula tebu. Kipang Kacang ini memiliki rasa yang manis dan pas untuk cemilan di rumah.

7.Bika

Di Koto Baru terdapat penjual Bika. Bika ini terbuat dari santan,tepung beras dan gula yang diolah dengan cara dipanggang pada tungku api lalu dibungkus menggunakan daun jati. Jangan lewatkan camilan lesat yang satu ini.

8.Arai Pinang

Memiliki bentuk unik seperti keripik kentang populer di Indonesia. Namun Arai Pinang terbuat dari tepung beras, garam, dan kapur sirih yang dicetak menggunakan garpu. Sebelum masuk ke tahap penggorengan, Arai Pinang dibaluri minyak kelapa terlebih dahulu untuk menambah aroma gurih.

9.Beras Rendang

Beras Rendang atau Bareh Rendang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, santan, gula, garam, serta daun pandan. Makanan ini dinamai beras rendang karena tepung beras ketannya direndang atau disangrai dulu sebelum dicampurkan ke dalam santan.

10.Rakik Maco

Rakik Maco memiliki bahan yang hampir sama dengan rempeyek. Bedanya adonan pada Rakik Maco ditambahkan sedikit rasa pedas. Isiannya ikan kering (Ikan Petek) bukan kacang ataupun kedelai. Ikan kering dalam bahasa minang disebut dengan Maco.

11.Pinyaram

Piyaram dibuat dari campuran gula pasir atau gula aren, tepung beras putih atau hitam, serta santan kelapa. Cara pembuatan digoreng pada kuali yang sekaligus kuali tersebut menjadi cetakan, rasanya mirip kue cucur.

12.Pensi

Di danau Maninjau, terdapat Pensi. Pensi adalah kerang air tawar yang terdapat di danau Maninjau. Pensi dimasak dengan cara ditumis dengan cabai, bawang serta bumbu lainnya.

13.Pisang Kapik

Oleh – oleh Pisang Kapik ini merupakan pisang panggang yang dijepit sampai pipih lalu ditaburi kelapa (yang sudah dimasak dengan gula aren).

14.Karupuk Kuah

Kerupuk yang dioleskan kuah sate padang dan ditaburi bihun di atasnya yang dibuat dari singkong.

Itu tadi merupakan oleh – oleh yang wajib kita bawa pulang jika kita bewisata di Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *