Panduan Penggunaan Dan Pengoperasian KWH Prabayar

Panduan KWH Prabayar – KWH Prabayar atau prepaid adalah jenis KWH yang dikeluarkan oleh PT. PLN untuk seluruh pelanggan prabayar dengan sebutan listrik pintar.

KWH prabayar sistemnya pengguna bayar dahulu dengan cara membeli token atau pulsa listrik selanjutnya memasukannya pada KWH meter, caranya kurang lebih sama dengan isi pulsa handphone dengan kode voucher, setelah kode voucher berhasil dimasukan maka barulah hanphone bisa digunakan untuk telpon atau yang lainnya. Begitupun KWH prabayar setelah kode token berhasil dimasukan pada KWH maka listrik barulah bisa menyala dan bisa digunakan.

Read More

Beberapa perbedaan KWH prabayar dan pascabayar

KWH prabayar tidak ada yang namanya telat bayar lalu kena denda, beli pulsa KWH bisa dicicil dari yang terkecil 20.000 – 5.000.000 atau sesuai pilihan dan dana atau kebutuhan pengunaan listrik itu sendiri.

Sekedar informasi saja untuk nominal besar mungkin hanya bisa didapatkan di tempat penjualan pulsa listrik yang lebih besar salah satunya seperti Agen BRILink , karena beberapa tempat pembelian pulsa listrik ada yang tidak menyediakan nominal 1000.000 keatas. Dengan listrik prabayar kebutuhan listrik bisa dicicil tidak harus membayar sekaligus sesuai tagihan seperti pascabayar.

Sedangkan KWH pascabayar istilahnya pelanggan pakai dulu baru bayar. Pelanggan akan dibebankan pada tagihan disetiap bulannya, besar kecilnya sama halnya dengan pengunaan KWH prabayar sesuai pengunaan listrik oleh pelanggan itu sendiri.

Pengguna KWH pascabayar pembayaran listriknya tidak bisa dicicil seperti prabayar namun pascabayar tidak ada istilah lampu mati ditengah malam karena lupa beli pulsa atau token listrik. Semakin besar pemakaian maka semakin besar jumlah tagihan dan seperti sudah disebutkan tagihan tidak bisa dicicil.

Bila telat beli pulsa maka bagi pengguna KWH prabayar tidak ada pemutusan sementara hanya KWH akan mati dengan sendirinya dan akan menyala kembali secara otomatis setelah diisi pulsa atau stroom token.

Lain halnya dengan pengguna pascabayar apabila telat membayar maka akan dilakukan pemutusan sementara oleh petugas PLN dan bisa disambungkan kembali setelah dilakukan pembayaran tagihan berikut denda yang dibebankan dan harus melakukan pengajuan penyambungan kembali kepada petugas PLN yang mungkin memerlukan proses.

Itulah KWH prabayar dan pascabayar selanjutnya kembali pada cara penggunaan dan pengoperasian KWH prabayar, penggunaan dan pengoperasian KWH prabayar sebetulnya tidaklah susah, bagi yang awam atau baru menggunakan KWH prabayar diberikan panduannya pada saat pemasangan oleh petugas PLN dan atau bisa membaca panduan pengunaan dan pengoperasian KWH yang diberikan oleh PLN berikut kartu meter prabayar yang diberikan.

Panduan pengunaan dan pengoperasian KWH prabayar

Tata cara penggunaan pada setiap KWH meter prabayar sama saja pada setiap jenis dan merk KWH meter prabayar mungkin yang membedakan adalah kode yang digunakan untuk semisal KWH Merk Itron EM512 type 700 java seperti berikut:

Lihat pada gambar diatas yang diberi tanda angka 1-10 pada gambar KWH, pada nomor 6 itu adalah cara mengisi pulsa KWH prabayar dan kode yang bisa digunakan berikut pungsinya, lihat panduan lebih jelas.

Seperti itulah panduan cara penggunaan dan pengoperasian KWH prabayar yang bisa dilihat pada gambar panduannya diatas, jadi saya tidak perlu lagi menuliskannya lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *